Bali Top Destinations in World 2017

Situs ulasan perjalanan wisata, Tripadvisor, menobatkan Bali sebagai Top Destinations in World 2017. Pulau Dewata berada di peringkat teratas, di antara 24 kota yang masuk dalam daftar tersebut. Kota yang masuk dalam peringkat lima besar setelah Bali ialah London (Inggris), Paris (Perancis), Roma (Italia), dan New York (Amerika Serikat)

“Pemandangan di Bali bagaikan surga. Ada banyak kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sana, mulai dari berjalan menyusuri pasir putih di bawah sinar matahari yang hangat sampai menyelam sambil memandangi terumbu karang dan peninggalan kapal bersejarah,” tulis Tripadvisor dalam keterangan resminya.

Selain di dunia, Bali juga terpilih sebagai Top Destinations in Asia 2017, mengalahkan Siem Reap (Kamboja), Phuket (Thailand), Hoi An (Vietnam), dan Kathmandu (Nepal), yang berada di peringkat setelahnya.

Yang juga membanggakan, Lombok berada di peringkat ke-sembilan di antara 24 kota yang masuk dalam daftar tersebut, mengalahkan Tokyo (Jepang), yang berada di peringkat sesudahnya.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tentu saja mengapresiasi pemilihan Bali sekaligus Lombok sebagai tujuan wisata terbaik versi perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, prestasi seperti itu sangat membantu meningkatkan citra pariwisata Tanah Air. Apalagi pemilihannya dilakukan melalui pemungutan suara para netizen di dunia.

“Setiap kali citra suatu kawasan naik 10 persen, maka kunjungan wisatawan naik 11 persen dan investasi naik 1 persen,” kata Arief, mengutip analisa dari perusahaan kehumasan internasional, Ogilvy.

Arief juga menyebut pengaruh faktor 3C dalam setiap “kompetisi penobatan terbaik" dengan level internasional.

“Penghargaan akan menaikkan Confidence Level, atau kepercayaan diri secara internal Bali dan Indonesia. Penghargaan juga mendongkrak Credibility, kepercayaan pada public dunia, akan Bali dan Indonesia, semakin diakui oleh dunia. Penghargaan ikut sekaligus untuk Calibration, mendekatkan kriteria ideal sesuai standar global,” ujar Arief.

Arief lanjut mengatakan, prestasi yang diraih Bali semakin menguatkan alasan kalau “pencitraan” pariwisata melalui dunia maya sangatlah penting. “Itu sudah terbukti, karena selain Tripadvisor, sejumlah situs dan asosiasi internasional juga pernah menobatkan Bali sebagai yang terbaik, antara lain Travel and Leisure, World Travel Awards, Conde Nast Traveller sampai UNWTO Awards,” pungkas Arief.

Di sisi lain, bencana alam gempa bumi mengguncang Bali pada Rabu (22/3) pagi. Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter itu juga sampai terasa ke Lombok. Nusa Tenggara Barat dan Banyuwangi.

Walau tak menimbulkan tsunami, namun gempa itu sempat membuat wisatawan yang sedang berada di Pulau Dewata merasa panik dan langsung berhamburan ke jalan.

Salah satunya ialah Matthew, wisatawan asal Kanada yang sedang berada di kawasan Canggu. Sebelum gempa, ia sedang berada di Pantai Batu Bolong untuk bersiap melakukan kegiatan surfing bersama beberapa kawannya.

BERITA TERKAIT

Brio Satya Jadi Model Terlaris Honda Pada September 2017

Honda mencatatkan angka penjualan kendaraan sebanyak 15.112 unit sepanjang bulan September 2017. Penjualan tersebut didukung beberapa model andalan, terutama Brio…

Jogja Street SculptureProject 2017 Hadirkan 54 Karya Patung

Jogja Street Sculpture Project (JSSP) 2017 akan digelar di Kawasan Kotabaru, Yogyakarta, dengan menghadirkan sebanyak 54 karya patung dari 50…

Summarecon Sasar Dua Tipe Konsumen Pameran 2017

Summarecon Sasar Dua Tipe Konsumen Pameran 2017 NERACA Bekasi - PT Summarecon Agung Tbk tengah menyasar dua tipe konsumen Indonesia…

BERITA LAINNYA DI WISATA INDONESIA

Galeri Nasional Pamerkan Karya Seni Rupa Pascareformasi

Galeri Nasional Indonesia bekerjasama dengan Japan Foundation Asia Center menyelenggarakan pameran "Resipro(vo)kasi: Praktik Seni Rupa Terlibat di Indonesia Pascareformasi" pada…

Prosesi Sedekah Laut di Cilacap dihadiri Ribuan Orang

Ribuan orang dari berbagai wilayah di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyaksikan prosesi sedekah laut yang merupakan tradisi budaya nelayan setempat…

Jogja Street SculptureProject 2017 Hadirkan 54 Karya Patung

Jogja Street Sculpture Project (JSSP) 2017 akan digelar di Kawasan Kotabaru, Yogyakarta, dengan menghadirkan sebanyak 54 karya patung dari 50…