Sesuaikan Budget

Siti Radarwati dari Gaya Tour and Travel, memberi tip bagi Anda yang berniat menikmati kemeriahan Natal dan Tahun Baru di hotel atau penginapan jenis lain. Pertama, yang penting untuk dipikirkan adalah budget yang dimiliki.

"Sebab besaran budget menentukan kelas hotel tempat kita akan menginap, apakah itu yang kelas bintang tiga, empat, atau lima," tuturnya. Setelah dana, hal kedua yang perlu diperhatikan adalah lokasi. Jika pergi bersama keluarga besar, hotel yang dipilih idealnya yang punya lokasi tidak jauh dari pusat keramaian.

Keramaian di sini, bisa tempat wisata atau pusat belanja. Sebab berbelanja, ujar Siti, merupakan paket wisata tersendiri bagi kita orang Indonesia. Ya, kedekatan hotel dengan pusat keramaian pastinya menjadi nilai plus, sebab mempermudah akses tamu hotel. Apalagi, jika lokasi keramaian itu mudah dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

Ini akan jadi dambaan, karena Anda sebagai tamu bisa bersantai menikmati liburan maksimal, tanpa membuang waktu banyak, bolak-balik dari hotel ke tempat wisata tujuan. Jika liburan kali ini Anda merindukan suasana "kembali ke alam", lebih baik memilih cottage atau bungalow, di mana satu cottage bisa memuat belasan orang. Dan biasanya, dalam satu cottage, terdapat dua hingga tiga kamar yang bisa digunakan ramai-ramai.

Fasilitas taman bermain anak di hotel, bisa menjadi pertimbangan selanjutnya untuk memilih tempat bermalam. Selain itu, kolam renang khusus anak, dengan kedalaman sesuai ukuran buah hati, layak diperhitungkan. Ini penting agar di momen liburan ini, si kecil maksimal menikmati suasana wisata air, tanpa membuat Anda khawatir ia tenggelam.

Untuk keluarga yang memiliki anak berusia kurang dari dua tahun, perlu memperhatikan ketersediaan fasilitas tambahan, seperti kereta dorong atau tempat tidur balita. Dan jika Anda membawa balita, perlengkapan ekstra yang perlu dibawa, adalah alat makan dan pampers. "Sayangnya, sampai saat ini saya belum tahu, apakah ada hotel di Indonesia yang menyediakan kereta dorong bayi? Atau juga kursi dorong orang cacat?" terangnya.

Jangan lupa membawa pakaian cukup. Baju orang dewasa relatif lebih mudah dibawa ketimbang pakaian anak-anak. Yang perlu ditambah, adalah baju renang jika memang berniat menggunakan fasilitas kolam atau pantai di dekat hotel. "Dan jangan lupa, bagi yang ingin ke hotel di pegunungan, harus membawa jaket," tutupnya.

Related posts