Minat Investasi Australia US$ 5 Miliar

NERACA

Jakarta – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat minat investasi sekitar 4 hingga 5 miliar dolar AS dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO 10 perusahaan Australia di Sydney. Minat investasi itu terdiri dari minat investasi disektor pertambangan dan pengolahannya, sektor industri makanan dan minuman, sektor pariwisata dan perhotelan dan sektor infrastruktur.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong yang menjadi moderator dalam pertemuan Presiden Jokowi dengan 10 perusahaan besar Australia menanyakan satu per satu minat dan komitmen para CEO dalam mengembangkan aktivitas bisnisnya di Indonesia.

Pertemuan itu juga dilakukan guna menampung pengalaman para pengusaha dalam melakukan kegiatan usaha di Indonesia. Salah satu masukan yang disampaikan oleh investor Australia adalah agar proses mendapatkan sertifikasi halal lebih mudah untuk pada produk multivitamin.

"Beberapa perusahaan menyampaikan pandangannya terkait investasi di Indonesia. Di antaranya perusahaan pertambangan dan pengolahan mineral yang mengemukakan bagaimana investasi eksisting mereka di Sumatera Utara menunjukkan hubungan yang 'long and strong'," jelas Thomas sebagaimana dilansir Antara, Minggu (26/2).

Beberapa perusahaan juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengemukakan ketertarikan mereka untuk memperluas investasinya. "Salah satunya investor di sektor perhotelan yang saat ini memiliki 8.000 jaringan hotel di seluruh dunia, 1.200 di Tiongkok dan hanya 10 di Indonesia, yang berencana untuk meningkatkan jaringan hotelnya di Indonesia menjadi 100 dalam 3-4 tahun," imbuhnya.

Kemudian, ada pula perusahaan pembiayaan investasi yang mengemukakan rencananya untuk mendanai proyek pembangkit listrik tenaga terbarukan berkapasitas 200 MW. Selain perusahaan, BKPM juga turut mengundang Austrade yaitu instansi pemerintah Australia yang bertugas mempromosikan dan menarik investasi dari dan ke dalam Negeri Kanguru.

Survei terakhir yang dilakukan oleh Austrade kepada komunitas bisnis Australia menempatkan Indonesia di peringkat lima besar prioritas investasi.

Thomas Lembong mengatakan dalam pertemuan dengan PM Australia, Presiden Jokowi mengungkapkan prospek yang menggiurkan dari ekonomi digital. "Karena memang ekonomi digital Indonesia adalah yang terbesar di Asia Tenggara, salah satu yang pertumbuhannya tinggi dan ada prospek yang menggiurkan," kata Thomas lagi.

Berdasarkan data BKPM, realisasi Investasi dari Australia pada 2016 mencapai 174 juta dolar AS, naik tipis 4 persen dari tahun sebelumnya sebesar 167 juta dolar AS. BKPM menargetkan total investasi Australia ke Indonesia dapat mencapai 3 miliar dolar AS atau setara Rp39 triliun dalam 3-5 tahun ke depan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo mengajak Australia untuk mengembangkan ekonomi digital yang potensinya sangat besar di Indonesia. "Apa yang diusulkan Presiden Jokowi disambut baik PM Australia Malcolm Turnbull," kata Retno, di Sydney International Convention Center Australia, disalin dari laman yang sama.

Dia menyebutkan PM Turnbull bahkan mengusulkan perlu konferensi besar antara Indonesia dan Australia di Bandung. "Di situ akan ditingkatkan kerja sama di antara pengusaha muda bidang ekonomi digital, dan mereka juga mengundang anak muda kita untuk ke sini dalam rangka meningkatkan kapasitas," katanya lagi. Dia menyebutkan akan dibicarakan lagi kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan konferensi tersebut. "Kita juga sudah punya payung kerja sama ekonomi digital," katanya.

Menlu mengatakan bahwa kontak swasta Indonesia dan Australia saat ini sudah semakin dekat "November 2016 lalu ada pertemuan antara privat sektor Indonesia-Australia di Perth dan pada Maret 2017 nanti ada sekitar 150 pengusaha Australia akan ke Indonesia," katanya pula.

Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menyepakati untuk saling menghormati integritas wilayah dan tidak mencampuri urusan dalam negeri satu sama lain. "Kedua negara saling menghormati integritas wilayah, tidak campur tangan urusan dalam negeri negara lain, dan mampu mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan," kata Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama Presiden RI dan PM Australia di Sydney.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi sekaligus mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam dan waktu yang disediakan PM Turnbull untuk berjalan pagi bersama. Presiden Jokowi mengatakan, dalam pertemuan bilateral antara dirinya dengan PM Turnbull sangat tampak komitmen yang tinggi kedua negara untuk memperkokoh dan meningkatkan kerja sama bilateral. "Dan hubungan yang baik serta kokoh tentunya dapat tercipta jika kedua negara saling menghormati integritas wilayah," katanya.

Keduanya sepakat agar negosiasi IA-CEPA dapat diselesaikan pada 2017 sementara di bidang perdagangan, Presiden menyampaikan beberapa harapan dan penekanan yaitu menghilangkan hambatan perdagangan baik tarif maupun non tarif produk-produk Indonesia misalnya produk kertas Indonesia dan kelapa sawit dari Indonesia.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull menyatakan kedua belah pihak setuju melanjutkan kerja sama dalam bidang pertahanan. "Kami berdua setuju melanjutkan kerja sama pertahanan baik dalam pertukaran dan kegiatan pelatihan," kata Turnbull dalam pernyataan bersama usai pertemuan bilateral di Kirribilli House Sydney.

Turnbull juga menyebutkan di luar pemerintah, industri di Australia dan Indonesia sadar akan adanya potensi ekonomi besar yang belum digali. "Ini menyangkut industri pertahanan di mana sedang diproduksi kendaraan lapis baja oleh industri pertahanan," kata Turnbull.

Dia menyebutkan kehadiran Presiden Jokowi tidak hanya disambut baik pejabat pemerintah tetapi juga oleh warga di Australia. "Betapa hangatnya Bapak diterima dan disambut baik oleh pejalan kaki, para pelari di Taman Botanic Gardenia dan para mahasiswa Indonesia yang ada di sini," katanya.

Menurut dia, mereka senang sekali melihat kedua pemimpin itu berjalan bersama yang menunjukkan bahwa hubungan persahabatan kedua negara dekat dan sangat erat. "Dari pertemuan pemimpin hari ini telah kita tekankan kembali betapa strategis dan pentingnya hubungan kedua negara," katanya. bari/mohar/munib

BERITA TERKAIT

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…

BERITA LAINNYA DI Berita Utama

MESKI TERJADI KETEGANGAN IRAN-ISRAEL: - Dirjen Migas: Harga BBM Tak Berubah Hingga Juni

Jakarta-Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tutuka Ariadji mengungkapkan harga bahan bakar minyak (BBM)…

PREDIKSI THE FED: - Tahan Suku Bunga Imbas Serangan Iran

NERACA Jakarta - Ketegangan konflik antara Iran dengan Israel memberikan dampak terhadap gejolak ekonomi global dan termasuk Indonesia. Kondisi ini…

PEMERINTAH ATUR TUGAS KEDINASAN ASN: - Penerapan Kombinasi WFO dan WFH

Jakarta-Pemerintah memutuskan untuk menerapkan pengombinasian tugas kedinasan dari kantor (work from office-WFO) dan tugas kedinasan dari rumah (work from home-WFH)…