Inden, Toyota Minta Maaf - New Avanza

Toyota Astra Motor (TAM) sampai saat ini belum bisa menghirup keberhasilannya dalam memproduksi New Avanza di akhir tahun 2011 ini, pasalnya produksi New Avanza tersebut terkendala karena pabrik yang ada di negeri Gajah Putih, Thailand, terendam banjir sehingga tidak bisa menjalankan roda produksi mobil tersebut.

Menurut Direktur Marketing TAM Joko Trisanyoto. TAM menjadi Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) dengan penjualan tertinggi ini harus bersabar sampai ada kepastian produksi akan segera dilaksanakan.

Pada 2011 Toyota menelurkan beberapa varian anyar seperti Grand Innova, Grand Fortuner, All New Hilux dan All New Avanza sepanjang tahun ini. Dengan jagoan-jagoan tersebut tak ayal membuat TAM merajai penjualan roda empat di pasar otomotif tanah air.

Namun, pada 2011 ini TAM bukan tanpa cobaan. Pada awal tahun terpaksa terganggu dengan musibah gempa bumi dan Tsunami yang menghantam sebagian wilayah Jepang. Selanjutnya musibah banjir besar yang melanda Thailand. Seperti diketahui Thailand adalah basis produksi pabrikan Jepang di Asia Tenggara, termasuk Toyota.

Imbasnya langsung terasa pada beberapa stok varian anyar seperti All New Avanza semua type. TAM terpaksa memberikan status inden pada mobil Multi Purpose Vehicle tersebut. Tak tanggung-tanggung, untuk Avanza Veloz harus inden sampai enam bulan.

”Kami menutup tahun ini dengan bangga, setelah tetap menjadi ATPM dengan penjualan tertinggi. Namun, kami tetap meminta maaf kepada semua konsumen Toyota di Indonesia karena beberapa varian terpaksa harus inden setelah terkena dampak banjir Thailand,” jelasnya.

Joko menjelaskan bahwa saat ini TAM sudah menerima order pesanan All New Avanza yang mencapai angka 33.000 unit sejak pertama kali diluncurkan pada November lalu. Joko berharap semua pesanan itu sudah bisa dipenuhi di awal 2012 mendatang.

Hal ini sangat menguras tenaga produsen mobil tersebut. Pasalnya keinginan yang besar dari para konsumen untuk segera memakai New Avanza besar sekali. Hal ini terbukti dari wawancara Harian Ekonomi Neraca pada salah satu konsumen yaitu Jhony Budiman yang ditemui di Dealer Toyota di Serpong mengatakan kami sangat berharap agar proses inden yang ditentukan pihak Toyota akan New Avanza selama 6 bulan harus segera dipercepat.

”Sebelumnnya saya sudah merasakan enaknya menggunakan Avanza seri lama. Makannya saya sudah memesan keluaran terbarunya. Harapan saya sesuai dengan apa yang telah diberitakan dibanyak media,” papar Jhony.

Ditanya kenapa kembali membeli Avanza seri yang terbaru dirinya mengatakan bahwa body dan modelnya terlihat jauh sangat elegan dan terlihat mewah. ”Untuk itu saya tidak ragu untuk memesan seri yang baru ini. Saya juga telah mengkonfim ke Toyota tapi pihaknya tidak bisa memberikan jaminan kapan pastinya. Kalau memang sudah keluar pasti akan segera dikabarin,” tegasnya.

Sedangkan pilihan warna yang dipilih Jhony dan keluarga adalah warna hitam. Ditanya kenapa hitam dirinya mengatakan saya melihat beberapa gambar di internet sangat elegan. ”Avanza saya yang lama juga berwarna hitam, saya dan keluarga memang sangat senang dengan warna tersebut,” ujarnya lagi.

Related posts