Asyiknya Berlibur Ke Pulau Komodo

Saat ini siapa yang tidak kenal dengan Pulau Komodo? Bukan hanya rakyat Indonesia saja yang mengenal Pulau Komodo, tetapi hampir semua warga dunia kini telah mengenal Pulau Komodo. Apalagi Pulau Komodo kini merupakan salah satu dari new7wonders, tempat yang merupakan keindahan dunia yang menjadi tujuan bagi para pelancong untuk mengunjungi sebagai kunjungan wajib bagi para wisatawan dunia. Pulau Komodo terletak di kepulauan Nusa Tenggara. Di sebut Pulau Komodo, lantaran di pulau tersebut terdapat habitat asli hewan komodo yang mendiami pulau itu.

Komodo merupakan binatang purbakala yang dapat bertahan hingga sekarang setelah melalui masa ribuan bahkan jutaan tahun lampau melalui proses seleksi alam dan hanya satu tempat di dunia, yaitu di pulau Komodo. Secara administratif, pulau ini termasuk kedalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat..Oleh karena kelangkaan tersebut, binatang komodo menjadi hewan yang sangat di lindungi baik oleh pemerintah dalam negeri maupun oleh badan Internasional tentang perlindungan hewan langka. Di dalam negeri sendiri, pulau komodo dijadikan Taman Nasional komodo.

Pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Keindahan yang ditampilkan didalamnya sangat mengagumkan dengan pasir dan tanah yang berbukit dan pohon yang cukup rindang untuk tempat berteduh bagi komodo dari terik matahari yang menyengat. Di pulau ini, komodo dapat berkembang biak dengan baik. Tercatat hingga Agustus 2009 saja terdapat sekitar 1300 ekor komodo dan menyebar dibeberapa pulau sekitar Rinca dan pulau Gili Motang sehingga jumlah total mencapai 2500 ekor. Selain di pulau-pulau tersebut, komodo juga terdapat di pulau Flores, cagar Alam Wae Wuul yang berjumlah 100 ekor komodo.

Pulau komodo juga menyimpan beberapa panorama alam lainnya seperti kayu sepang yang dapat digunakan sebagai obat dan bahan pewarna untuk pakaian. Pohon dengan nama latinnya sterculia oblongata atau nitak diyakini masyarakat setempat memiliki khasiat untuk pengobatan. Selain itu, bijinya dapat dimakan dan rasanya seperti kacang polong. Memang pulau komodo memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat memberikan pesona bagi pengunjungnya.

Menurut sejarahnya pulau komodo berawal ketika orang Belanda, Letnan Steyn Van Hens Broek yang datang untuk mencari bukti tentang laporan pasukan Belanda adanya hewan besar seperti naga di pulau itu. Lalu Steyn membunuh satu ekor komodo untuk dibawa dan di dokumentasikan di Museum and Botanical Garden di Bogor untuk bahan penelitian. Perjalanan itu terjadi pada 1910 di sebelah sisi Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan sebab itu dinamakan pulau Komodo.

Setelah melalui proses panjang dan konservasi komodo sebagai Taman Nasional Komodo, akhirnya pada 2009, masuk dalam kategori finalis New Seven Wonders of nature. Melalui proses beberapa tahap akhirnya Taman Nasional Komodo diumumkan secara besar-besaran di media masa, masuk dalam kategori New7Wonders pada 11 November 2011 dengan suara aklamasi/terbanyak. Jadi dengan demikian pulau komodo telah resmi menjadi sebagai salah-satu tujuh keajaiban dunia versi organisasi New7Wonders.

Untuk para pelancong atau turis dalam negeri maupun mancanegara yang ingin melakukan liburannya ke pulau komodo, persiapkanlah fisik Anda. Hal itu karena akan menempuh jarak yang cukup panjang. Akan tetapi dalam perjalanan tersebut Anda akan disuguhi oleh berbagai panorama yang indah, dan memukau mata dan pikiran karena pesona laut dan pulau yang eksotik. Perjalanan memakai dua jalur, udara dan laut. Lokasi yang berada di kepulauan timur Indonesia harus ditempuh melalui udara dan ketika sampai untuk mencapai lokasinya harus menggunakan kapal laut. Laut akan membuat mata Anda terpukau dengan keindahan yang menakjubkan karena berbagai terumbu karang dan ekosistemnya masih sangat bersih dan terawat oleh alam.

Keunikan dan keindahan serta binatang purba dari Pulau Komodo merupakan pesona alami yang dapat menarik para pengunjung dari berbagai negara. Para pengunjung pun akan dijaga keamanannya secara aman oleh para penjaga suaka Taman Nasional Komodo. Mereka dapat menyaksikan komodo dari dekat, bahkan dapat melihat mereka makan. Makanan yang diberikan kepada komodo adalah hewan kambing dan semacamnya.

Related posts