Memulai Usaha Cuci dan Salon Kendaraan

Neraca. Melihat mobil maupun motor terawat, memang memiliki kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Baik body luar maupun dalam mobil maupun motor, pasti memberikan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya dan orang yang melihatnya. Interior mobil maupun motor sangat mendukung kenyamanan dalam berkendaran. Kemewahan bodi luar dinikmati oleh orang-orang yang melihat, sedangkan interior dinikmati oleh pemilik dalam berkendara.

Bagi Anda yang gemar dengan automotif dengan kantong modal yang cukup memadai dan memiliki jiwa wirausaha yang kuat, jangan ragu untk memulai usaha sendiri. Jangan khawatir tentang konsumen Anda nantinya, karena jumlah konsumen di Indonesia akan terus mengalami peningkatan yang besar dalam urusan mobil maupun motor seiring perkembangan jaman serta teknologi.

Karena itu perlu terobosan usaha yang lebih dari sekadar salon mobil, reparasi atau aksesoris mobil maupun motor saja. Sebuah usaha yang benar-benar didedikasikan untk memperhatikan gaya dan dandanan mobil maupun motor Anda secara menyeluruh (car detailer). Usaha seperti ini sering disebut salon mobil.

Dari perkembangan kepemilikan mobil maupun motor, memang bersalon mobil masih berpeluang bagi Anda yang sangat menjanjikan selain menawarkan jasa mencuci kendaraan. Tentu salon mobil ini butuh keseriusan dan tak bisa asal dikelola saja. Kendalikan usaha salon mobil ini dengan professional. Maka, langkah utama untk memulai salon mobil adalah mencari lahan usaha yang lokasinya ramai dan banyak dilalui kendaraan bermobil maupun motor, membentuk badan usaha, dan mencari pemasok produk polesan. 

Selanjutnya buatlah salon mobil ini, berbeda dengan salon-salon mobil yang sudah ada. Baik dari segi kualitas dan pelayanan terhadap customer. Miliki tenaga ahli yang berpengalaman dan dapat mengayomi konsumen. Dukung dengan peralatan serta teknologi mutakhir yang dapat memudahkan segalanya baik dari segi teknis dan non teknis.

Jasa yang ditawarkan oleh salon mobil adalah perawatan ekterior dan interior mobil maupun motor yang mencakup snow car wash, salon mobil specialist, paint protection; anti karat. Dari kesemua perawatan tersebut hasilnya dapat membuat mobil maupun motor mengkilap, sehat terawat dan awet. 

Andapun dapat menawarkan jasa salon mobil panggilan, untk lebih memanjakan customer anda yang karena kesibukannya, sehingga tidak sempat untk pergi menyalonkan mobil maupun motornya. Yang patut Anda perhatikan adalah mulai dari sabun yang dipakai dalam perawatan, bahan yang dipakai sebaiknya 100 persen wax mumi, dengan PH 7 dan beraroma sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan, tidak asam dan basa yang bisa menyebabkan karat dan korosi, pilihlah lap khusus, teknis pengerjaan yang teruji, terlatih dan bersertifikat akan sangat mendukung usaha Anda semakin sukses. Para pengelola salon mobil  juga telah banyak mengembangkan jenis pelayanannya dengan melihat berdasarkan kebutuhan customernya. Jenis pelayanannya ada yang bisa didapatkan dengan pilihan secara per paket ataupun pelayanan berdasarkan satu per satu jenis pengerjaa.

Contoh paket yang dibuat salon mobil itu mencakup paket pencucian plus pemolesan body secara menyeluruh, paket perawatan full untuk eksterior, interior ataupun paket kebersihan mesin. Untuk jenis pelayanan per bagian salon mobil mengklasifikasi mulai dari perawatan interior, eksterior dan kebersihan mesin. 

Pelayanan dengan paket dimaksudkan agar customer bisa mendapatkan lebih dari satu atau semua jasa perawatan mobil dari salon mobil tersebut mulai dari eksterior, interior hingga kebersihan mesin mobil. Tentunya pelayanan paket memiliki biaya yang lebih ekonomis jika dihitung satu per satu berdasarkan harga dari setiap jenis pelayanan yang ada di salon mobil tersebut.

Di Auto Bridal, paket pelayanan yang diberikan juga sangat banyak, diantaranya adalah adanya paket yang bernama full paket medical treatment. Dengan paket ini customer mendapatkan pelayanan perawatan interior, eksterior, seluruh kaca dan kebersihan mesin yang mencakup pengerjaan menghilangkan jamur pada kaca, bercak air hujan pada body, vacum cleaner untuk menghilangkan bau interior, dan pembersihan kotoran yang sulit dihilangkan yang terdapat pada mesin pun menjadi tantangan tersendiri.

Hampir setiap salon mobil juga telah menerapkan sistem membership untuk customernya. Dengan bergabung sebagai membership di salah satu salon mobil, biasanya customer akan mendapatkan potongan harga dari setiap pelayanan yang diberikan bahkan hingga bonus atau hadiah. Di Auto Bridal, customer yang menjadi membership akan mendapatkan potongan harga sebesar 20% untuk setiap jenis pelayanan perawatan mobil yang diinginkannya dan untuk bergabung sebagai member seorang customer dikenakan biaya 250 ribu rupiah untuk satu tahun menjadi member.

Dari perawatan eksterior, interior hingga kebersihan mesin, masing-masing salon mobil memiliki proses pengerjaan dengan cara, peralatan, treatment dan obat yang berbeda yang secara langsung mempengaruhi kualitas hasil dalam perawatan mobil. Pengerjaan oleh salon mobil ditangani oleh tenaga terlatih, sangat disarankan buat anda yang sibukuntuk memanfaatkan layanan ini.

Bisnis salon mobil membutuhkan kecermatan dan sedikit nuansa seni. Hitungannya bukan bersih atau tidak, rapih atau tidak, nanmun apakah hasil olahan dari tenaga terampil yang Anda miliki mampu memberi kepuasan bagi pemilik kendaraan. Karena bukan mustahil, untuk urusan mempercantik kendaraan, si pemilik dapat merogoh kocek dalam-dalam untuk terpuaskannya atas kendaraan yang disayangi.

BERITA TERKAIT

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

BERITA LAINNYA DI Peluang Usaha

Di Tengah Ancaman Boikot, Danone Terus Disoal

Nama perusahaan multinasional asal Prancis, Danone terus bikin geger. Danone dan banyak perusahaan multinasional lainnya  dikecam di seluruh dunia karena aktif…

Khong Guan Luncurkan Biscuits House di KidZania

Memperkenalkan lebih dekat lagi biskuit Khong Guan kepada anak-anak sejak dini sebagai biscuit legendaris di Indonesia, Khong Guan Group Indonesia…

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…