Trend Warna Di Tahun 2012

Bermain warna pada interior ruang dapat memberi nilai tambah. Ruangan bisa berkesan lebih luas, lebih sempit, lebih terang, lebih hangat, atau lebih segar. Anda sebaiknya memilih warna yang mampu membangkitkan mood positif dan sesuai dengan kepribadian Anda. Kemudian, sebelum memilih warna pertimbangkan terlebih dahulu ukuran ruang dan warna material/upholstery yang sudah ada.

“Warna merah adalah istimewa di dunia, dan banyak digunakan untuk kegiatan simbolis. Warna merah selalu identik dengan perayaan hari raya, hari besar dan keberuntungan di beberapa negara. Merah juga ada dalam darah, bunga-bunga, jantung manusia dan menggambarkan pemikiran yang baru tiada batas.” ujar Jeremy Rowe, Managing Director Axzo Nobel Decorative Paint pada konferensi pers pada Peluncuran Tren Warna Colour Futures 2012 di Ballroom Djakarta Theater Jakarta, yang diadakan oleh Dulux beberapa waktu lalu.

Unsur warna adalah unsur penting dalam hal penataan eksterior dan interior sebuah rumah. Warna dapat mempengaruhi mood manusia ketika berada dalam sebuah ruangan. Disetiap tahunnya, duniaeksterior dan interior memiliki kecenderungan pada tren warna sendiri. Contohnya, seperti tren warna yang diluncurkan oleh Dulux bersama AxzoNobel, untuk tahun 2012, merah menjadi primadona dalam desain eksterior maupun interior. Kenapa merah yang dipilih?

Warna merah menggambarkan optimisme, hasrat, kesenangan serta energi. Merah adalah warna yang menarik oleh sebagian besar manusia, membuat hal apapun jika berwarna merah akan selalu menarik perhatian. Walaupun identik dengan warna yang enerjik dan berani tapi merah bisa diaplikasikan ke dalam banyak ruangan. Contohnya ruang keluarga, ruang tamu, bahkan kamar tidur yang umumnya kurang cocok untuk diberi warna merah.

“Merah merupakan warna yang kurang umum digunakan untuk interior sebuah kamar tidur. Tetapi dengan palet yang lebih lembut, warna merah ternyata juga dapat diaplikasikan pada kamar tidur, membuat ruangan yang sebelumnya biasa saja menjadi lebih segar, fresh,” ucap Konsultan Desain Rina Renville.

Ia juga memberi masukan, kalau ingin menggunakan palet-palet warna yang mencolok, ada baiknya diharmonisasikan bersama warna netral atau warna terang lainnya yang lebih tenang. Intinya, janganlah takut bereksperimen dengan warna serta jika perlu mintalah bantuan konsultan atau desainer interior dalam mendapatkan ide kombinasi dan mood yang tepat.

Hanya saja, menurut desainer interior Lea Aviliani Aziz, tren warna ungu adalah untuk desain interior 2012. Hal ini dipengaruhi keadaan dunia dewasa ini. ‘Ternyata gejolak situasi politik, ekonomi, bencana alam di berbagai dunia membuat orang butuh untuk kembali ke sesuatu yang spiritual serta memberi ketenangan,’ ujarnya kepada media.

Rasa tenang, misterius, spiritual, lanjut Lea, terwujud dalam pemilihan warna ungu, juga warna-warna lembut lainnya. "Jingga dan kuning juga akan menjadi tren, tetapi yang lembut. Karena orang ingin merasa tenang dan prihatin dengan keadaan dewasa ini," ujarnya. Lalu menurut dia, tren warna setiap tahun terus berganti dan memiliki pengaruh terhadap kondisi jiwa manusia. "Tanpa kita sadari, psikologi manusia sangat berpengaruh dengan warna," ucapnya.

Related posts