Bertransaksi melalui E-Tiket

NERACA-E-ticket adalah salah satu bentuk pelayanan jasa penerbangan dalam melayani calon penumpang untuk menggunakan pesawatnya dalam berpergian dengan cara cepat dan akurat. Bentuk e-ticket sangat sederhana. Apabila dibandingkan dengan bentuk tiket biasa, yang seperti kupon, dengan jumlah halaman lebih kurang 4 hingga 6 halaman, atau tergantung kondisi tujuan penumpang yang menggunakan jasa penerbangan, maka semakin sering transit dan check in, akan semakin banyak halamannya.

Untuk e-ticket bentuk tiket hanya selembar kertas yg tertera secara lengkap mulai jadwal penerbangan, tujuan tanggal serta aturan lainnya. Bagaimana jika kelebihan e-ticket? Selain mudah dan ringkas dalam memprosesnya, dan juga tercatat di data electronik di pusat perusahaan penerbangan yang kita pakai. Maka data akan valid dan akurat sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Dengan e-ticket, tidak usah bawa-bawa tiket ke airport. Apabila hilang maka bisa di print ulang dan tidak dikenakan biaya tambahan (gratis). Harga yang tertera sangat jelas, tidak seperti tiket jenis lama yang seringkali tidak terbaca tindasannya. Dan bagi maskapai penerbangan sendiri, e-ticket juga memperkecil biaya pelayanan, sehingga harga tiket juga dapat ditekan.

Untuk check in dengan e-tiket, penumpang biasanya datang ke counter check-in dan menunjukkan kode booking atau kode konfirmasi. Airlines tertentu bahkan tidak membutuhkan kode booking, selama reservasi dapat dipastikan dengan kartu identitas penumpang. Setelah reservasi telah dikonfirmasi, penumpang dapat check-in bagasi dan diberikan boardingpass.

E-ticket saat ini telah diterapkan oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesian, Air Asia, Mandala-air, Batavia air, Lion air, dan City Link. juga telah mengaplikasikan sistem e-ticket ini. Bisnis travel jaringan, memang telah menawarkan suatu jenis usaha yang sangat diperlukan oleh masyarakat, disinilah para agent yang mendaftarkan dirinya akan mendapatkan suatu penghasilan tambahan dengan memasarkan produk tiket pesawat elektronik yang dapat dijalankan oleh siapapun dan dimanapun anda berada.

Related posts