Wisata gunung Renjani

Gunung Rinjani yang berlokasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Renjani memiliki ketinggian 3.726 m dpl dan letaknya pada lintang 8 derajat 25 lintang selatan dan 116 derajat 28 bujur timur. Merupakan gunung berapi yang paling di favoritkan bagi pendaki Indonesia, karena keindahan alamnya yang sangat alami. Status gunung Rinjani adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas sekitar 41.330 hektar, dan akan mengalami perluasan menjadi 76.000 hektar arah barat dan timur.

Dilihat secara adminstratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten yaitu Lombok Timur, Tengah dan Barat. Dari atas gunung ini semua wilayah pulau lombok dapat dilihat khususnya sebelah utara. Pada bagian kerucut bagian barat gunung, terdapat kaldera dengan luas 3.500 mx4.800m yang memanjang ke arah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat SEGARA ANAK seluas 11.000.000 m persegi yang memiliki kedalaman 230 m. Dari sinilah terbentuknya aliran air yang berupa air terjun yang sangat indah dan melewati curam-curam dan jurang. Pada lokasi segara anak banyak ikan mas dan mujair yang hidup di kolam tersebut. Banyak orang yang singgah untuk memancing dan pada bagian selatan danau disebut Segara Endut.

Pada bagian Timur kaldera terdapat gunung baru (gunung Barujari) dan memiliki kawah berukuran 170 mx 200 m dengan ketinggian 2.296-2376 m dpl. gunung kecil ini pada 2 mei 2009 dan sepanjang mei lalu. pada bencana alam ini memakan korban secara tidak langsung sebanyak 31 orang akibat banjir bandang karena lava ke Segara Anak. Gnung Brajuri sering aktif dan tercatat beberapa kali yang meletus pada tahun 1944, 1966 dan 1994. Selain gunung bajuri juga terdapat kawah lain dari hasil letusan Gunung Rombongan.

Untuk mencapai gunung tersebut yang berlokasi di Pulau Lombok, bila Anda menggunakan bus dari Jakarta, ada jurusan Jakarta Mataram. Dari Mataram langsung menuju desa sembalun atau juga dapat ke desa senaru dengan kendaraan stempat. Bila Anda menggunakan pesawat, maka gunakan penerbangan dari Jakarta, Surabaya dan depnpasar menuju ke bandara selaparang mataram lombok.

Rinjani banyak diminati oleh para pendaki karena merupakan gunung yang memiliki keindahan yang alami dengan berbagai flora dan fauna didalamnya, sehingga merupakan gunung yang memiliki pesona fantastis diantara gunung-gunung yang ada di Indonesia. Para pendaki yang umumnya berasal dari kalangan mahasiswa, pecinta alam, pendduduk lokal dan turis lokal maupun mancanegara dilakukan pada bulan juni sampai agustus setiap tahunnya. Suhu rata-rata berkisar 20 derajat dan terendah 12 derajat celcius, dengan hembusan angin sangat kuat ketika berada dipuncak yang biasa terjadi bulan agustus.

Banyak para pendaki yang mendaki melalui jalur Sembalun dan diakhiri di Senaru, karena jalur ini sangat menghemat sekitar 700 m ketinggian. Rute ini memanjang dan datar serta cuaca lebih panas, lantaran melalui padang savana yang sangat terik. Suhu memang dingin tetapi panas matahari langsung menyentuk kulit karena jarak yang dekat. Bagi anda sangat dianjurkan menggunakan krim penahan panas matahari/sunblock.

Rute Senaru ini membutuhkan waktu slama 7 jam hingga mencapai bibir punggungan di ketinggina 2.641 m dpl, lokasinya bernama Plawangan Senaru atau Sembalun. Dari titik ini Anda dapat melihat pemandangan yang begitu indah dan bila hendak turun ke danau harus menuruni ketinggian tebing yang curam sekitar 2.00 m dpl dengan waktu sekitar 2jam perjalanan. Banyak yang menjadikan danau ini sebagai tempat berkemah, mancing, dan berendam dikolam air panas.

Gunung Rinjani memang sangat indah dan mempesona, bagi siapapun yang pernah berkunjung kesanah, menjadikan hal itu sebagai pengalaman terindah dan menimbulkan rasa kangen karena ke indahan panorama alamnya. Bagi para pendaki yang pernah berkunjung pasti akan selalu terkenang dengan suasana alam dan harum smerbak dari rindangnya pepohonan dan aneka margasatwa yang menempatinya.

Untuk Anda yang memang ingin menikmati perjalanan ke gunung Rinjani, maka persiapkanlah segala perbekalan yang cukup. Selain itu, pakaian hangat, jas hujan, dan tenda yang standar sesuai dengan keselamatan. Perjalanan ini umumnya memakan 3 hari dua malam dan karena cukup memakan waktu yang lama, maka perbekalan logistik sangat dibutuhkan. Hal ini agar tidak kekurangan logistik ditengah jalan dan jangan lupa membawa pawang penunjuk jalan, sehingga tidak tersesat.

Related posts