Marak Dengan Motor Sistem Fuel Injection - Tahun 2012 :

Neraca.Tampaknya motor sistem injeksi diperkirakan akan mendulang sukses di Tahun 2012 ini. Terbukti pabrikan, vendor Yamaha dan Honda, dua raksasa penguasa pasar sepeda motor nasional, Yamaha dan Honda saling mengklaim sebagai yang paling siap meluncurkan sepeda motor berteknologi injeksi.

Adanya klaim bahwa konsumsi bahan bakar yang jadi jauh lebih irit serta emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan menjadi alasan mengapa konsumen sepeda motor nantinya akan berpaling ke motor berteknologi injeksi ketimbang yang masih menggunakan karburator.

Selain itu ada banyak kelebihan yang ditawarkan sepeda motor dengan teknologi injeksi ini. Di antaranya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih hemat serta manajemen pencampuran bahan bakar dan udara ke dalam mesin yang lebih sempurna ketimbang motor yang masih menggunakan teknologi karburator.

Menurut manajemen PT Astra Honda Motor (AHM). Honda siap memasarkan semua sepeda motor Honda dengan sistem injeksi setelah berhasil memperkenalkan sistem motor injeksi PGM-FI pada beberapa tipe sepeda motornya. Mendahului pesaingnya, AHM memasang target di akhir 2013 semua varian motor Honda yang dipasarkan di Indonesia sudah memakai teknologi PGM-FI demi menyelaraskan dengan penerapan standar emisi gas buang baru dari Pemerintah, yakni dari Euro 2 ke Euro3 yang akan diterapkan mulai awal 2013.

PGM-FI merupakan teknologi motor injeksi Honda, kependekan dari Programmed Fuel Injection. Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sigit Kumala, mengatakan, teknologi PGM-FI membuat semua motor Honda makin irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Saat ini, sudah tujuh model sepeda motor Honda yang sudah mengadopsi teknologi PGM-FI. Yakni, Honda CBR 250R, CBR 150R, PCX, Revo AT, Honda Supra X 125 PGM-FI, Honda Spacy Helm In PGM-FI dan Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI.

Sedangkan Yamaha menghadirkan keajaiban teknologi FI yang sangat unggul dalam kualitas dan pemanfaatan penggunaannya. Yamaha menyebut teknologi FI dengan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga ramah lingkungan sesuai standar euro3 yang akan mulai diaplikasikan di Juli 2013 menurut AISI (Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia).

Cara kerja FI sama seperti sistem tubuh manusia. Pada sistem FI terdapat ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sinyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankan fungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump yang berfungsi mensuplai bahan bakar dari tangki ke injektor dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.

Lebih sempurnanya lagi, mesin injeksi Yamaha pada V-Ixion dapat diterapkan dalam balapan seperti yang dilakukan pada Yamaha Riding Academy (YRA). Vixion mudah diseting, tidak perlu banyak modifikasi, cukup adjust (diatur atau disetel) ECU (Electronic Control Unit) untuk mendapatkan power menjadi sebuah motor kompetisi. Tinggal diganti bagian muffler (knalpot) yang berkarakter racing (balap). Selain FI, Vixion juga memiliki teknologi forged piston dan diasil cylinder yang merupakan teknologi balap Yamaha.  

Teknologi FI telah diterapkan Yamaha pada V-Ixion. Motor sport nomor satu di pasar Tanah Air yang diluncurkan pada 2007 itu terbukti keunggulannya sehingga selalu dicintai konsumen. Penjualan V-Xion telah mencapai 766.978 unit terhitung sejak pertama kali diluncurkan di 2007 hingga November 2011. Atau sama dengan 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan kompetitor. Bukti lainnya Yamaha terdepan untuk teknologi injeksi juga hadir melalui Jambore Nasional (Jamnas) Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) di area Waduk Gadjah Mungkur, Wonogiri, 18-20 November 2011. Jamnas bersejarah itu ditandai dengan lahirnya rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) baru yaitu YVCI sebagai klub motor injeksi dengan chapter (cabang atau perwakilan terbanyak) yang datang berkumpul di sebuah acara, yaitu sebanyak 201 chapter.            

Yamaha sendiri menargetkan semua motor produksinya disempurnakan dengan FI. Menuju ke arah sana, Yamaha telah mempersiapkan diri dengan memperkuat barisan mekanik yang telah dilatih dan mendapatkan pengetahuan tentang FI sehingga dapat menangani produk FI dengan baik di dealer maupun bengkel-bengkel Yamaha. ”Sejak 2007 Yamaha telah merancang FI dan saat ini how to maintance dan meningkatkan value-nya agar lebih baik dan meng-Indonesia. Yamaha sudah sangat siap untuk era mesin injeksi dengan dukungan penuh dari para mekanik yang telah dipersiapkan lama dan dibekali pengetahuan tentang FI,” papar Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia.

 

 

BERITA TERKAIT

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…

BERITA LAINNYA DI Otomotif

Optimis, Tahun 2024 Penjualan Penjualan Mitsubishi X Force Ditargetkan Meningkat 15 Persen

NERACA Jakarta – Tingginya permintaan akan Mitsubishi X Force maka PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) optimis penjualan…

Standardisasi Dukung Industri Knalpot Aftermarket

NERACA Jakarta – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengajak Kementerian/Lembaga (K/L) untuk berkolaborasi mendukung perkembangan industri komponen otomotif, salah…

New Honda Vario Tapil Makin Gaya

NERACA Jakarta – Tingginya pasar skutik di Indonesia, membuat para produsen motor untuk berinnovasi untuk merebut pasar. Salah saunya yakni…