Wuling Akan Rilis Mobil di Indonesia Pada Kuartal Tiga

Produsen asal Cina PT Saic General Motors Wuling (SGMW) Indonesia (Wuling) akan meluncurkan mobil pertama mereka di Tanah Air pada kuartal ketiga tahun ini. "Kami akan menghadirkannya pada kuartal ketiga 2017. Jenis mobilnya adalah low MPV," kata Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, di Jakarta, belum lama ini.

Ia mengatakan, berbagai persiapan terus dilakukan Wuling untuk bisa berkompetisi di pasar Indonesia, salah satunya keberadaan dealer untuk mendukung penjualan dan layanan purnajual. "Tahun ini akan ada 50 dealer yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Belum bisa kami sampaikan detail lokasinya," kata Dian.

Saat ini Wuling sedang menyelesaikan pembangunan pabrik di Cikarang, Jawa Barat, dengan luas 60 hektare dengan rincian 30 hektare untuk manufaktur dan 30 hektare untuk supplier part. "Totalnya kami menginvestasikan dana secara total sebesar 700 juta dolar Amerika Serikat," kata Dian.

Wuling mengakui bahwa masuk ke pasar Indonesia bukan perkara mudah. "Masuk ke pasar Indonesia agak susah, oleh karena itu kami tidak hanya berbicara mengenai penjualan produk, tetapi juga membangun komitmen dengan investasi berupa pabrik dan layanan purnajual," kata dia.

Ia pun optimistis mampu mendapatkan peluang di tengah ketatnya persaingan penjualan mobil di Indonesia, melihat kondisi ekonomi serta rasio kepemilikan mobil di Tanah Air. "Indonesia kondisi ekonomi dan sosialnya cukup positif. Dilihat dari rasio kepemilikan mobil juga masih kecil, dari 1.000 orang baru 83 orang yang punya mobil di Indonesia menurut penelitian. Di sini ada peluang," kata dia.

Sebelumnya, langkah Wuling untuk memasarkan kendaraan multi-fungsi (MPV) pada semester kedua 2017 di Indonesia terbilang nekat karena akan bersaing dengan merek-merek "raksasa" yang sudah memahami pasar Tanah Air.

Pengamat otomotif Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus, mengingatkan agar Wuling tidak mengikuti jejak produsen mobil India, Tata Motors, yang kesulitan bersaing dengan merek-merek Jepang di Indonesia.

"Saya senang dengan masuknya Wuling, karena itu nekat. Belajar dari Tata bagaimana. Jangan mengulangi kesalahan Tata, jangan coba head-to-head dengan raksasa," kata Yannes Martinus.

Menurut rencana, Wuling akan menjual Hongguang untuk bersaing dengan sederet mobil di segmen MPV antara lain Suzuki Ertiga, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia hingga Honda Mobilio. Kendati demikian, Yannes menilai Wuling tetap memiliki peluang untuk menjajal kerasnya pasar otomotif di Indonesia karena kebijakan pemerintah Indonesia yang dekat dengan China. "Peluangnya baru masuk sekarang karena kebijakan sekarang lebih longgar ke China," tutur dia.

Disisi lain, ia pesimistis Wuling bisa mengalahkan pabrikan Jepang yang sudah melekat dengan masyarakat Indonesia. Selain itu, produk otomotif asal China di Indonesia belum menunjukkan mutu yang lebih baik dibandingkan produk asal Jepang. "Mengalahkan enggak, mendekati juga enggak," cetus Yannes kemudian menambahkan, "tapi konsumen yang diuntungkan karena memiliki banyak pilihan."

Selain itu, masyarakat yang akan membeli Wuling juga tergantung dari respons kelompok pembeli pertama yang sudah merasakan keunggulan dan kelemahan mobil itu. "Generasi sekarang lebih cerdas mengamati, tidak sekedar dari merek tapi komunitas. Mereka akan menunggu generasi pertama membeli Wuling," jelas dia, dikutip dari Antara. Wuling Hongguang telah dipamerkan kepada pelanggan di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dan sukses menarik perhatian masyarakat.

BERITA TERKAIT

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Lindungi UKM Industri Otomotif

NERACA Jakarta – Sebagai upaya melindungi UKM (Usaha Kecil Menengah) industri otomotif khususnya produsen knalpot, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM)…

Warna Baru Filano Hybrid-Connected Lebih Berkelas

NERACA Jakarta – Produk CLASSY Yamaha terus memiliki banyak peminat, seperti Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected. atas dasar itulah Yamaha Grand Filano…

ECSTAR Oil 0W-16 SN Siap Lindungi Komponen Mesin

NERACA Jakarta – Sebagai perusahaan otomotif yang bertanggung jawab dalam menyediakan layanan purna jual yang bertujuan untuk menjaga kualitas produknya,…