Memilih dan Merawat Tas Kulit

Neraca. Tas dengan bahan dasar kulit, memiliki ketahanan tersendiri. Kulit binatang banyak dipakai sebagai bahan fesyen karena memiliki daya tarik tersendiri, baik karena daya tahannya maupun keunikan teksturnya. Tetapi, seringkali kita kurang paham cara perawatannya. Sayang kan, jika barang-barang kulit kesayangan Anda, seperti tas kulit cepat usang. Nah, supaya tetap tampak bagus dan awet sepanjang waktu, ikutilah cara berikut ini;

Menghilangkan Noda

Untuk menghilangkan noda pada pakaian, sepatu, topi, maupun model tas berbahan kulit dari penjual tas sebaiknya jangan menggunakan air atau penghilang noda, kecuali memang disarankan oleh produsennya. Jika ingin mencoba membersihkan noda dengan air atau penghilang noda, ujilah terlebih dahulu daya tahan model tas kulit di bagian yang tidak terlalu tampak. Lihat reaksi apa yang ditimbulkan ketika air atau pembersih noda mengenai tas bahan kulit itu. Anda bisa juga membersihkan dengan dibawa ke toko penjual tas kulit khusus yang menyediakan jasa untuk itu. Namun, langkah ini hanya boleh dilakukan tiap tiga hingga empat tahun sekali karena proses ini bisa membuat lapisan minyak pada tas kulit terkelupas.

Menghilangkan Kerutan

Tak usah terlalu khawatir jika suatu ketika Anda menemui barang berbahan kulit kesayangan Anda dari penjual tas berkerut. Sebab, nantinya ia akan kembali lagi seperti sediakala. Tapi, kalau Anda ingin merapihkannya dengan setrika, boleh-boleh saja kok, caranya, pasang setrika dengan setelan rayon dan gunakan kertas cokelat untuk melapisi sekaligus menekan bagian model tas yang akan disetrika.

Penyimpanan

Jangan lupa untuk menggantung jaket kulit dan model tas kulit Anda pada hanger lebar yang dilengkapi bantalan. Sumpallah sepatu kulit dengan shoetrees atau cabikan kertas. Isilah tas kulit Anda dari penjual tas kulit dengan kertas agar bentuknya tidak berubah. Ingat, jangan pernah menyimpan barang berbahan kulit di dalam kantung plastik atau bahan kedap udara lainnya yang bisa membuat kulit menjadi kering. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang cukup ventilasi, teduh, gelap, tidak terlalu lembab dan tidak terlalu kering.

Related posts