WIKA Bakal Terbitkan Obligasi Rp 5 Triliun

Dalam rangka mendanai ekspansi bisnisnya, PT Wijaya Karya Tbk (WIKA)berencanamenerbitkan obligasi. Dimana rencana penerbitan obligasi tersebut bakal dilakukan pada semester pertama tahun ini. “Dari penerbitan oblogasi ini, WIKA membidik dana hingga Rp 5 triliun dengan tenor 5 sampai 10 tahun,”kata Suradi Wongso, Sekretaris Perusahaan WIKA di Jakarta, kemarin.

Dijelaskannya, hasil dana dari penerbitan obligai akan digunakan perseroan untuk WIKA menutupi kebutuhan belanja modal (capex). Pasalnta, tahun ini perseroan menganggarkan capex Rp 12,02 triliun, yang akan digunakan untuk menyuntik modal bagi entitas anak dan asosiasi. Kemudian untuk aset tetap, perseroan mengalokaikan capex Rp 871 miliar, penyertaan pada entitas anak Rp 1,11 triliundan penyertaan pada entitas asosiasi Rp 2,2 triliun.

Selain itu, WIKA juga akan menggunakan capex Rp 2,3 triliun sesuai peruntukan penyertaan modal negara (PMN) dan dua paket pengembangan usaha di luar PMN dengan nilai masing-masing Rp 1,4 triliun dan Rp 3,9 triliun. Menurut Suradi, capex ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan belanja modal tahun lalu.

Selain dari obligasi, sumber dana capex WIKA adalah dana hasil penerbitan saham baru alias rights issue kuartal empat lalu. WIKA menjaring dana Rp 6,1 triliun lewat rights issue.Dimana sekitar 40% dana rights issue dipakai untuk belanja modal 2017. Lewat berbagai pendanaan, WIKA berharap bisa mengantongi penjualan Rp 25,7 triliun, di luar kerjasama operasi. Proyeksi ini naik sebesar 32,8% dibandingkan dengan target tahun lalu. Tahun ini, WIKA menargetkan laba sebesar Rp 1,2 triliun. (kon/bani)

Related posts