Gandeng Universitas Andalas - Mitra Kerinci Beri Kuliah Wirausaha Berbasis Digital

Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam menopang pertumbuhan ekonomi dalam negeri cukup signifikan, terlebih kekokohannya terhadap krisis ekonomi sudah sangat teruji. Maka dalam rangka menciptakan pelaku usaha muda atau enterpreneur yang tangguh menghadapi persaingan bisnis, PT Mitra Kerinci sebagai pabrik pengolahan teh Liki di Solok, Sumatera Barat yan juga anak usaha dari RNI Group belum lama ini menggandeng kerjasama dengan Universitas Andalas menggelar pelatihan wirausaha muda.

Langkah ini dilakukan perseroan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan pada dunia UMKM. Perseroan menilai di era digital saat ini, tuntutan UMKM untuk berbasis digital sangatlah mutlak dan tidak lagi bersifat konvensional. Berangkat dari situ, perseroan bersama program Magister Manajemen Universitas Andalas mengundang pakar industri kreatif digital untuk memberikan wawasan baru bagi para pelaku UMKM dan mahasiswa S1 dan S2.

Kata Sari Lenggogeni, Sekretaris Jurusan Magister Manajemen Universtas Andalas Padang, dengan menggabungkan konsep pemasaran modern pada UMKM berbasis teknik kreatif digital, diharapkan UMKM baru terus muncul dan berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi dan penyerap tenaga kerja.”Sudah saatnya anak anak muda dan mahasiswa berpikir untuk menjadi pengusaha dengan membuka lapangan pekerjaan, bukan lagi berbondong bondong melamar pekerjaan menjadi karyawan,”ujarnya dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Pada pelatihan kemarin, perseroan menghadirkan Ipang Wahid seorang pakar digital marketing comunication untuk memberikan inspirasi bagaimana mengemas iklan yang efektif dalam memperkenalkan sebuah produk. Asal tahu saja, Ipang sendiri pernah membuat iklan kopi yang hits banget di awal tahun 2000 dengan salah satu line-nya, “Pagi Donna”?.

Irfan Asy'ari Sudirman Wahid atau lebih familiar dengan Ipang Wahid merupakan salah satu tokoh periklanan di Indonesia. Sudah lebih dari 500 iklan yang Ipang buat dan sebagian besar menjadi hits pada eranya. Tidak sekedar profesional dalam pembuatan iklan, Ipang Wahid juga terkenal sebagai pakar komunikasi, branding institusi, calon kepala daerah, lembaga negara partai politik, calon presiden serta berbagai macam lainnya. Ipang Wahid saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pokja Ekraf Komite Ekonomi Industri Nasional RI.

Menurut CEO Mitra Kerinci, Yosdian Adi, Creative digital comunication juga diperlukan dalam pemasaran produk korporasi. Sejalan dengan bisnis Mitra Kerinci sebagai pengelola perkebunan teh terbesar di Asia Tenggara. “Sudah saatnya pemasaran teh juga mendekatkan pada konsep creative digital agar teh tidak lagi identik sebagai minuman gratis di rumah makan ataupun minuman orang orang tua jaman dulu,”jelasnya.

Dirinya mengharapkan, setelah acara ini diharapkan muncul para pengelola UKM yang kreatif dan dapat mengemas minuman teh di cafe cafe ataupun bagian dari wisata kuliner Sumatra Barat.  Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Dr Yuliandre Darwis, Dinas Pariwisata Provinsi, beberapa Dekan FE Universitas di Sumatera. 

Pada kuliah umum tersebut, Ipang wahid memaparkan kunci kesuksesan branding dan distrubusi iklan melalui kuliah Bukalapak.com dan beberapa contoh destinasi wisata, juga menekankan pentingnya story telling, dan penguatan appeals, copy writing yang menarik dalam memproduksi iklan seperti melalui humor, soft music dll. Selain itu dalam penentuan branding jangan asal menclaim bahasa/slogan, tapi tentukan dulu DNA dari company yang akan diangkat. (bani)

BERITA TERKAIT

Berbagi Kebahagiaan - Tower Bersama Kirim Bingkisan Lebaran Ke Panti Asuhan

Masih dalam rangkaian berbagi bulan Ramadan dan hari raya Idulfitri 1445 hijriah, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) turut berbagi…

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…