Inovasi Dalam Bisnis Salon Mobil

Neraca. Meningkatnya kesibukan atau aktivitas sehari-hari pemilik mobil membuat waktu untuk menjaga kebersihan dan keindahan mobil tidak bisa dilakukan sendiri, terutama dalam menghadapi musim hujan seperti saat ini, kondisi mobil harus ekstra dijaga agar tidak terjadi korosi ataupun bau akibat kelembaban.

Berawal dari hal inilah, kini bisnis jasa salon mobil terlihat sangat dibutuhkan pemilik mobil serta semakin berkembang cukup pesat, mulai dari yang menjalani bisnis ini di garasi rumah, showroom pinggir jalan kini sudah mulai merambah ke lahan parkir pusat-pusat perbelanjaan ataupun perkantoran.

Bentuk jasanya atau jenis pelayanannya pun telah mulai berkembang dan penuh inovasi agar mampu bersaing dengan para kompetitor yang ada. Jenis pelayanan salon mobil yang umumnya berupa pencucian mobil, pemolesan body dan kaca sampai untuk kebersihan interior terus berkembang. Bahkan saat ini sudah banyak salon mobil yang telah menggunakan sebuah mesin pencucian mobil yang membuat salon mobil tersebut memiliki nilai lebih di mata pengguna mobil sebagai customernya.

Inovasi jenis pelayanan pencucian mobil menggunakan semburan busa berbahan 100% wax, sedangkan Advance Ice Cream menggunakan semburan busa berbahan 100% wax, vitawax dan megawax dengan berbagai aroma buah-buahan pilihan, semuanya dapat memberikan lapisan wax secara menyeluruh untuk perlindungan warna cat.

Bagi sebagian orang, mencuci mobil adalah pekerjaan paling malas dilakukan. Biasanya, mereka lebih suka cara yang praktis, yaitu melalui jasa cuci mobil (car wash) atau salon mobil (autodetailing).

Namun, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih jasa cuci mobil atau salon mobil. Seperti kita ketahui, Indonesia punya kelembaban udara cukup tinggi. Tak heran, cukup banyak mobil terkena masalah jamur dan waterspot. Untuk mengakali hal ini, biasanya poles bodi (polishing dan waxing) menjadi solusi.

Jika Anda memilih memoles di salon mobil, pilihlah tempat autodetailing yang terbukti berkualitas. Salah satu ciri-cirinya adalah paham prosedur kerja dan produk yang digunakan. Contohnya, salon mobil tersebut menjalankan prosedur kerja multiple-step seperti 3M Paint Finishing System, dimulai dari pemeriksaan waterspot, pencucian dan pembersihan, surface reconditioning dengan memilih obat poles yang aman, dan pengerjaan secara detail dan hati-hati.

Prosedur kerja ini penting diperhatikan karena berhubungan dengan obat poles yang digunakan. Misalnya, jika kondisi bodi berjamur ringan, obat yang dipakai haruslah yang halus. Tujuannya agar yang terangkat adalah jamur, bukan catnya. Apalagi jika produk tersebut tidak punya informasi cukup tentang kandungan zat kimianya atau obat keras. Bisa jadi bukannya bersih jamur, tapi bersih cat alias terkikis. Perhatikan pula cara kerja pembersihan bagian interior mobil Anda.

Karena itu, ada baiknya Anda mengetahui cara merawat mobil khususnya bagian interior mobil. Misalnya untuk bagian plafon mobil, bersihkan plafon dengan lap yang tidak terlalu basah, sikat dan gosok dengan sedikit sabun. Setelah itu keringkan dengan mesin pengering, apabila basah bisa menyebabkan bagian tersebut lembab dan bau yang tidak sedap dan jamur.

Pada bagian dashboard, gunakan kain lembut untu menggosok permukaan dengan sedikit campuran air dan sabun cair secukupnya. Gosok secara lembut agar permukaan dashboard tidak baret atau lecet. Setelah di beri sabun , segera lap dengan kain basah agar tidak ada flek pada dashboard. Sedangkan pada jok, cara membersihkan cukup dengan vacuum cleaner atau untuk yang berbahan kulit bisa menggunakan lap basah, dan kemudian keringkan.

Lain halnya cara membersihkan karpet, lakukan pembersihan dengan menggunakan vacuum cleaner, atau bisa menggunakan sabun. Untuk pembersihan karpet lakukanlah sesering mungkin agar debu tidak terhisap blower Ac.

Ada pula inovasi dengan istilah cuci salju. Kalau pada proses kerja pertama proses pemberian sampo dilakukan secara manual, maka pada saat ini proses pemberian sampo menggunakan alat yang disebut snow wash tank, alat ini berfungsi untuk meratakan sampo keseluruh bodi sepeda motor.

Pertama snow tank diisi dengan campuran air dan sampo, kemudian dialirkan udara dari kompressor ke dalam snow wash tank sehingga campuran air dan sampo tersebut berubah menjadi buih seperti salju saat keluar dari nosel ketika disemprotkan ke bodi kendaraan.

Selanjutnya pada proses pengeringan, karena sudah ada kompressor kepalang tanggung dan biar kelihatan bonafid, maka sebelum dilap dengan lap kanebo maka bagian-bagian dari sepeda motor yang sulit disemprot dengan udara dari kompressor sehingga airnya bisa hilang dan proses pengelapan bisa berlangsung lebih cepat.

Related posts