Menko PMK - Dobrak Pelayanan Publik Tidak Optimal

Puan Maharani 

Menko PMK

Dobrak Pelayanan Publik Tidak Optimal

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan pelayanan publik yang tidak optimal harus diubah dengan cara mendobrak kebiasaan buruk yang ada.

"Selama ini masyarakat menilai pemerintah tidak optimal dalam memberikan pelayanan kepada publik. Hal tersebut harus didobrak serta diubah agar masyarakat dapat merasakan pelayanan yang diberikan pemerintah," ujar Puan dalam acara Sosialisasi Gerakan Indonesia Melayani Kepada Kementerian/Lembaga di Jakarta, Kamis (23/3).

Puan, di kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) itu mengatakan, Gerakan Indonesia Melayani harus terus dilakukan secara perlahan tapi pasti, sebab tidak mudah membangun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki jiwa melayani.

Puan menyatakan Gerakan Indonesia Melayani merupakan salah satu implementasi dari Gerakan Revolusi Mental sebagaimana Instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016, yang harus diimplementasikan.

Dia berharap agar ASN dapat menjadi penggerak utama dan katalisator serta teladan bagi gerakan perubahan tersebut. Keteladanan ASN dapat diwujudkan melalui praktik pelayanan publik agar semakin baik dan nyata untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat.

Sejauh ini Kementerian PANRB telah menetapkan target dan merumuskan rencana aksi yang terbagi ke dalam 10 fokus program. 10 program yang dimaksud yakni: 1. Peningkatan kapasitas SDM ASN; 2. Peningkatan penegakan disiplin aparatur pemerintah dan penegak hukum; 3. Peningkatan perilaku pelayanan publik yang cepat, transparan, akuntabel, dan responsif; 4. Penerapan sistem penghargaan dan sanksi beserta keteladanan pimpinan. 

5. Penyempurnaan standar pelayanan dan sistem pelayanan yang inovatif; 6. Penyempurnaan sistem manajemen kinerja ASN; 7. Penyempurnaan peraturan perundang-undangan; 8. Penyederhanaan pelayanan birokrasi; 9. Peningkatan penegakan hukum dan aturan di bidang pelayanan publik.

10. Melaksanakan peningkatan penyediaan sarana dan prasarana yang menunjang pelayanan publik, agar kualitas pelayanan dapat lebih ditingkatkan lagi. Ant

 

BERITA TERKAIT

Ketua MPR RI - Elemen Bangsa Hormati Putusan MK

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI Elemen Bangsa Hormati Putusan MK Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mengajak…

Menteri PPPA - Perjuangan Kartini Refleksi Perempuan dalam Pembangunan

Bintang Puspayoga Menteri PPPA Perjuangan Kartini Refleksi Perempuan dalam Pembangunan Badung - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga…

Kepala Staf Kepresidenan - Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Berjalan Lancar

Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Berjalan Lancar Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai arus…

BERITA LAINNYA DI

Ketua MPR RI - Elemen Bangsa Hormati Putusan MK

Bambang Soesatyo Ketua MPR RI Elemen Bangsa Hormati Putusan MK Jakarta - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mengajak…

Menteri PPPA - Perjuangan Kartini Refleksi Perempuan dalam Pembangunan

Bintang Puspayoga Menteri PPPA Perjuangan Kartini Refleksi Perempuan dalam Pembangunan Badung - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga…

Kepala Staf Kepresidenan - Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Berjalan Lancar

Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024 Berjalan Lancar Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menilai arus…