Program Menabung & Berbagi CIMB Niaga

PT Bank CIMB Niaga telah banyak melakukan program kegiatan social untuk membantu masyarakat yang berhak dan membutuhkan. Kegiatan kali ini dilakukan di kota Medan yang merupakan tujuan terakhir yang dikunjungi setelah sebelumnya Jakarta, bandung, Semarang dan Surabaya. Kegiatan yang dinamai Program Kit for Kids ke 4 sekolah dasar pada kamis (15/12) merupakan rangkaian awal kegiatan dari CIMB NIaga Junior Camp dan ditutup minggu(18/12) 2011.

Tujuan dari program yang diadakan oleh CIMB Niaga ini adalah mengajak para nasabahnya dan masyarakat sekitar untuk menyisihkan pendapatan mereka, membantu dan menolong anak-anak usia sekolah yang kurang beruntung dan kurang mampu secara ekonomi. Dengan demikian diharapkan agar anak-anak tersebut mampu menempuh jenjang sekolah dan pendidikan formal yang lebih tinggi. “Kepada para orang tua agar dapat mengambil pelajaran berharga dan mengajarkan kepada anak-anaknya untuk peduli kepada sesama dan mempersiapkan anak-anaknya untuk masa depan yang lebih baik melalui kegiatan menabung,” menurut L. Wulan Tumbelaka, Direktur Complance, corporate Affairs & Legal CIMB Niaga.

Selama ini CIMB Niaga telah berkomitmen melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat yang kekurangan dan membutuhkan bantuan yang nyata. Hal ini tercermin dengan kegiatan pengumpulan dana sosial dari masyarakat dan berhasil dihimpun sepanjang tahun 2011, dana yang dikumpulkan itu melalui program Menabung & Berbagi, ternyata mendapat respon positif oleh masyarakat. “Jumlah dana yang terkumpul sebanyak Rp. 50 juta dan keseluruhan dana tersebt diserahkan kepada yayasan Sekolah Semal Benih Bangsa. Melalui mereka dana tersebut digunakan untuk memberikan pelatihan bagi guru-guru yang kemudian akan membuat 4 sekolah PAUD (Pedidikan Anak Usia Dini) yang berlokasi di Bintaro sebanyak 2 sekolah, Karawaci dan Surabaya,” kata Wulan.

Program yang dilakukan oleh CIMB Niaga ini tidak lepas dari empat pilar yang dimilikinya antara lain, pendidikan, donasi, dan filantropi, pengelolaan lingkungan serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Pada 2008 lalu sebagai wujud nyata CIMB Niaga telah melakukan kegiatan pemberian beasiswa kepada anak-anak yang membutuhkan bantuan. Kegiatan tersebut hingga 2011 telah mencapai lebih dari 200 siswa untuk tingkat S1 dalam dan luar negeri, serta S2 dan S3.

Kegiatan social yang dilakukan oleh CIMB Niaga tidak sia-sia, pada Senin (12/12 tahun ini, berhasil meraih Anugerah Peduli Pendidikan tahun 2011 dari kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. CIMB Niaga merupakan satu dari tujuh perusahaan lainnya yang menerima penghargaan tersebut dan satu-satunya perusahaan yang mewakili industry perbankan. Peranan yang dilakukan oleh CIMB Niaga ini merupakan kegiatan yang positif dan memberikan manfaat bagi orang lain. Bila kegiatan ini menjadi contoh bagi perusahaan-perusahaan besar maka dampaknya akan sangat signifikan membantu memerangi kebodohan dan ketertinggalan dalam pendidikan.

CIMB Niaga dalam mengajak peran serta nasabah dan masyarakat lainnya untuk bersama-sama mengentaskan kobodohan dan kemiskinan melalui program pendidikan. Program pendidikan itu sendiri diberi nama ‘Ayo, Menabung untuk Masa Depanku dan Masa Depan Temanku!’

Keikutsertaan perusahaan perbankan merupakan tanggung jawab yang cukup tinggi terhadap masyarakat yang belum beruntung. Upaya yang dilakukan oleh perusahan-perusahaan, termasuk CIMB Niaga adalah sinergis dengan program yang dilakukan oleh pemerintah. Pemerintah telah menyediakan berbagai sarana dan prasarana pendidikan untuk dikelolah dengan baik dan benar. Akan tetapi masyarakat semakin lama, semakin tumbuh dan berkembang sehingga kebutuhannya pun terus meningkat, seiring pertumbuhan ekonomi meningkat maka peningkatan jumlah pendudukpun meningkat. Di sinilah peran serta masyarakat dan perusahaan yang ada di dalam Negara untuk membangun masyarakat yang cerdas dengan pendidikan. Daya jangkauan dan data dilapangan sangat diperlukan sehingga proyek bantuan itu mengena dan tepat sasaran.

Pemerintah pun akan sangat open minded dan mempermudah kegiatan yang mengenai pembangunan dunia pendidikan dan pembangunan ekonomi rakyat untuk mengentaskan berbagai kemiskinan dan kebodohan. Peran serta masyarakat dan termasuk perusahan-perusahaan diikut sertakan oleh pemerintah dalam pembangunan Negara sebagai wujud menyatukan bangsa dan negara.

Related posts