Dorong Motivasi Belajar - Seribu Siswa Terima Bantuan Alat Sekolah

Seribu siswa sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Kabupaten Siak, Riau, menerima bantuan perlengkapan sekolah yang diserahkan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Bantuan itu diserahkan pada acara penanaman perdana padi dan jagung di Kecamatan Bunga Raya, Rabu, kemarin.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Suprapto mengatakan, bantuan perlengkapan sekolah tersebut dibagikan kepada pelajar yang kurang mampu di wilayah setempat untuk meningkat motivasi siswa dalam menuntut ilmu.”Bantuan perlengkapan sekolah itu dari PT Bumi Siak Pusako (BSP) dan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) melalui dana corparate social responsibility (CSR),"ujarnya usai kegiatan penanaman padi dan jagung seluas 5.000 hektare (Ha) yang dipusatkan di Kecamatan Bunga Raya, Siak.

Iriana Diah Parawansa (9) salah satu siswa sekolah dasar (SD) di SDN 08 Kemuning Muda yang menerima bantuan perlengkapan sekolah merasa senang karena diberikan langsung oleh panglima TNI, dan bisa bersalaman dengan Gubernur Riau dan Bupati Siak.”Sangat senang bisa dapat bantuan perlengkapan sekolah seperti tas, alat-alat tulis, dan lainnya," kata siswi kelas III ini.

Iriana berasal dari keluarga kurang mampu, tetapi cerdas. Terbukti dia mendapat juara II pada semester lalu di sekolahnya. Selain bantuan perlengkapan sekolah untuk anak kurang mampu, pada 2017 Kabupaten Siak dibanjiri bantuan untuk bidang pertanian baik dari pemerintah Provinsi Riau maupun pemerintah pusat, di antaranya benih padi sebanyak 21.375 kilogram untuk 855 hektare.

Kemudian benih jagung hibrida sebanyak 1.455 kg atau 97 Ha, pengembangan desa pertanian organik seluas 20 Ha cukup dengan paket lengkapnya. Ada juga satu unit paket lengkap pengelola pupuk organik (UPPO). Pengembangan Hazton seluas 200 Ha, subsidi benih seluas 2.000 Ha, combine Hervester sedang sebanyak tiga unit dan combine hervester sebanyak lima unit.

Selanjutnya pengembangan kawasan seluas 231 Ha berupa benih padi, pupuk, dan herbisida, dan handtraktor sebanyak enamunit, dan benih padi seluas 100 kg varietas Indragiri. Semua itu dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Riau melalui dana yang bersumber dari APBN dan APBD Provinsi Riau yang diserahkan oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman kepada petani.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian juga menyerahkan secara simbolis benih padi sebanyak 50 kg varietes mokonggo dan benih jagung sebanyak 100 kg SHS 101, serta polis asuransi pertanian yang diterima 1.500 petani Kabupaten Siak. Sebagai informasi, komitmen PT Riau Andalan Pulp and Papper menyalurkan dana corporate social responsibility untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar lokasi operasional, mendapat apresiasi berupa piagam penghargaan dari pemerintah Daerah Kabupaten Palalawan.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Bupati Palalawan, H. M. Harris di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, Rabu, 25 Maret lalu, bersamaan dengan acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang). “Penghargaan ini merupakan ungkapan terimakasih dari Pemerintah Kabupaten Palalawan atas dukungan perusahaan membangun masyarakat dan daerah”, ujar M Harris, seraya menyampaikan harapannya agar komitment RAPP ini bisa berlanjut dengan kuantitas dan kualitas yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Palalawan, Syahrul Syarif, menyampaikan bahwa RAPP berhasil memenuhi kreteria penilaian yang telah ditentukan sehingga layak mendapat penghargaan pelaksana CSR terbaik diantara 21 perusahaan yang masuk nominasi. Perusahaan yang masuk nominasi berdasarkan usulan dari setiap kecamatan dan SKPD mitra CSR.“Kita memilih perusahaan yang terbaik dalam melaksanakan program CSR yang dinilai dari luasan hasil dan dampak jangka panjang yang dimunculkan, luas cakupan wilayah, nominal dan kesesuaian dengan program prioritas pembangunan pemerintah daerah,”ungkapnya. (ant/bani)

BERITA TERKAIT

Semarak Halal bil Halal - FIFGroup Berbagi Kebahaagiaan Bersama 35 Panti Asuhan

Setelah perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, penting untuk tetap menghidupkan semangat kebaikan dan saling berbagi kepada sesama. Dalam…

Gen-Z dan Milenial Pilar Penentu Pengelolaan Hutan Lestari

Generasi muda yang masuk dalam kelompok umur Gen-Z dan Milenial dinilai memiliki kreativitas dan penuh dengan gagasan inovatif serta mampu…

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…