Ambruknya Jembatan-Jembatan Di Dunia

Neraca. Musibah runtuhnya jembatan di Kutai menambah daftar panjang jembatan rubuh di dunia. Insiden jembatan runtuh tertua, tercatat pada September 1297, yakni Jembatan Stirling di Skotlandia. Jembatan itu kepenuhan karena serbuan penyerang yang melintasinya, saat terjadi perang antara Inggris Raya dengan Skotlandia. Peristiwa paling mematikan tercatat terjadi pada 16 April 1850. Kala itu, Jembatan Angers atau disebut juga dengan Basse-Chaine yang menggantung 102 meter di atas Sungai Maine runtuh -- saat satu batalyon tentara Prancis berbaris di atasnya.

Sebanyak 483 tentara yang saat itu berada di atas jembatan terjatuh bersama dengan badan jembatan yang ambrol. Juga empat orang non-militer. Beberapa dari mereka berhasil diselamatkan oleh rekan sesama tentara dan masyarakat setempat. Sebanyak 226 lainnya tewas, jumlah korban luka tak diketahui. Ini adalah jumlah korban terbanyak dalam musibah runtuhnya jembatan.

Apa yang menyebabkan jembatan Anger runtuh kala itu? Rubuhnya jembatan yang dibangun antara tahun 1836-1839 itu, diduga disebabkan kombinasi beban dinamis akibat badai dan derap langkah prajurit. Juga diduga disebabkan korosi jangkar pada kabel utama. Jangkar kabel yang diyakini bakal tahan dalam waktu lama ternyata sangat rentan.

Runtuhnya jembatan gantung yang mematikan juga terjadi pada 2 Mei 1845. Kala itu, Jembatan Yarmouth rubuh, menewaskan 79 orang. Diyakini penyebabnya, gara-gara orang yang berkerumun di atas jembatan untuk melihat pertunjukan sirkus. Jembatan itu kelebihan berat.

Tragedi juga menimpa jembatan gantung, Chinchu di Nepal. Pada 25 Desember 2007, jembatan yang kelebihan muatan runtuh. Sebanyak 19 orang tewas akibat musibah itu, 15 lainnya dinyatakan hilang.

Pada tanggal 14 Agustus 2010, jembatan Gungahlin Drive Extension di Canberra, Australia, mendadak runtuh. Meski tak ada korban tewas, namun ambruknya jembatan ini membuat 15 pekerja terluka.

Jembatan Myllsilta di Turku, Finlandia runtuh pada 6 Maret 2010 dan tak ada korban jiwa atau terluka. Pada Juni-Juli tahun yang sama, jembatan ini terpaksa dihancurkan. Penyebabnya, jembatan tertekuk 143 cm karena kesalahan struktur di kedua dermaganya.

Jembatan Kota Chambal di Kota, India, rubuh pada 25 Desember 2009. Sebanyak 9 orang tewas dan 45 hilang. Jembatan ini runtuh saat sedang dikonstruksi. Jembatan suspensi Tarcoles di Orotina, Kosta Rika runtuh pada 22 Oktober 2009. Jembatan yang dibangun pada 1924 ini keberatan muatan, karena sering dilintasi truk serta ada pipa air melintang di atasnya. Lima tewas dan 30 terluka, jembatan rusak total.

Jembatan San Francisco-Oakland Bay yang menghubungkan kedua kota di California, pernah ambruk pada 27 Oktober 2009. Penyebabnya justru kesalahan setelah perbaikan. Satu orang terluka dan tak ada yang tewas dalam insiden tersebut. Kemudian, Jembatan Kutai Kartanegara kini menambah panjang deretan runtuhnya jembatan gantung di dunia.

Related posts