KidZania Wisata Tepat Liburan Sekolah

Neraca.Saat ini lokasi wisata di Jakarta telah banyak dibuat guna memenuhi permintaan masyarakat akan tempat bermain dan berlibur dengan nyaman dan menyenangkan. Bila kita telusuri cukup banyak lokasi-lokasi khusunya di Jakarta sendiri untuk tempat berlibur dan bermain bagi anak-anak Anda. Seperti Dufan, TMII, Kebun Binatang Ragunan, dan yang terbaru dengan konsep modern adalah KidZania.

KidZania merupakan tempat bermain bagi anak-anak yang berada di dalam sebuah gedung. Dimana segala permainan bagi anak-anak tersedia. Akan tetapi, permainan tersebut layaknya sebuah Negara yang komplit dengan segala fasilitasnya. Bedanya dengan Negara asli, KidZania di mainkan oleh anak-anak. Tujuan dari adanya tempat bermain ini adalah untuk mendidik anak-anak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Segala fasilitas seperti airport tersedia dari pembelian tiket sampai pesawatnya tersedia, tetapi walau hanya miniature saja. Ternyata banyak anak-anak zaman sekarang sangat menyukai hal itu.

Jadi, konsep wisata yang dibuat oleh KidZania adalah sebuah kota yang di isi sepenuhnya oleh anak-anak. Anak-anak yang berkunjung di kota tersebut bisa bermain sesuai yang ia sukai. Selain itu, anak-anak juga dapat bekerja dan dapat di gaji dari hasil pekerjaannya itu. Para orang tua tidak perlu khawatir bila anak-anaknya tersesat, karena keamanan disanah sangat terjaga dan orang tua bisa memantau anak-anak mereka.

Menurut pihak KidZania sendiri, KidZania merupakan pusat rekreasi dengan konsep edutainment yang menarik bagi anak-anak usia 4-16 tahun, termasuk orang tuanya. Pada lingkungan KidZania, anak-anak mempunyai hak-hak dalam mewujudkan keinginannya. Seperti melakukan sesuatu, bisa mengekspresikan diri sendiri, dan mendapat kebebasan dalam memutuskan keinginan mereka. Berbagai kegiatan semua sudah dipersiapkan dengan fasilitas yang tersedia dan anak-anak tinggal memilih mana yang mereka sukai dan jalani.

KidZania sendiri merupakan tempat rekreasi berkonsep modern yang berdiri pada 1 September 1999 di Santa Fe(Mexico City) dan diberbagai Negara-negara lain di dunia. Di Indonesia sendiri, khusunya Jakarta berdiri dan diresmikan pada 24 November 2007. Setelah peresmiannya, Kota KidZania dikunjungi oleh anak-anak bersama orang trua mereka dari berbagai pelosok negeri. Memang kota anak-anak ini sangat menarik untuk dikunjungi dan bermain sesuai dengan minat yang diinginkan oleh anak itu sendiri.

Pada pintu masuk menuju KidZania, dibuat seperti bandara sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Selanjutnya anak-anak dan orang tuanya diberikan boarding pass sebagai tiket masuk dan cek senilai 50 Kidzos(mata uang yang berlaku ddi dalam KidZania). Selain itu peta kota yang menarik dan gelang yang dapat mendeteksi keberadaan pengunjung, sehingga dapat mudah dikenali oleh keamanan KidZania.

Dalam keamanan sangat terjaga dengan baik, yaitu dengan gelang pengaman yang dilengkapi antenna frekuensi dan chip id, yang hanya dapat dibuka pada saat akan meninggalkan KidZania di bagian meja imigrasi. Dari frekuensi radio ini, pengunjung dapar dideteksi keberadaannya, sehingga orang tua akan mudah mencari anaknya dan pihak keamanan akan segera menemukan keberadaan si anak tersebut. Jadi, orang tua akan merasa aman karena kegiatan anak-anak dapat terpantau.

Suasana didalam seperti sebuah kota yang megah yang dilengkapi berbagai fasilitas seperti layaknya kota sungguhan. Dielngkapi oleh pepohonan, gedung, teater, salon,, stasiun radio, percetakan surat kabar dan kantor redaksi, minimarket, termasuk rumah makan. Jalan raya yang dilengkapi oleh kendaraan seperti bus, taksi melengkapi kota KidZania. Di sini anak-anak dilatih untuk belajar disiplin, bertanggung jawab dan dapat menentukan pilihan yang disukainya. Bahkan sampai SPBU untuk mengisi BBM kendaraan pun tersedia mirip dengan aslinya.

Jadikanlah liburan bersama anak Anda berkesan dan mendidik, sehingga mereka dapat mengerti dan memahami segala resiko dalam kehidupannya nanti. KidZania adalah salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk berlibur dan bermain sekaligus untuk mendidik. Anak-anak akan banyak belajar tentang kehidupan sosial dan bermasyarakat sehingga mereka mampu bertanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya. (shiddiq/dbs)

Related posts