Wisata Karang Bolong Nan Indah

Karang Bolong merupakan obyek wisata yang sangat terkenal di daerah kabupaen Serang Banten. Pantai Karang Bolong memiliki keunikan tersendiri dari pantai lainnya yang berada di daerah Banten. Hal itu karena keindahan bawah lautnya dan sebongkah karang besar berada dipinggir pantai yang langsung menghadap kelaut, sehingga sangat eksotik pemandangan yang berada disekelilingnya. Dari atas karang tersebut, kita dapat melihat laut lepas yang hijau kebiruan dan pohon-pohon kelapa yang melambai-lambai, menambah daya tarik yang mempesona.

Pantai karang Bolong, dahulunya disebut berada di jalan utama antara Anyer dan Carita dikenal dengan Karang Suraga. Adapun nama Suraga diambil dari nama seorang tokoh bernama Suryadilaga, seorang sakti mandraguna yang bertapa dikarang bolong hingga akhir hayatnya. Menurut cerita penduduk sekitar, Suryadilaga masih hidup dan menjaga daerah tersebut, meskipun ia sudah meninggal dunia.

kemudian pada perkembangannya, nama karang Suraga mulai berganti, yang akhirnya disebut dengan pantai Karang Bolong. Itu berdasarkan sebuah batu karang besar yang berada di lokasi tersebut dan pada tengah-tengah batu karangnya berlubang. Bentuk karangnya yang membentang cukup besar sehingga pijakan kaki satu berada dilaut dan satunya lagi berada ditepi pantai. Dari pengamatan ahli geologi, lubang yang ada pada karang bolong tersebut disebabkan karena terkikis air laut setelah melalui waktu yang cukup lama. Akan tetapi ada juga pendapat lain yang mengemukakan bahwa lubang tersebut disebabkan oleh letusan gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883.

Daya Tarik

Banyak para pengunjung yang datang pasti mengunjungi batu karang tersebut, karena keindahan alam yang membentuknya sehingga ketika berada di lokasi membuat orang ingin berada lebih dekat dengan batu karang tersebut. Selain itu, batu karang yang masih banyak ditemui disekeliling pantainya, membuat lokasi pantai itu menambah keindahan dan keperawanannya. Ditambah dengan desir ombak yang terhampar luas, hijau kebiruan dan jernih membuat para pengunjung betah berada di lokasi pantai. Benar-benar memukau dan ke alamiannya tetap terjaga dengan baik.

Berbagai ekosistem lautnya pun, dari terumbu karang, hewan laut berupa ikan dan rumputnya masih dapat ditemui. Bila kita menceburkan diri ke pantainya maka akan terasa sekali, kehidupan ekosistem pantai disekitar laut karang bolong tersebut. Bila kita hendak melihat dari kejauhan pantainya maka bisa dilakukan dengan menaiki batu karang tersebut dan kita akan melihat pemandangan yang begitu memukau. Bagi para pengunjung yang ingin momennya dapat dikenang, sebaiknya membawa kamera untuk mengambil foto lokasi-lokasi tersebut. Jadi bila teringat momen tersebut Anda dapat membuka album foto dilokasi tersebut, dan bila memiliki waktu untuk berlibur maka jadikanlah liburan Anda benar-benar terkesan.

Bermain di lokasi pantai, memang benar-benar mengasyikkan dan tidak membosankan. Hal itu lantaran pantai yang bersih, air lautnya yang jernih serta habitat alamiahnya masih terjaga. Belum lagi, kita akan menjumpai langsung hewan-hewan laut seperti ikan-ikan hias yang kecil dan mungil yang bersembunyi diantara karang-karang kecil. Begitu terasa hidup dan siput yang berlarian kecil-kecilan menambah suasana keharmonisan alam nan eksotik. Inilah momen yang sangat berkesan dan merasakan kekayaan laut dan keindahannya langsung, membuat kehidupan begitu luas dan indah sehingga patut kita mensyukurinya, karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang beraneka warna.

Selain itu, pantai yang berwarna putih karena pasir putihnya yang masih alami, membuat kita betah berlama-lama ditepi pantainya dan kita dapat mengajak anak-anak bermain dipantai dan membangun rumah-rumahan, istanah-istanahan dari pasir. Kebanyakan para pengunjung memang mengajak anak-anak mereka untuk membuat miniatur bangunan rumah, istanah, bendungan, patung yang terbuat dari pasir. memang mengasyikkan bermain ditepi pantai tersebut.

Nah, bagi Anda yang hendak berlibur ke Pantai Karang Bolong yang berlokasi di Desa karang Bolong, Kecamatan Anyer, Kapubaten Serang, rovinsi Banten, Indonesia. Lokasinya dapat ditempuh dengan jarak sekitar 140 km yang memakan waktu sekitar 2 jam dari Jakarta ke Pantai karang Bolong. Dari pusat Kabupaten Serang, Banten sendiri jaraknya sekitar 50 km. Transportasi darat merupakan akses yang sering digunakan oleh para pengunjung, baik kendaraan keluarga/pribadi, melalui tol Jakarta Merak dan keluar dpintu tol Cilegon. Bila kendaraan umum dapat menggunakan bus jurusan Jakarta Merak dan turun di kota Cilegon dan dilanjutkan naik bus jurusan cilegon Labuan dan langsung di Pantai Karang Bolong. Selamat berkunjung untuk Anda yang tertarik melihat pesona keindahan pantai Karang Bolong.

Related posts