Memiliki kreatifitas dan inovasi dalam menawarkan dan menjual suatu produk atau jasa, sudah menjadi syarat utama yang perlu dimiliki oleh setiap penjual pada era digital seperti saat ini. Salah satu cara pemasaran yang inovatif untuk menjual suatu produk atau jasa dan sedang tren digunakan beberapa tahun terakhir adalah dengan memanfaatkan media sosial, yang dapat diakses melalui internet dengan menggunakan PC, laptop, tablet maupun smartphone atau hp. Cara ini tentu sangat memudahkan dan memungkinkan bagi banyak orang untuk dapat berbisnis melalui media sosial.
Kini setiap orang dapat dengan gampang menjalankan bisnis dengan biaya lebih murah, mudah dan cepat, hanya apabila telah memahami cara pengunaannya dari media sosial tersebut. Berikut ini keunggulan dari cara pemasaran untuk menawarkan & menjual produk atau jasa Anda dengan menggunakan media sosial : 1) Biaya edukasi/iklan yang sangat murah, 2) Dapat dijalankan selama 24 jam, 3) Mampu saling berinteraksi, 4) Langsung terkoneksi dengan (calon) pelanggan secara real time, 5) Jangkauan yang sangat luas, 6) Dapat umpan balik dari pelanggan , 7) Menghemat waktu, 8) Tidak perlu menggunakan tenaga Salespeople. Berikut langkah yang efektif dalam memberdayakan media sosial agar penjualan dan pelanggan di bisnis Anda meningkat.
Kumpulkan Database pelanggan Anda pada satu tempat saja, jangan terpisah-pisah – misalkan pada satu PC, tablet, laptop, atau smartphone lakukan back up untuk menghindari kehilangan atau pencurian data. Lakukan up-date secara berkala data setiap pelanggan dan pisahkan antara prospek dengan pelanggan. Buat strategi pemasaran yang berbeda diantara keduanya.
Berikan Edukasi secara berkala dan konsisten, dapat berupa tulisan, gambar dan Vlog kepada prospek/pelanggan Anda melalui media sosial, seperti WhatApps, BBM, Line, Instagram, FaceBook, LinkedIn, Twitter Dengan materi konten yang mengandung edukasi dan informasi yang sesuai dengan bisnis Anda dapat berupa; Artikel, Tips Praktis, Testimoni, gambar, dan vlog yang bermanfaat dan bernilai tambah bagi prospek/pelanggan Anda.
Lakukan Promosi mengenai produk atau jasa Anda kepada pelanggan, hanya setelah Anda memberikan edukasi kepada pelanggan Anda. Dengan perbandingan 80% untuk konten edukasi dan 20% untuk promosi. Lebih banyak memberikan edukasi/informasi yang bermanfaat atau bernilai tambah daripada beriklan.
Sebelum Anda menyebarkan (broadcast) iklan penjualan Anda, perlu juga diketahui faktor demografi dari para pelanggan di bisnis Anda, untuk menentukan media sosial mana yang sesuai agar lebih tepat sasaran. Seperti contoh media sosial Facebook akan lebih tepat untuk bisnis B2C (Business to Customer) sedangkan LinkedIn akan lebih tepat untuk bisnis B2B (Business to Business). Memberi dan memberi manfaat terlebih dahulu, lalu berpromosi. Berbisnislah dengan Cerdas, agar Hasilnya Lebih Jelas.
InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…
INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…
Stop Provokasi di Media Sosial, Pentingnya Netiket NERACA Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…
InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…
INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…
Stop Provokasi di Media Sosial, Pentingnya Netiket NERACA Jateng - Dalam rangka program Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi…