Mengenal Proses Laundry

Neraca. Dalam usaha laundry kiloan, ada lima tahap proses produksi, yang diawali dengan pre washing dengan spotting, yakni proses memilih pakaian yang bernoda (karena daki, keringat, dll) atau proses pembersihan noda awal.

Proses ini bila pekerja laundry akan membersihkan noda-noda yang kelihatan dan tidak dapat dihilangkan hanya dengan mencuci baju di mesin cuci. Noda-noda ini seperti noda tinta, noda darah, makanan dan lain sebagainya. Proses ini juga disebut sebagai proses perendaman pertama, dimana kita akan merendam pakaian kotor sebelum dicuci bila diperlukan.

Dalam proses pre-washing, biasanya chemical (kimia) laundry yang dibutuhkan adalah; General Spotter/Emulsifier/Oxy booster.

Pada proses washing; adalah proses pencucian dengan menggunakan detergen dan mesin cuci. Ini seperti kita mencuci biasa dengan mesin cuci, dan kemudian pakaian akan dibilas dan kemudian akan di peras (spin).

Dalam proses washing, biasanya chemical (kimia) laundry yang dibutuhkan adalah; deterjen, pelembut (softener) dan chemical tambahan, lain yang bertujuan untuk membantu proses pencucian agar lebih baik.

Namun patut diperhatikan pula proses dryer, proses ini adalah proses pengeringan pakaian. Untuk laundry yang memiliki mesin dryer maka pengeringan dilakukan di mesin dryer. Buat laundry yg tidak memiliki dryer ini adalah proses penjemuran pakaian sampai kering.

Selanjutnya proses pressing, yakni proses ini adalah proses penyetrikaan atau ironing, agar pakaian yang kering menjadi rapi dan tidak kusut akibat proses pencucian. Biasanya penyetrikaan dilakukan dengan setrika uap, setrika listrik, mesin pressing, atau steamer.

Dalam proses pressing, biasanya chemical (kimia) laundry yang dibutuhkan adalah; pelicin. Namun proses finishing ini, adalah proses packing (pembungkusan), pada saat packing biasanya pekerja laundry akan memasukan dan memilih pakaian yang telah di setrika didalam satu bungkusan sesuai dengan nota bon. Disini juga akan dilakukan scenting atau pemberian parfum agar pakaian menjadi wangi.

Dalam proses finishing, biasanya chemical (kimia) laundry yang dibutuhkan adalah, parfum laundry.

Kira-kira seperti itulah proses produksi atau pencucian laundry. Artinya, proses laundry kiloan ini adalah; Prewash (spotting atau perendaman sebelum mencuci dengan mesin), Chemical; general spotter/emulsifier/Oxy booster. Dan drying (proses pengeringan dengan mesin atau penejemuran), dengan tidak menggunakan chemical.

Lalu pressing (proses penyetrikaan dengan setrika uap atau listrik atau mesin pressing), dengan chemical berupa pelicin. Finishing (proses pembungkusan terakhir sebelum cucian diberikan kepada konsumen), dengan parfym untuk laundry.

Bisnis dengan syarat modal yang lumayan besar tidak hanya menuntut kita agar memiliki modal yang besar saja tetapi memiliki resiko yang besar juga. Jika memang harus ada investasi, bagaimana pengaturan pasokan produk untuk usaha waralaba tersebut. Apakah produk tersebut secara ekslusif dipasok oleh franchisor, berapa harganya dan bandingkan dengan harga jika dibeli tanpa melalui franchisor. Umumnya franchisor yang baik memberikan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran normal, karena skala yang dimilikinya. Jika harga dari franchisor lebih tinggi, sebaiknya tidak memutuskan pembelian hak waralaba tersebut.

Related posts