Pointo Sasar Korporat Pemberi Reward

NERACA

Jakarta- PT Loyalty Program Indonesia, perusahaan pengembang sistem loyalty program mengeluarkan konsep Pointo Point Xchange, platform yang dapat menghubungkan program penukaran point reward dari berbagai vendor loyalty program di Indonesia maupun Malaysia, dan Hong Kong.

CEO Pointo Point Xchange, Ari Stefanus menjelaskan, hampir semua perusahaan di Indonesia memiliki loyalty program berupa pengumpulan serta penukaran point reward. Program tersebut tentu saja menjadi salah satu strategi perusahaan dalam mempertahanlan loyalitas pelanggan mereka. Tak tanggung-tanggung, nilai floating point yang diinvestasikan perusahaan pun terhitung sangat besar.

Di perusahaan perbankan misalnya, satu bank dapat memiliki nilai floating point hingga Rp 15-20 miliar. Tiga perusahaan besar, yakni Ranch Market, Farmers Market, dan Optik Seis juga memiliki floating point sebesar Rp 5 miliar.”Target pertama kami adalah perusahaan yang memiliki program reward. Tiga-enam bulan saat launching nanti point receiver targetnya ada 150-200 brand, saat ini baru ada 40 brand. Targetnya kebanyakan perbankan, operator telekomunikasi, dan maskapai," ujarnya di Jakarta, pekan lalu.

Dijelaskannya, di dalam platform ini ada tiga pihak yang terlibat yakni point issuer, point receiver, dan Pointo sebagai point xchange. Saat ini Pointo sudah memiliki rekanan merchant penerima penukaran point reward (point receiver) yang telah juga bergabung di platformnya itu diantaranya ada Haagendaas, Garuda Indonesia, Cinemaxx, TX travel, Air Asia, Baywalk Margo City, Welcomm. Dan rekanan sebagai Point Issuer adalah Ranch Market, Farmers Market melalui TRUSTCardnya yang telah hadir, dan Optic Seis melalui Digital Card nya dan menyusul adalah Electronic Solution melalui ES Card.

Target pasar lainnya dengan dibangunnya platform ini adalah seluruh aktivitas sosial media yang menggunakan point, seperti retweet news, posting di wall facebook, love picture di Instagram, In Store Check in, semua aktivitas tersebut dapat diberikan berupa reward points, dan point-point tersebut dapat di redeem di seluruh point receiver yang berpartisipasi, sehingga akan menghemat waktu dan budget bagi mereka yang membutuhkan nilai tambah lebih bagi para member mereka.

Menurut Ari, banyaknya merchant yang menawarkan program penukaran reward point di merchant dan barang yang sama bukanlah sesuatu yang dirasa menarik lagi bagi para pelanggan. Banyaknya point reward yang ditawarkan pelanggan pun menjadi terbuang sia-sia dikala pelanggan tidak merasakan manfaat point reward tersebut dan terbuang sia sia karena tidak pernah ditukarkan atau digunakan.

Sebelumnya, Loyalty Program Indonesia telah mengembangkan sistem loyalty program sejak tahun 2008 silam. Sistem tersebut telah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan seperti Grand Indonesia, Pacific Place Mall, AEON Mall, Centro Department Store, Indomaret, Ranch Market, dan Farmers Market. (bani)

 

BERITA TERKAIT

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

Tumbuh by Astra Financial Raih 2,5 Juta Kunjungan

Pameran virtual pertama Astra Financial, Tumbuh by Astra Financial yang digelar dua pekan mencatatkan lebih dari 2,5 juta kunjungan konsumen.…

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Budaya mudik di Indonesia jelang libur lebaran selalu menyisakan masalah, khususnya potensi lonjakan volume kendaraan dan angka kecelakaan. Maka tak…

Gandeng Kerjasama Telkom - LKPP Rilis Sistem E-Katalog Versi 6.0 Yang Lebih Responsif

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transparansi dalam pengadaan barang, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia…