Rambut Bau Matahari, Kini Bunda Perlu Tidak Risau Lagi - Perawatan Kulit Kepala Bagi Sang Buah Hati

“Assalamu’alaikum bunda”, kalimat itulah yang biasa di ucapkan Gibran (4) tahun selepas pulang sekolah ketika bundanya datang menjemput. Seperti kebiasannya, Gibran siswa kelas A taman kanak-kanak di Ciputat, Tangerang Selatan ini selalu bercium tangan sang bundanya dan begitu juga sebaliknya sang bunda membalas mencium kepalanya. Selalu mencium kepala anak baik ketika berangkat dan pulang sekolah dilakukan sang bunda dengan alasan agar kehangatan kasih sayang antara si anak dan si ibu begitu erat.

Ada yang unik bagi sang bunda bila mencium anak di pagi hari saat berangkat sekolah, dibandingkan saat pulang sekolah. “Mencium anak disaat berangkat sekolah dilakukan lebih lama karena masih wangi dan lembut. Tapi kalau udah pulang sekolah, ciuman itu hanya sekedar saja karena baunya sudah beda,”cerita Ita Rosita (28), ibunda dari Gibran.

Rambut bau matahari dan kusam jadi alasan sang bunda untuk tidak terlalu lama mencium rambut kepala sang anak. Apalagi, kalau opah dan omahnya bertandang ke rumah melepas kangen dengan sang cucu, tentunya akan mencium Gibran dengan sedikit omongan. “Anak siapa ini, ko rambutnya bau matahari dan pirang,“cibirnya terkesan tidak bisa urus anak. Maklum saja, sang anak yang begitu aktif dan ceria di sekolah dan diluar sekolah lebih menghabiskan waktu belajar dan bermain bersama teman-temannya di bawah sinar matahari. Alhasil efek rambut bau matahari dan pirang, serta kusam tidak terelakkan lagi.

Menyadari hal tersebut, perawatan rambut bagi anak menjadi perhatian sang bunda, termasuk rutinitas keramas rambut. Namun ironisnya, keramas yang dilakukan tidak bertahan lama mencegah bau rambut anak dari sinar matahari. Apalagi, di iklim tropis, kulit kepala cepat keringat hingga menimbulkan bau tidak sedap pada rambut. Kini berbekal info dan pengalaman dari teman arisan di rumah yang menggunakan My Baby Shampoo Black & Shine berbahan alami alpukat dan kemiri agar rambut bayi lebih tebal dan hitam berkilau serta wangi lebih tahan lama, bunda Ita memberanikan untuk mencobanya. “Demi penampilan sang buah hati, apapun dilakukan dan termasuk berlahi shampo baru,”ungkapnya.

Kini setelah menggunakan My Baby Shampoo Black & Shine, kata Bunda Ita Rosita, rambut sang anak tetap wangi dari pagi hingga sore dan lebih yang menyenangkan lagi, sang anak begitu menikmati keramas bersama bundanya dengan My Baby Shampoo karena tidak perih di mata. Rupanya, permasalahan rambut tipis dan cepat bau pada anak juga dialami artis muda Astrid Tiar. Pasalnya, anak pertamanya Dialucita Annabel Estheressa Thiorina Situmorang yang kini berusia 4 tahun sempat mengalami pertumbuhan rambut yang tipis dan tidak lebat.

Diceritakan Astrid, Anabelle 'botak' sampai usianya 2 tahun.”Itu dulu kendala banget. Aku sempat bikin creambath sendiri buat Anabelle pakai alpukat sama kemiri biar rambutnya tebal dan hitam. Ramuan alami itu aku pakaikan ke Anabelle waktu umur dia 6 bulan sampai satu tahun,"tuturnya. Hal tersebut dilakukan Astrid, karena memiliki bayi dengan rambut yang sehat lebih tebal dan hitam berkilau, mendorong setiap ibu untuk memberikan perawatan terbaik pada mahkota kepala bayi.

Astrid mengungkapkan setelah rambut Anabelle di-creambath dengan ramuan buatan rumah, rambut Anabelle didiamkan sejenak, kemudian baru dibilas.”Lumayan bisa jadi lebih tebal rambutnya Anabelle pas mulai umur 2 tahun. Padahal kalau dilihat aku sama suamiku rambutnya tebal. Intinya kita orang tua nggak boleh pasrah harus mencoba berbagai cara untuk membuat rambut anak kita hitam, tebal, dan berkilau,"ujarnya.

Tidak Dibuat Repot

Di usia 4 tahun, pastinya Anabelle lebih aktif. Bahkan, Astrid mengatakan putrinya itu hanya diam ketika tidur. Nah, keaktifan Anabelle kadang membuat dirinya mudah berkeringat dan rambutnya berbau tak sedap serta 'bau matahari'.“Makanya, sampo bayi yang wanginya tahan lama membantu aku banget," kata Astrid.

Astrid menceritakan, saat ini sejak menggunakan My Baby Shampo Black & Shine berbahan alami alpukat dan kemiri, dirinya tidak perlu lagi repot membuat creambath dari alpukat sama kemiri. Bahkan produk My Baby Shampoo Black & Shine sudah teruji klinis bebas dari bahan kimia dan tentunya aman bagi sang anak. Kata Astrid, sentuhan yang diberikan Ibu kepada bayi saat keramas merupakan bagian dari komunikasi serta ungkapan cinta dari Ibu untuk bayi. Maka dari itu, kegiatan keramas yang dilakukan setiap hari tidak hanya dapat merawat penampilan bayi, tetapi juga sekaligus mempererat ikatan Ibu dan bayi.

Hal senada juga disampaikan dr. Margareta Komalasari SpA dari RS Pusat Pertamina dan Brawijaya Women & Children Hospital, momen Ibu mengeramasi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan bonding dengan anak. Dia juga menambahkan, perawatan untuk bayi diusahakan menggunakan produk berbahan alami agar aman dan tidak menyebabkan masalah bagi bayi. “Sebenarnya perawatan rambut bayi dapat dilakukan dengan menjaga kebersihannya lewat rutin keramas menggunakan sampo khusus bayi. Selain untuk membersihkan kepala, keramas juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mempererat ikatan ibu dan bayi,” jelas dr. Margareta.

Cara keramas yang aman dan baik untuk anak, kata dr Margareta yaitu dengan cara melakukan keramas setiap hari dikarenakan iklim yang tropis untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rambut dan kulit kepala, disamping memilih produk sampo yang tidak pedih di mata dengan tujuan membuat anak merasa nyaman pada saat keramas. Kemudian melakukan pijatan lembut di kulit kepala untuk memperlancar peredaran darah sehingga akar rambut bisa menerima nutrisi dengan baik dan rambut menjadi lebih sehat.

Berangkat dari permasalah rambut bayi yang banyak dikeluhan para ibu, Brand Development Manager My Baby, Selva Marsentiani mengungkapkan, hasil survei yang dilakukan My Baby di awal tahun 2017 para ibu mengakui bahwa rambut tipis dan cepat bau menjadi permasalahan utama yang paling sering dialami bayi dengan persentase 61% dan 47%. Sementara dari sisi pemilihan produk, lebih dari 81% tetap memilih untuk menggunakan produk yang telah teruji klinis, tidak pedih di mata dan berbahan alami dan 57% memilih shampoo dengan wangi yang tahan lama untuk mengatasi masalah rambut anak yang cepat menjadi bau.

Menjawab persoalan tersebut, hadirnya My Baby Shampoo Black & Shine yang telah teruji klinis dan tidak pedih di mata bayi menjadi solusi perawatan rambut bayi berbahan alami alpukat dan kemiri agar rambut bayi lebih tebal dan hitam berkilau serta wangi lebih tahan lama. “Sejak dulu kemiri memang faktanya dapat menghitamkan dan menebalkan rambut. Karena kemiri mengandung asam Linolenat dan linoleat yang merupakan bagian dari omega 3 yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut, sementara alpukat juga mengandung asam folat juga omega 3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, melembabkan dan memberikan kilau alami rambut bayi,” kata Selva.

Maka diharapkan dengan keunggulan produk My Baby, berharap dapat meningkatkan kepercayaan para ibu terhadap My Baby dan dapat selalu menjadi partner dan kepercayaan ibu dalam merawat buah hati mereka sehingga para ibu confident bahwa mereka dapat menjalankan tugas dan perannya dengan baik. (bani)

Related posts