Berlibur Ke Kebun Binatang Ragunan, Jakarta

Neraca. Bagi Anda yang tinggal di Jakarta bila ingin pergi berlibur dan melihat suasana alam dan binatang yang ada di alam, tidak usah terlalu jauh ke luar kota. Cobalah cari tempat yang memenuhi criteria yang Anda harapkan. Ternyata di daerah Ragunan, Jakarta Selatan ada sebuah pusat rekreasi alam yang cukup banyak dikenal dan dikunjungi oleh berbagai masyarakat, yaitu Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan banyak dikunjungi oleh para pengunjung bersama keluarga. Umumnya keluarga, mereka sengaja pergi berlibur kesana untuk memperkenalkan anak-anak mereka dengan satwa-satwa liar atau langka, berupa bintang dan hewan. Binatang-bintang itu, ada yang liar dan ada yang jinak. Pemeliharaan hewan dan binatang diurus oleh para pawang masing-masing. Selain itu, banyak kegiatan sekolah dasar pada waktu libur mengadakan acara rekreasi kekebon bintang, yang bertujuan para murid dapat mengenal dan mengetahui satwa-satwa langka yang dilindungi.

Para murid biasanya diberikan tugas untuk mencatat nama-nama binatang tersebut, baik nama latin maupun nama lokal/Indonesia. Hal itu bertujuan agar para murid dapat mengetahui nama-nama hewan sehingga mereka dapat membedakan hewan dan binatang yang ada seperti apa. Bagi anak-anak melihat dan mengenal hewan dan binatang adalah suatu pengalaman yang berarti pada masa pertumbuhannya.

Kebon Binatang Ragunan dapat ditempuh dengan berbagai transportasi umum, atau bahkan probadi. Berbagai transpotasi umum dari berbagai terminal kota hamper semuanya memiliki trayek menuju lokasi tersebut. Apalagi, saat ini telah ada tranpsortasi missal seperti Tran Jakarta (busway) yang melewati Kuningan-Ragunan yang berhenti tepat di depan kebon binatang. Bila Anda naik busway, maka ongkos yang dikeluarkan hanya sekitar Rp.3.500, karena busway memiliki jalur sendiri, maka perjalanan Anda akan lancer dan aman sampai tujuan.

Untuk tiket masuk ke kebun binatang ragunan, bagi orang dewasa hanya mengeluarkan kocek sebesar Rp. 4.000,-, sedang untuk anak-anak hanya sebesar Rp.3000,- saja. Berbagai hewan dan binatang yang mengisi kebun binatang ini cukup lengkap. Mulai dari jenis unggas antara lain, burung merak, burung elang, burung pelican, burung kakak tua, burung, gagak dan lain-lainnya. Selain itu, juga masih terdapat hewan primata seperti kera, monyet, orang utan, malu-malu/si amang dan masih banyak yang lainnya. Binatang melata mulai dari berbagai jenis ular, dan binatang beruang madu, gajah, rusa, unta, kudanil, banteng, kelelawar. Ada juga binatang buas, seperti harimau, harimau putih, singa, buaya dan sebagainya.

Selain melihat hewan dan binatang, disana juga dapat dijadikan arena bermain dan bersantai bagi Anda yang membawa keluarga dan anak-anaknya. Fasilitas di sanah juga cukup lengkap seperti rumah ibadah/musholla dan MCK, restauran. Ada lagi yang menambah koleksi kenun binatang ragunan yaitu Primata. Loaksi itu diberi nama Pusat Primata Schmutzer dimana semua primata dari berbagai macam tempat dan habitat berbeda di tempatkan secara bersamaan di lokasi pusat primate itu. Nah, untuk melihat dan menyaksikan primata-primata tersebut Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 5.000,-. Lokasi itu di buat semirip dengan habitat asli dari primate-primata itu agar mereka betah dan nyaman sehingga dapat beradaptasi dengan baik.

Berbagai lokasi dan tempat hewan dan binatang memiliki ruang-ruang tersendiri, seperti ular python, sanca dan sebagainya. Memiliki ruang tersendiri seperti di akuarium disekat dengan kaca-kaca sehingga para pengunjung dapat dengan leluasa dan aman melihat dan menyaksikan ular yang sedang memakan tikus atau ayam.

Ada juga tempat binatang besar seperti gajah, unta, jerapa dan sebagainya yang berada dilapangan terbuka dan hanya dibatasi pagar besi dan lubang tanah sebagai aliran air untuk membatasi binatang tersebut agar tidak keluar dari lokasinya. Sangat murah bukan untuk Anda coba bersama keluarga, teman dekat sehingga rekreasi berkesan bagi Anda. Kebun binatang ragunan ini, sangat lengkap segala sarana dan prasarananya sehingga memudahkan untuk mengunjungi tiap-tiap zona. Jangan lupa bawa perbekalan yang cukup bila enggan membeli makanan dan minuman di dalam area kebun binatang.

Related posts