Bahan Kayu Untuk Kusen

Tahukah Anda bahwa masyarakat Indonesia sudah memilih kayu sebagai tempat bernaung. Namun, di era modern ini tren rumah kayu kembali muncul. Rumah kayu kembali digemari sejak 1997. Tren ini kembali muncul, karena rumah kayu sangat nyaman dan hangat untuk dihuni.

Ada dua jenis pilihan rumah kayu yang bisa Anda hadirkan yaitu rumah kayu modern dan tradisional. Rumah kayu modern (modern wooden house) adalah rumah yang dirancang dengan teknik sistem bongkar pasang (knock down). Sementara untuk rumah tradisional Manado, biasanya bahan didatangkan dari tempat pembuatan, Minahasa, kemudian di-setting dan dirakit di Jakarta. Setelah itu, baru dibawa ke lokasi.

Untuk sebuah rumah kayu yang cantik dan kuat, tentu tak bisa menggunakan sembarang kayu. Bahan utama rumah kayu harus menggunakan kayu keras dan berkualitas bagus, ada beberapa jenis kayu yang bisa dipilih, yaitu kayu besi, jati dan bangkirai. Kayu jenis ini memang tahan terhadap serangan rayap, namun harganya terbilang mahal.

Sebenarnya, Anda bisa juga membangun rumah kayu dengan bahan dari kayu jenis lain seperti kamper atau mahoni. Kayu jenis ini memang lebih murah, namun tak terlalu tahan dengan rayap, meski sudah diberi antirayap.

Rumah kayu cocok dibuat di daerah bersuhu dingin. Keunggulan rumah kayu, untuk suasana sejuk akan terasa lebih hangat. Namun begitu, jika dibangun di kawasan perkotaan, akan menumbuhkan kesan unik. Sebuah bangunan yang berbeda dari sekitarnya. Tentunya, anda harus menggunakan pendingin, jika berniat membangun rumah kayu di kawasan perkotaan.

Memilih kayu untuk bahan kusen rumah, bukanlah perkara yang gampang atau mudah. Sudah menjadi kodrat setiap manusia bahwa sesuatu yang ingin dimiliki adalah barang terbaik yang ada. Hal ini akan selalu kita hadapi dalam segala hal tentang “pilihan”. Contohnya hanya soalmemilih kayu bahan kusen rumah. Setelah kita mempunyai desain rumah impian, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan bahan material bangunan dan salah satunya adalah kusen. Bahan untuk kusen sebuah rumah sekarang sudah bervariasi bukan hanya menggunakan kayu saja, tetapi ada yang terbuat dari logam aluminium.

Sebelumnya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu kusen-kusen yang kita buat, antara lain :

Kusen Pintu jenisnya dibedakan dari segi ukurannya yaitu, ada pintu utama atau ruang tamu, pintu kamar tidur, pintu kamar mandi dan pintu garasi disesuaikan dengan desain rumah yang ada. Kusen Jendela, dibedakan dari segi ukurannya yaitu, Jendela ruang tamu, jendela kamar tidur, jendela dapur. Kusen Fentilasi, biasanya untuk ruang tamu, kamar tidur sama, hanya kamar mandi dan dapur saja yang berbeda. Kusen Isian meliputi, daun pintu dan daun jendela.

Jika kita mempunyai dana anggaran tak terbatas untuk membangun rumah, maka urusan memilih kayu untuk kusen tidak menjadi masalah besar, tetapi bagi urang dengan dana pas-pasan hal tersebut harus mempunyai solusi yang tepat.

Related posts