KABUPATEN SUKABUMI - Triwulan Pertama, DPMPTSP Catat Realisasi PAD Rp 1 Miliar Lebih

KABUPATEN SUKABUMI

Triwulan Pertama, DPMPTSP Catat Realisasi PAD Rp 1 Miliar Lebih

NERACA

Sukabumi - Triwulan pertama, Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Sukabumi catat realisasi pendapatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 1.090,084.840 atau sekitar 14,53 persen dari target Rp 7,5 miliar.

Kepala DPMPTSP Dadang Eka Widiyanto kepada Neraca Kamis (20/4), menerangkan, pendapatan itu berasal dari Pelayanan Perizinan Pembangunan dan Pelayanan Perizinan Ekonomi.“Realisasi dari IMB barus masuk sebesar Rp632.936.609. kami menargetkan PAD dari IMB ini sebesar Rp 3 miliar. Sedangkan dari Pelayanan Perizinan Pembangunan, sudah masuk sebesar Rp 457.027.504 dari target 4,5 miliat dan penerimaan piutang sebesar Rp 120.727,” jelas Dadang Eka.

Ia mengatakan, pendapatan dari Pelayanan Perizinan Ekonomi baru masuk dari sektor layanan Izin Ganguan (IG).“Ada beberapa sektor yang memang tidak dikenakan tarif retribusi. Namun kami optimis, mampu mencapai target pada akhir tahunan nanti,” jelasnya.

Guna mendukung pencapaian target itu, sebut dia, DPMPTSP melakukan pelayanan jemput bola, dan percepatan penerbitan dokumen perizinan. Sehingga nantinya masyarakat yang terkendala jarak bisa langsung mengurus di wilayah yang didatangi.“Aturan perizinan itu sudah baku. Namun kalau memang berkas yang diajukan sudah lengkap dan tidak perlu revisi, maka dapat kami permohonan perizinan akan segera diproses. Ini salah satu bentuk layanan yang kami berikan kepada pemohon izin,” ujarnya.

Selain itu, ujar dia, DPMPTSP akan melakukan sosialisasi khususnya terhadap pelaku usaha, baik berbasis Penanaman Modal Dalam Negeri maupun Penanaman Modal Asing. Ia berharap, perkembangan investasi dan perbaikan sistem diharapkan dapat mendongrak PAD serta perekonomian masyarakat Kabupaten Sukabumi. Ron

Related posts