Mengelola Usaha Laundry Kiloan

Neraca. Kesibukan bekerja, kesulitan mencari pembantu rumah tangga, atau sekadar mengurangi cucian yang terkadang menumpuk, telah membuka peluang usaha laundry kiloan yang semakin menjamur dibanyak kota besar. Prospek bisnis yang cukup menarik ini, boleh jadi dapat menjadi usaha Anda.

Hanya dengan modal sekitar Rp 50 juta saja, bisnis ini sudah dapat berjalan, bahkan dengan kalkulasi 100 kg cucian/hari, bukan mustahil modal yang Anda keluarkan akan kembali dalam waktu enam bulan. Hal pertama yang harus dipikirkan adalah lokasi usaha yang tepat, tentu saja lokasi usaha laundry harus dekat dengan pemukiman, seperti tempat kos-kosan mahasiswa, rumah sewa karyawan/karyawati, perkantoran, atau pertokoan.

Anda dapat melakukan survey kecil-kecilan untuk meraba pangsa pasar, seperti profesi penduduk disekitar lokasi, umur, penghasilan rata-rata, pendidikan, karakteristik konsumen. Dengan begitu, bisa terlihat seberapa besar pangsa pasar di lokasi tersebut.

Perlu juga diperhatikan apakah di lokasi tersebut sudah ada kompetitor usaha sejenis? Jika ada, cermati kelebihan dan kekurangan kompetitor agar nantinya dapat bersaing dengan sehat. Tidak perlu sesumbar mengobral harga, lebih baik memberikan harga rata-rata dengan kualitas baik dan punya nilai tambah.

Dengan layanan standar cuci plus setrika, Anda dapat patot dengan tarif murah Rp 5.500 per kilo, atau sekadar paket jasa setrika pakaian dengan biaya Rp 3000. Ada pula program sistem out source, artinya pelanggan boleh mencuci sendiri pakaian kotor mereka dengan biaya Rp 3000 tiap setengah jam, atau sama dengan Rp 6000 per jam.

Atau tawarkan paket hemat keluarga dengan biaya sebesar Rp 250 ribu per bulan yang bisa dibayarkan setelah menerima gaji bulanan serta layanan antar-jemput, maupun pilihan bagi konsumen apakah pakaian tersebut hendak dilipat ataukah digantung.

Pada waktu awal membuka usaha laundry, Anda bisa saja tidak memerlukan karyawan karena berpikir bahwa Anda masih sanggup untuk melakukan semuanya sendiri. Namun, cepat atau lambat, Anda pasti akan merekrut karyawan sejalan dengan berkembangnya usaha Anda, pada saat itulah Anda harus mengerti bagaimana dan apa saja yang menjadi dasar Anda dalam menentukan karyawan yang cocok.

Karyawan memiliki peranan penting dalam kemajuan usaha laundry Anda. Jika karyawan Anda dapat bekerja secara profesional, maka usaha Anda juga yang akan mendapatkan nama yang baik di kalangan para konsumen. Sebaliknya jika karyawan tidak profesional maka usaha apapun yg anda jalankan akan mendapat banyak kendala dan tidak sedikit usaha yang mati akibat ulah karyawannya sendiri.

Kunci utama mendapatkan karyawan profesional adalah dengan cara mengelola karyawan. Setiap orang yg anda rekrut atau jadikan karyawan memiliki background dan pemahan berbeda-beda. Terlebih usaha laundry yang biasanya hanya memakai karyawan, yang tidak yang harus berpendidikan tinggi karena pekerjaan laundry pada dasarnya hanya membutuhkan keterampilan umum saja kecuali pada bidang-bidang tertentu.

Dengan pengelolaan pekerja maka nantinya diharapkan akan membuat usaha anda lebih teratur dan professional karena didukung oleh orang-orang yang sesuai dengan kemampuan di bidangnya masing masing dan bekeja sesuai dengan tujuan usaha Anda.

Dalam menentukan harga laundry, Anda harus memastikan tujuan Anda dalam membuat harga tersebut. Beberapa tujuan yang dapat Anda jadikan pilihan diantaranya adalah; untuk mendapatkan keuntungan, merebut pangsa pasar, menjaga kelangsungan hidup kegiatan operasional, balik modal ROI (Return On Investment), atau menjaga status quo pangsa pasar.

Jika tujuannya adalah mendapatkan keuntungan, maka anda dapat menentukan harga yang jauh lebih mahal dari biaya produksi. Sebaliknya, jika Anda bertujuan untuk merebut pangsa pasar, sebaiknya Anda membuat berbagai diskon untuk menarik minat pelanggan. Namun, Anda juga harus tahu, bahwa tidak semua orang tertarik kepada laundry Anda karena harga laundry yang murah saja. Penentuan harga yang terlalu rendah justru bisa membuat orang-orang berpikir bahwa kualitas laundry Anda hasilnya tidak baik alias murahan. Karena itu, Anda perlu membuat harga yang masuk akal dan sesuai dengan keadaan pasar.

Bisnis dengan syarat modal yang lumayan besar tidak hanya menuntut kita agar memiliki modal yang besar saja tetapi memiliki resiko yang besar juga. Jika memang harus ada investasi, bagaimana pengaturan pasokan produk untuk usaha laundry tersebut. Apakah produk tersebut secara ekslusif dipasok oleh franchisor, berapa harganya dan bandingkan dengan harga jika dibeli tanpa melalui franchisor.

Umumnya franchisor yang baik memberikan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran normal, karena skala yang dimilikinya. Jika harga dari franchisor lebih tinggi, sebaiknya tidak memutuskan pembelian hak waralaba laundry tersebut.

Laundry walaupun bidang jasanya sama namun tidak semua menggunakan mesin laundry, kimia laundry dan prosedur kerja yang sama. Untuk itu memilih waralaba laundry sekiranya didasarkan dari pengetahuan Anda dahulu. Ada beberapa teman yang kewalahan untuk menjalankan waralaba laundry padahal dia pemiliki laundry sebelumnya gara-gara sistem operasional yang berbeda. Walaupun pelatihan itu diberikan gratis, pasti ada cost yang keluar untuk melatih karyawan yang belum tentu akan terus bersama anda selama bisnis waralaba berjalan.

Related posts