Antisipasi Lonjakan Data Jelang Akhir Tahun - Telkomsel :

Neraca.Seperti hari besar lainnya, pada perayaan Natal dan tahun baru 2012, diprediksi akan membuat trafik layanan komunikasi melonjak tajam. Salah satu perusahaan operator terbesar di Indonesia PT Telekomunikasi Selular Indonesia (Telkomsel), misalnya, mengalami lonjakan trafik layanan pada momen Natal 24 dan 25 Desember lalu secara signifikan.

Menurut GM Corporate Communications Telkomsel Ricardo Indra bahwa layanan data, misalnya, meningkat hingga 262% dibanding hari normal menjadi sebesar 228 tera bytes. Trafik data tertinggi terjadi pada 25 Desember dengan 115 tera bytes, disusul pada tanggal 24 Desember dengan jumlah mencapai 113 tera bytes.

Secara regional, trafik layanan data tertinggi terjadi di wilayah Jadebotabek yang menghasilkan hingga 60,08 tera bytes trafik data. "Natal ini kami mengalami lonjakan yang signifikan, baik layanan data maupun layanan dasar seperti sms maupun voice,”

Indra menambahkan, layanan dasar komunikasi suara mengalami peningkatan hingga 1,93 milyar menit atau naik 102% dibanding hari normal. Trafik voice tertinggi terjadi pada 25 Desember dengan lama percakapan mencapai 975 juta menit, disusul pada tanggal 24 Desember dengan lama percakapan hingga 957 juta menit. Secara regional, trafik layanan suara tertinggi masih dikuasai wilayah Jadebotabek dengan lama percakapan mencapai 232,20 juta menit.

Adapun trafik SMS melonjak hingga 1,8 milyar SMS, atau meningkat hingga 136 persen dibanding trafik SMS di hari normal. Trafik SMS tertinggi terjadi pada 25 Desember dengan 901 juta SMS, disusul pada tanggal 24 Desember dengan jumlah 900 juta SMS. Wilayah Jadebotabek masih menjadi nomor satu dengan jumlah trafik layanan SMS mencapai 600,45 juta SMS.

Kenaikan trafik tersebut diharapkan juga terjadi saat malam tahun baru 2012. karena biasanya malam tahun baru banyak dari pelanggan menggunakan hampir semua layanan yang ada. ”Kami berharap hal ini bisa terwujud,” papar Indra.

Related posts