Bank OCBC NISP Naik 2 Tingkat - Kajian FitchRatings 2011

NERACA

Jakarta--- Bank OCBC NISP kembali mendapatkan pengakuan positif atas posisinya yang semakin kuat sebagai bank swasta nasional yang sehat, prudent dan terpercaya. Tentu saja pada penghujung 2011 ini merupakan kado istimewa. ” Kenaikan 2 tingkat ini bukanlah hal yang biasa terjadi sehingga hal ini menjadi kebanggaan bagi kami, sekaligus memotivasi kami untuk terus berprestasi semakin baik lagi,” kata Presiden Direktur & CEO Bank OCBC NISP Parwati Surjaudaja kepada wartawan di Jakarta,22/12.

Menurut Parwati, bahkan pengakuan itu berlaku efektif 18 Desember 2011, FitchRatings meningkatkan peringkat Bank OCBC NISP secara signifikan sebanyak 2 tingkat, dari ’BB+’ menjadi ’BBB’, untuk peringkat Long-Term Foreign Currency (LTFC) dan Long-Term Local Currency (LTLC) IDR dengan Outlook Stable. Peringkat tersebut berada pada level yang sama dengan Indonesia’s Country Ceiling (CC). “Kami sangat gembira atas kenaikan peringkat dari FitchRatings tersebut,” tambahnya.

Lebih jauh kata Parwati, penghargaan ini tidak lepas dari dukungan kuat OCBC Bank Singapura sebagai pemegang saham utama, yang secara konsisten mendukung dalam berbagai aspek baik dari sisi keuangan maupun non keuangan. ”Dengan dukungan tersebut juga meneguhkan komitmen Bank OCBC NISP untuk menjadi “ Your Partner for Life” bagi seluruh stakeholdernya, dan secara konsisten memberikan kontribusi yang lebih baik dan besar bagi industri perbankan di Indonesia.” terangnya lagi

Di samping itu, lanjut Parwati, pada awal Desember 2011 lalu, FitchRatings juga tetap mempertahankan peringkat National Long term untuk Bank OCBC NISP di peringkat tertinggi yaitu AAA. Sementara peringkat Subordinated debt – IDR Bank OCBC NISP tidak mengalami perubahan yaitu AA.

Yang jelas, kata Parwati, dalam suratnya FitchRatings malah menyebutkan peringkat ini mencerminkan dukungan keuangan yang sangat kuat dari induk perusahaannya, yakni OCBC Bank Singapore, yang memperoleh peringkat di atas peringkat negaranya. “Ini merupakan bukti, induk perusahaan OCBC Bank Singapura memiliki komitmen yang tinggi,”tuturnya.

Dikatakana Parwati, kenaikan peringkat Indonesia yang berada pada level kategori investasi serta strategi induk perusahaan yang menjadikan Bank OCBC NISP sebagai bagian dari strategi mereka tersebut mempengaruhi kenaikan peringkat Bank OCBC NISP.

Selain peringkat di atas, tambah Parwati lagi, Bank OCBC NISP juga mendapatkan kenaikan peringkat untuk Short-Term Foreign Currency (STFC) IDR dan Support Rating. Penilaian peringkat ini dilakukan oleh FitchRatings sebagai kelanjutan dari kenaikan Sovereign Rating untuk negara Indonesia yang masuk ke dalam kategori ’investment-grade’. **cahyo

Related posts