Pasar Respon Positif Kunjungan Wapres AS

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Alpino Kianjaya mengatakan, rencana kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Pence ke Indonesia akan memberi harapan positif bagi ekonomi nasional.”Wapres AS akan datang ke Indonesia ya sangat bagus, tentu akan menjalin kerja sama dan saya yakin kerja sama dengan Indonesia itu pilihan terbaik," ujarnya di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, dengan kunjungan itu, maka Wapres AS akan dapat melihat potensi investasi yang ada di Indonesia yang akhirnya turut menopang pertumbuhan ekonomi nasional. "Semua kunjungan kepala negara dunia sangat positif bagi Indonesia. Itu 'opportunity' yang cerah bagi kita semua.," katanya.

Alpino Kianjaya menambahkan bahwa dengan ekonomi nasional yang tumbuh maka dampaknya juga akan lebih positif bagi industri pasar modal Indonesia untuk membukukan kinerja lebih baik.”Pasar saham kita menjadi salah satu yang terbaik di dunia, dan berpotensi untuk terus mencatatkan hasil positif," ungkapnya.

Berdasarkan data BEI, kinerja harga saham gabungan (IHSG) sejak awal tahun hingga 18 April 2017 ini membukukan pertumbuhan sebesar 5,85% ke posisi 5.606,52 poin. Pada periode itu, tercatat juga transaksi beli bersih asing atau "foreign net buy" senilai Rp16,555 triliun. Sebagai informasi, rencananya Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence akan melakukan kunjungan resmi pertamanya ke kawasan Asia-Pasifik, salah satunya Indonesia pada pada 20 April 2017.

Related posts