Pesona Alam Kawah Putih Ciwidey

Neraca. Berbagai obyek wisata tersedia di negeri ini, salah satunya adalah Kawah Putih yang berada di daerah Ciwidey, Bandung, Jawa barat. Kota Bandung memang terkenal dengan keindahan alam dan keramahan penduduknya. Keindahan alam itu salah satunya adalah Kawah Putih yang terletak di sebuah gunung Patuha yang merupakan jajaran gunung yang ada di Bandung, Jawa Barat. Dalam perjalanan menuju ke lokasi, para pengunjung akan disuguhi berbagai keindahan alam dan perkebunan. Banyak para penduduk yang menjadi petani kebun sayur dan buah-buahan, seperti kebun stroberi, wortel, kol dan perkebunan the yang mendominasi lokasi tersebut. Selain itu, berbagai pohon dan tumbuhan memberikan kesejukan dan keharmonisasian alam sekitarnya.

Pepohonan itu banyak di dominasi oleh pohon cemara dan pinus yang menjulang tinggi di sepanjang jalan yang dilewati. Kawah Putih itu berada di gunung Patuha, yang berada di atas gunung tersebut dan memiliki tinggi sekitar 2.386 meter di atas permukaan laut. Kawah yang terisi dengan air yang tampak bersih dan putih, mungkin itulah kenapa dinamakan Kawah Putih dan memang benar kawah itu tampak putih dan bersih, bahkan bila kita mengitari kawah itu, airnya pun tetap tampak bersih. Kabut putih yang sering menyelimuti kawah tersebut menjadikan lokasi itu benar-benar tampak eksotis untuk dinikmati.

Kawah Putih dapat dicapai dengan menyewa kendaraan kol bak atau dapat berjalan kaki menelusuri jalan setapak yang cukup terjal dan penuh pemandangan alam yang indah dikanan kiri jalan. Setelah sampai dilokasi kita akan berjalan beberapa menit menuju lokasi kawah. Ketika Anda telah sampai ke lokasi kawah, maka Anda akan takjub melihat keindahan kawah putih yang begitu bersih, hijau keputih-putihan. Selain itu, kita dapat menikmati kawah putih dari dekat, bahkan dapat menyentuh air kawah tersebut. Banyak orang percaya bahwa air kawah putih dapat menyembuhkan penyakit kulit. Hal itu karena air kawah itu mengandung belerang atau sulfur yang dapat mematikan bakteri dan melembutkan kulit, bila dilihat dari sisi kedokteran.

Semakin mendekati bibir kawah, maka semakin besar pula rasa takjub yang kita rasakan, seperti gambar lukisan yang nyata dalam mimpi. Kita pun dapat menyusuri bagian pinggir kawah putih, tetapi harus tetap mematuhi aturan dan larangan yang diperingatkan oleh penjaga kawah. Para penjaga obyek wisata kawah Putih, umumnya memperingatkan agar para pengunjung tidak terlalu jauh dari area bibir kawah yang terbuka dan berkeliling jauh kesikeliling kawah tersebut. Pada bagian pinggir kawah beberapa ratus meter, memang terdapat gua. Gua tersebut banyak mengandung gas yang dapat membahayakan keselamatan jiwa. Untuk mengantisipasi hal itu, para penjaga petugas kawah melarang para pengunjung untuk mendekatinya.

Dataran tanahnya juga berwarna putih yang bercampur dengan belerang, sehingga hamper menyerupai sebuah pantai. Tanah yang berwarna putih yang menghiasi lokasi kawah tersebut, menjadikan orang akhirnya menyebut kawah itu, dengan nama kawah putih. Tanahnya juga berundak-undak yang diselingi oleh pepohonan pinus dan beberapa tempat yang sama, tanahnya seperti lapangan. Warna air kawah yang kehijau-hijauan menambah kenikmatan pandangan mata dalam mensykuri kebesaran sang Pencipta. Pepohonan yang menghijau pun menghiasi lokasi tersebut menambah kesegaran mata untuk memandangnya.

Untuk areal kawah memang terbilang cukup luas dan airnya pun dapat berubah-ubah tergantung cahaya matahari. Selain itu kawah yang masih aktif tetapi tidak cikup membahayakan sering mengeluarkan asap berwarna putih. Bila asap yang keluar dari kawah tersebut sedang banyak, terkadang pandangan terbatas karena asap putih yang tebal menyelimuti kawah tersebut. Bau belerang akan sangat menyengat dari air yang bercampur belerang, yang tertiup angin. Bila bau belerang sangat menyengat dapat menyebabkan kita terbatuk-batuk. Ada beberapa area sekitar kawah yang diberi papan peringatan agar tidak mendekati areal tersebut. Seperti gua yang ada di areal kawah, yang baunya sangat menusuk hidung dan dada, sehingga para pengunjung tidak mendekati area tersebut.

Kawah Putih sangat digemari oleh para calon penantin untuk melakukan foto prewedding, karena latar belakang alam yang sangat indah dan terlihat bersih. Selain itu, banyak muda-mudi, keluarga, dan wisatawan berkunjung kesanah untuk mendapatkan kesan dan kenagangan yang indah. Keindahan yang masih lestari membuat kawah putih memiliki daya tarik untuk dikunjungi oleh orang-orang yang menginginkan suasana yang alami. Selamat mencoba dan menikmati panorama alam tersebut. (shiddiq/dbs)

Related posts