Menjangkau Lebih Luas Progam XLFL - Cara XL Mencetak 10 Ribu Calon Pemimpin

Maju dan mundurnya suatu negara ada ditangan para pemuda dan pemudinya sebagai generasi penerus. Maka tidak heran, peranan pemuda sangat penting mewarnai arah kemajuan bangsa ini. Berangkat dari situlah, PT XL Axiata Tbk (XL) bertekad untuk ikut mencetak sumber daya manusia berkualitas di masa mendatang untuk Indonesia. Melalui Program XL Future Leaders (XLFL), XL menargetkan  untuk mencetak 10 ribu calon pemimpin masa depan dalam jangka waktu 10 tahun, terhitung sejak 2012. Untuk itu, XL akan terus mengembangkan program XLFL, sehingga bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Presiden Direktur dan CEO XL, Dian Siswarini dalam siaran persnya di Jakarta, pekan lalu mengatakan, target tersebut tidak akan mudah diwujudkan. Namun XL telah bertekad kuat untuk mewujudkannya dan hal ini dinilai penting karena perseroan ingin terus berkontribusi aktif dalam mengembangkan generasi muda program sosial berkelanjutan XLFL. “Memang program ini baru bisa kita rasakan di masa mendatang. Namun selama 2 tahun mengikuti program ini, setiap peserta XLFL terus didorong untuk berpikir kritis dan diasah kepekaan sosialnya sehingga dapat mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada di sekitar mereka serta menemukan solusi terhadap permasalahan sosial tersebut dengan memanfaatkan teknologi digital yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat.”ujar Dian.

Disamping itu, lanjutnya, pihak XL juga menanamkan pendidikan dan keahlian kepada para peserta agar kelak mereka bisa mengisi posisi-posisi penting baik di Indonesia, maupun di percaturan global agar mereka dan bisa membela kepentingan Indonesia kelak. Untuk itu pula XL telah mengembangkan suatu kurikulum khusus ‘Global Thinking’ untuk diterapkan kepada anak-anak muda terpilih ini.

Dian merinci, dari target 10 ribu calon pemimpin tersebut akan dicapai dengan implementasi pengembangan Program XLFL, yaitu Program Global Thinking, Scholarship, e-Learn, serta penerapan program di SMU. Untuk program XLFL e-Learn, XL telah mengembangkannya menjadi satu-satunya platform belajar secara online yang memberikan pelatihan softskill gratis. Disebutkan, program ini menawarkan manfaat tambahan kepada masyarakat yang mengikutinya berupa sejumlah kursus dalam bahasa Indonesia dan dengan menggunakan video dan animasi.  

Selain itu, para siswa juga mendapatkan kesempatan untuk “ngobrol” dengan para pakar. Saat ini XLFL e-Learn telah mampu menarik minat tidak kurang dari 9.800 siswa aktif, yang terdiri dari mahasiswa, pelajar SMU, karyawan perusahaan, dosen, guru, hingga ibu rumah tangga. Asal tahu saja, program XLFL juga memiliki dampak yang luas khususnya dari segi penyebaran manfaat, dimana program XLFL tidak hanya dapat dinikmati oleh mahasiswa yang berada di pulau Jawa dan Sumatera, karena sejak 2014 program XLFL juga bisa dinikmati oleh mahasiswa yang berada di bagian Timur Indonesia. Hingga saat ini 55% peserta program berasal dari Pulau Jawa, dan 45% dari luar Jawa.

Sementara itu untuk program XLFL Scholarship, setiap tahun XL membuka kesempatan bagi 100 mahasiswa untuk mengisi kuota peserta program dengan sejumlah manfaat. Program ini telah berjalan sejak 2012, dan kini diikuti oleh total 500 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Sebanyak 400 peserta telah lulus dan sebagian diantaranya telah memasuki dunia kerja, termasuk di XL. Seiring dengan berjalannya waktu, program XLFL pun berkembang dan  tidak hanya berfokus pada pembangunan karakter pemimpin Indonesia masa depan, akan tetapi ikut menggali potensi yang dimiliki setiap pesertanya dengan cara mengasah kepekaan sosial mereka dan menghadirkan solusi digital inovatif dari permasalahan sosial yang ada untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…