Inilah Mobil Siap Meluncur di 2012

Pabrikan mobil dari berbagai merek telah mempersiapkan produk unggulannya pada tahun 2012. walaupun tahun 2012 masih kurang 3 minggu lagi tetapi pabrikan telah memamerkan dan membocorkan akan produk unggulan mereka.menurut pantauan Harian Neraca ada beberapa produsen seperti Hyundai, Proton, Honda dan Nissan sudah siap meluncurkan produknya.

Hyundai i30

Hyundai terlihat sedang menguji salah satu varian hatchback di Amerika Serikat. Mobil yang masuk tertutup kamuflase tersebut sangat mirip dengan desain i30 2013 hatchback lima pintu yang baru saja diluncurkan di Frankfurt. Namun, di AS varian i30 tersebut berubah nama menjadi Elantra hatchback, yang akan bersanding dengan Hyundai Elantra sedan compact dan kemungkinan akan menggantikan versi Touring. Hyundai mengambil langkah ini setelah melihat respon pasar Amerika Serikat saat ini lebih nyaman membeli dan menggunakan mobil kecil. Varian jenis city car dan hatchback menjadi hits di pasar otomotif AS.

Di Eropa Hyundai i30 hatchback dilepas dengan dua model mesin bensin 100 hp 1.4L dan 140 hp 1.6 GDI, plus dua mesin diesel. Namun di AS, tampaknya hanya akan ditawarkan pada varian 1.6-liter GDI dan 1.8-liter four-pot sebagai mesin dasar Elantra hatchback. Sementara itu, i30 hatchback tiga pintu akan diluncurkan pada 2012. Diprediksi varian pabrikan Korea Selatan ini akan menjadi mobil yang diminati konsumen, dimana datang dengan mesin 1.6 liter turbo yang menghasilkan 204 horsepower. Rumornya, juga akan hadir Elantra dengan mesin hybrid.

Proton Exora

Tampilan baru Proton Exora menjadi pembicaraan pasar otomotif Asia Tenggara. Sebelumnya hanya tampil dengan foto-foto tersembunyi, atau masih terbungkus kamuflase. Proton pun membuka tabir dan memamerkan Exora terbaru ini.

Proton Exora akan menggunakan mesin Campro Charge Fuel Efficiency (CFE) untuk level Exora Bold Premium dan Exora Prime. Mesin CFE ini menghasilkan 138 tenaga kuda pada putaran mesin 5.000 rpm dan 205 Nm of torque dari 2,000 sampai 4,000 rpm pada mesin berkapasitas 1.6 liter. Mesin dikawinkan dengan CVT gearbox, dan kecepatan maksimal mencapai 185 km/jam dan akselerasi 0-100 km/jam tercatat 13.3 detik. Konsumsi bahan bakar diklaim mencapai 7,8 liter per 100 km.

“Didorong dengan mesin 1.6L yang lebih efisien, pelanggan akan mendapatkan performa kuat yang sebanding dengan mesin 2.0L, namun dengan konsumsi bahan bakar jauh lebih rendah. Kekuatan tambahan dalam memberikan daya tarik lebih ketika membutuhkan kecepatan untuk menyalip," kata Proton Grup MD Datuk Seri Syed Zainal Abidin.

Proton juga sudah mengumumkan harga OTR di malaysia, dimulai dari 1.6 Standard MT 59.998 ringgit (Rp171,8 jutaan), Bold 1.6 Executive MT 70.998 ringgit (Rp203 jutaan), Bold 1.6 Executive AT 74.998 ringgit (Rp204,8 jutaan) dan Bold 1.6 Premium CVT 79.998 ringgit (Rp229 jutaan). Proton Exora Prime dibanderol 88.998 ringgit (Rp254 jutaan).

Honda Civic 2012

Honda Civic menjadi salah satu varian yang paling diminati konsumen di seluruh dunia, terutama Eropa. Kini, Honda of the UK Manufacturing Ltd (HUM) mengumumkan bahwa Civic 2012 khusus untuk pasar Eropa mulai diproduksi secara masal

“Setelah menunggu beberapa waktu, akhirnya Honda Civic 2012 ini resmi diproduksi secara missal. Belakangan sempat tertunda akibat krisis ekonomi serta dua bencana yang terjadi di Jepang dan Thailand. Namun dengan kerja keras, kami dapat mewujudkannya dengan baik,” papar Presiden Honda Motor Eropa, Nishimae.

Kehadiran Civic hatchback tentunya akan semakin memanaskan pasar dikelas tersebut. Civic hatchback memiliki paras yang memikat pasalnya untuk Civic sedan terbaru telah mengalami penyegaran dibeberapa bagian. Honda juga telah merevisi kualitas fitur bagian dalam serta ruang penumpang sehingga mampu meningkatkan kenyamanan. Hal tersebut diperlihat dengan dual analog dengan penampilan digital. Hatchback generasi kesembilan dari Civic ini juga akan menawarkan tampilan kombinasi menarik antar ruang penumpang dan bagasi.

Mengenai dapur pacu belum ada pernyataan resmi mesin apa yang dipakai namun kemungkinan akan menggunakan mesin yang digunakan Civic 5d 2012 yakni 2.2 liter i-DTEC yang menghasilkan tenaga sebesar 150 hp.

Nissan Micra

Produsen mobil Nissan mempersembahkan edisi khusus untuk Nissan Micra guna melengkapi line-up yang ada saat ini. Mobil perkotaan yang dikenal di Indonesia dengan Nissan March ini mendapat dua warna metalik baru. Keduanya dijuluki Nissan Micra Kuro dan Shiro. Dalam bahasa Jepang Kuro memiliki arti hitam dan Shiro berarti putih. Meski demikian tidak ada perubahan lain selain warna. Artinya bentuk Kuro dan Shiro masih sama dengan Micra yang kini beredar.

Pada bagian dalam kabin, kedua model anyar ini akan memperoleh tampilan baru seperti dashboard dengan efek gading, jok dengan penghangat, dan emblem khusus yang dapat dipesan untuk ditempelkan di bagian belakang. Baik Kuro maupun Shiro menggunakan mesin 1.2 liter supercharged DIG-S. Mesin tersebut akan disandingkan dengan sistem transmisi manual maupun otomatis.

Meski nomer produksi maupun tanggal peluncurannya belum dipastikan, Nissan telah membocorkan harga jual Kuro dan Shiro. Harga untuk mesin 1.2 liter manual mulai dari 11.500 Euro atau setara dengan Rp137 juta.

Related posts