Perjalanan Ke Gunung Batur, Bali.

Pulau Bali siapa yang tidak kenal dengan keindahan pulau Bali, pasti semua orang telah mengenalnya. Akan tetapi wisata ke gunung Batur hanya sebagian orang yang baru mengetahui dan mendakinya. Keindahan gunung Batur ternyata tidak kalah indahnya dengan pulau yang ditempatinya. Gunung batur merupakan deretan pegunungan merapi yang masih aktif dan terletak di wilayah kecamatan Kintamani, kapubaten bangil, Provinsi Bali. Gunung ini memiliki Ketinggian sekitar 1000 m dpl hingga 2172 mdpl dengan hawa udara yang sangat sejuk dan memiliki temperatur udara rata-rata 15 derajat sampai 21 derajat celcius.

Gunung Batur memiliki bentang alam yang sangat indah dan keindahan tersebut dilengkapi dengan kawah yang menjadi obyek wisata selama ini. Kawah gunung Batur memiliki 3 kerucut gunung api dengan masing-masing kawah diantaranya, Batur satu, batur dua dan batur tiga, sehingga terlihat kembar dan sangat indah. Keindahan tiap-tiap kawah merupakan daya tarik bagi para pendaki baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi kawah yang mengerucut ini, letaknya berderatan ka arah timur laut, yang tumbuh didalam kaldera Batur. Begitu menakjubkan pemandangan tersebut, sebagai fenomena alam yang luar biasa. Selain itu, ada beberapa kawah kecil yang berada disekeliling lereng gunung dan kaki gunung api. Gunung Batur memiliki dua kaldera yang berada di dalam dan diluar pematang kaldera luar berbentuk bulat melonjong ke arah barat laut hingga tenggara, yang berdimensi 13,8 km x 10 km. Untuk kaldera dalam sendiri menyerupai lingkaran berdiameter 7 km dan berbentuk bulan sabit dengan ukuran panjang antara 5 km hingga 7 km dan lebar sekitar 2,5 km.

Gunung api Batur memperlihatkan aktifitasnya dengan tanda yang dapat direkam melalui seismograf, sehingga dengan sangat cepat terpantau bila kondisi gunung dalam aktifitas penuh. Aktifitasnya sering mengeluarkan magama dan asap, gempa dan menimbulkan adanya mata air baru disekitarnya. Asap solfatara akan menyengat ketika mendekati kawah-kawah tersebut. Di area hembusan asap solfatara banyak mengendap belerang yang mengeras dan berwarna kuning. Untuk itu, Anda meski membawa masker untuk menjaga mata dan paru-paru sehingga tetap fokus untuk melihat-lihat sekeliling area gunung Batur. Pemandangan ini, sangat luar biasa, yang memang pada umumnya terjadi pada gunung merapi dimanapun, hanya saja berbeda tempat dan bentuknya saja.

Selain kawah, gunung Batur juga memiliki sumber mata air panas yang terletak di desa Toyobungkah. Mata air panas ini timbul dari sela-sela bebatuan dipinggir area danau batur. Jadi, panorama ini benar-benar membuat mata tak henti-hentinya untuk memandangnya. Belum lagi, kehangatan dari air panas itu sendiri dapat merileksasikan tubuh. Oleh karena itu, banyak para wisatawan maupun penduduk lokal menggunakan sumber mata air panas untuk menghangatkan tubuh mereka.

Untuk pemantauan aktifitas gunung Batur berada pada lokasi di desa Panelokan. Di sanah kita dapat mengetahui berbagai data aktifitas kegempaan dari gunung api Batur. Jadi, bila Anda ingin melakukan penelitian tentang aktifitas gunung merapi terutama di pulau Bali, khususnya gunung Batur, Anda dapat memperolehnya di sini. Berbagai keindahan gunung Batur dilengkapi pula oleh kebudayaan masyarakat sekeliling , yang masih memegang prinsip kebudayaan mereka, sehingga para turis dan pengunjung akan terasa sekali berada dipedesaan yang masih terjaga kelestariannya.

Kebudayaan tradisional bercirikan hindu masa Kerajaan Majapahit masih sangat kental disanah. Tampak jelas dari sistem peribadatan hindu Trunyan yang berbeda dengan hindu pada umumnya. Inilah yang menjadi daya tarik lebih bagi para wisatawan untuk tetap berkunjung menikmati suasana pedesaan dan gunung Batur. Kebdayaan yang masih dipegang teguh untuk menjaga warisan para leluhur mereka, sehingga saat ini menjadi daya tarik bagi kebanyakan wisatawan asing. Banyak wiatawan asing yang mempelajari dan menyenangi adat istiadat dari kebudayaan masyarakat bali.

Untuk Anda yang hendak pergi berlibur ke gunung Batur dapat menggunakan pesawat dari Jakarta tujuan Bali atau dapat dengan naik bus antar pulau tujuan Jakarta bali melalui pelabuhan Surabaya. Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup sehingga libur anda dapat berkesan bagi pengalaman yang indah.

Related posts