Pasar Es Krim Nasional Tumbuh 16 % pertahun - Glico Wings Hadirkan Dengan Cita Rasa Terbaik

 

 

 

NERACA

Jakarta –  Pasar es krim Indonesia sangat besar bahkan ditaksir mencapai 158 juta liter dan terbesar di Asia Tenggara. Ini lantaran jumlah penduduk Indonesia yang besar. Proyeksinya, hingga tahun 2018 pertumbuhan pasar es krim mencapai 240 juta liter atau rata-rata tumbuh 16%.

Perkembangan pasar di Indonesia merupakan cerminan dari pertumbuhan pasar di kawasan Asia. Dan, yang menarik dari industri es krim ini, kawasan-kawasan yang dulunya merupakan konsumen terbesar es krim sudah tergeser, sekarang ini Eropa dan Amerika bukan lagi konsumen terbesar es krim, namun Asia Pasifik lah yang terbesar. Kawasan Asia Pasifik menguasi pangsa pasar sekitar 30% dari total pasar es krim dunia, sedangkan Amerika menguasai 28%.   

Presiden Direktur GLICO WINGS, HidekazuKawashima mengatakan pertumbuhan kategori es krim di Indonesia dari tahun 2012-2015 mencapai 16% per tahunnya. Hal ini didorong oleh kondisi iklim musim panas di Indonesia yang cukup panjang di tahun 2015 lalu dan juga beberapa inovasi rasa es krim yang diluncurkan di pasar Indonesia. 

“Kunci pertumbuhan kategori es krim adalah inovasi. Selama produsen bisa memberikan inovasi yang tepat guna, konsumen pasti akan terus meningkatkan konsumsi mereka akan es krim. Populasi Indonesia yang sangat besar dimana mayoritas berusia 10 – 45 tahun menjadikan Indonesia sebagai pasar yang potensial bagi es krim GLICO WINGS.” kata dia

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat kawasan Asia Pasifik dan Asia Tenggara memiliki serapan yang tinggi dalam konsumsi es krim. Faktor mendasar adalah pertumbuhan jumlah penduduk yang diikuti dengan peningkatan daya beli di kawasan ini. 

“Terutama, di negara-negara berkembang seperti Indonesia dan Asia. Adanya perbaikan tingkat perekonomian ini menyebabkan perubahan gaya hidup dan pola makan, termasuk dalam konsumsi es krim,” kata dia.

Salah satu perusahaan produsen makanan terbesar di Jepang, EZAKI GLICO, menggandeng perusahaan FMCG lokal Indonesia ternama WINGS FOOD dalam melakukan inovasi bisnis mereka untuk memasuki pasar Indonesia. GLICO WINGS demikian nama perusahaan gabungan mereka, meluncurkan inovasi produk es krim pertama mereka di Jakarta, Rabu 16 November 2016.

EZAKI GLICO yang dikenal dengan produk mereka yang mendunia POCKY,  telah berkecimpung di industri es krim sejak 1953 dan menguasai sebagian besar pasar es krim di Jepang. Sementara itu WINGS FOOD merupakan anak perusahaan dari korporasi besar di Indonesia WINGS GROUP yang telah memulai bisnis mereka sejak 60 tahun lalu, dan menjadi perusahaan produsen dan distributor produk makanan  terkemuka di Indonesia.

Tercatat, pada 2014 lalu Bank Pembangunan Asia (ADB) menempatkan Jepang sebagai negara paling efisien dalam mengembangkan kreativitas menjadi inovasi. Jepang meraih nilai unggul pada 36 indikator yang mengukur kapasitas dan insentif untuk inovasi. Oleh sebab itu GLICO WINGS optimis produk es krim mereka dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia.

“Es Krim GLICO WINGS merupakan es krim yang diproduksi dengan teknologi Jepang serta memiliki kualitas dan cita rasa terbaik. Es Krim ini hadir dengan inovasi dari segi produk, rasa, tekstur, serta kemasan yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia. Dengan pengalaman kami memproduksi es krim di Jepang serta kekuatan distribusi lokal, kami menargetkan menjadi 3 besar produsen es krim di Indonesia pada tahun 2017.” Terang Kawashima.

Baik EZAKI GLICO maupun WINGS FOOD juga memiliki kesamaan semangat yakni memproduksi produk berkualitas dengan harga yang terjangkau. Hal ini juga diterapkan bagi es krim keluaran GLICO WINGS. “Berbagai varian es krim GLICO WINGS hadir dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga semakin banyak masyarakat yang dapat menikmatinya.” Terang Kawashima.

Perusahaan GLICO WINGS resmi beroperasi di Indonesia sejak akhir tahun 2013 dengan membangun infrastruktur berupa pabrik di Karawang dan jaringan pemasaran dan distribusi di Jakarta. Sejauh ini GLICO WINGS telah menyerap  banyak tenaga kerja professional Indonesia. 

Produk Es Krim unggulan yang diperkenalkan GLICO WINGS saat ini antara lain Waku-Waku untuk anak-anak, J Cone untuk remaja, Frost Bite dan Haku untuk dewasa. Inovasi sangat terasa pada setiap es krim tersebut antara lain inovasi rasa yang mengejutkan dengan susu kental manis yang meleleh dalam setiap gigitan Waku-Waku dan Frost Bite. 

Es Krim GLICO WINGS telah mendapatkan sertifikasi BPOM dan Halal dari MUI dan tersebar di Jawa dan Sumatera mulai tanggal  7 November 2016. Produk berkualitas ini dipasarkan dengan harga sangat terjangkau yakni mulai dari Rp. 1.000,- hingga Rp. 12.000,-.

BERITA TERKAIT

Tumbuh 41%, Rukun Raharja (RAJA) Cetak Laba USD8 Juta

Tumbuh 41%, Rukun Raharja (RAJA) Cetak Laba USD8 Juta NERACA Jakarta - PT Rukun Raharja, Tbk (IDX: RAJA) telah mengumumkan…

Pemerintah Komitmen Percepat Pengembangan Ekonomi Digital

    NERACA Jakarta – Pemerintah berkomitmen mempercepat pengembangan ekonomi digital sebagai pilar strategis transformasi Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh…

Sumber Daya Air Jadi Prioritas Pembangunan IKN

  NERACA Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan sektor sumber daya air (SDA) dan infrastrukturnya menjadi…

BERITA LAINNYA DI Ekonomi Makro

Tumbuh 41%, Rukun Raharja (RAJA) Cetak Laba USD8 Juta

Tumbuh 41%, Rukun Raharja (RAJA) Cetak Laba USD8 Juta NERACA Jakarta - PT Rukun Raharja, Tbk (IDX: RAJA) telah mengumumkan…

Pemerintah Komitmen Percepat Pengembangan Ekonomi Digital

    NERACA Jakarta – Pemerintah berkomitmen mempercepat pengembangan ekonomi digital sebagai pilar strategis transformasi Indonesia. Hal tersebut disampaikan oleh…

Sumber Daya Air Jadi Prioritas Pembangunan IKN

  NERACA Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan sektor sumber daya air (SDA) dan infrastrukturnya menjadi…