Daya Tarik Pantai Lampuuk Aceh

Pergi mengunjungi tempat-tempat yang indah di alam terbuka merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Apalagi berada di tepi pantai yang masih jernih airnya dan pasir pantai yang putih halus serta ekosistem masih alami. Pantai Lampuuk adalah salah satu pantai yang indah di antara pantai-pantai lainnya di Indonesia. Pantai yang terletak di pesisir pantai barat Aceh ini, yang berjarak 17 km dari Banda Aceh. Bila ditempuh dengan menggunakan kendaraan dapat dicapai dengan waktu sekitar 30 menit.

Pantai Lampuuk merupakan obyek wisata yang cukup terkenal di Aceh karena keindahan pantai yang ditawarkannya. Banyak orang yang melakukan kegiatan renang, menyelam, memancing atau hanya sekedar berjemur di pasir pantai. Keasrian pantai tersebut memang sangat meneduhkan mata para pengunjungnya. Akan tetapi, pada peristiwa tsunami 26 Desember 2004 lalu, Pantai Lampuuk luluh lantak tersapu oleh gelombang raksasa tsunami.

Setelah 7 tahun berlalu, pantai Lampuuk mulai bersih kembali dan puing-puing bekas Tsunami, kini telah mulai pulih. Keindahan pantai Lampuuk pun mulai terlihat kembali. Pada pagi hari udara sangat sejuk dan cerah, bahkan pada sore harinya, pantai terlihat lebih indah dengan adanya matahari terbenam. Banyak orang-orang melihat saat matahari tenggelam memiliki daya tarik yang indah.

Dahulu di sekitar pantai Lampuuk berdiri sebuah pabrik semen Andalas, namun ketika terjadi Tsunami 26 Desember 2004, pabrik tersebut hanya menyisakan sedikit puing-puing bekas bangunannya. Rehabilitasi pantai secara alami perlahan mulai kembali menunjukkan hasilnya, karena kini pantai Lampuuk mulai bersih kembali. Namun meski demikian upaya dari pemerintah dan warga setempat untuk memperbaiki semua itu terus berlanjut.

Pepohonan seperti cemara banyak menghiasi area dipinggir pantai, yang juga ikut tersapu bersih oleh gelombang tsunami, kini pohon-pohon tersebut mulai tumbuh kembali secara perlahan dan alami. Sehingga menghidupkan ke asrian pantai itu kembali. Selain itu, penduduk setempat pun, telah ikut membersihkan area pantai, terutama para nelayan yang pergi ke laut untuk menangkap ikan. Air lautnya pun kini, telah bersih dan jernih kembali serta ekosistem biodata laut mulai tumbuh dan hidup kembali. Tentunya, ini akan menambah pesona dari keindahan pantai Lampuuk, saat ini.

Upaya perbaikan dari pemerintah dan NGO (Non Government Organisation) Internasional terus dilakukan. Mereka sering mengunjungi lokasi tersebut, untuk mendata dan memperbaiki berbagai infrastruktur yang ada, sehingga dapat digunakan kembali. Saat ini, banyak para pengunjung yang berdatangan untuk berenang dan berselancar. Untuk menjaga keselamatan dan keamanan para pengunjung, maka penjaga pantai selalu mengawasi dan memberitahu batasan dari area renang. Hal itu karena ada zona pusaran ombak berbahaya bagi para perenang dan tidak boleh berada di zona tersebut.

Ada hal menarik dari pantai Lampuuk ini, yaitu sebuah bagunan Masjid yang berwarna putih berdiri kokoh ditengah-tengah pantai. Sebelum bencana Tsunami terjadi, masjid itu berada di tengah-tengah bangunan rumah dan gedung. Saat terjadi tsunami seluruh bangunan dalam satu kampong tersapu bersih tidak tersisa, kecuali masjid Putih ini. Oleh pemerintah setempat Masjid Putih ini ditetapkan sebagai monument tragedi Tsunami.

Daya Tarik

Pasir putih yang halus dan terhampar memanjang merupakan salah satu ke indahan Pantai Lampuuk. Para pengunjung dapat melakukan aktifitas berenang, menyelam, berjemur di pantai, berlayar, berselancar, dan memancing ikan. Matahari tenggelam merupakan pesona pantai ini, karena bentang alam yang terbentuk secara alami dan kebersihan dari pantai, menjadikan pantai ini sangat indah untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Letak Pantai

Pantai Lampuuk berada di pesisir pantai Barat Aceh, tepatnya di ujung pulau Sumatera. Secara administratif masuk kedalam Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Bila dari ibukota propinsi, kota Banda Aceh menuju lokasi pantai memerlukan jarak tempuh sekitar 20 menit, namun bila naik kendaraan umum sekitar 40 menit.

Related posts