Wisata Goa Kawasan Tinggi Dieng

Neraca. Ada tujuh goa yang berada di atas dataran tinggi Dieng, yang masing-masing memiliki nama diantaranya goa semar, petruk, gareng, dan beberapa lagi yang merupakan goa hasil dari bentukan alam. Luas Dataran Tinggi Dieng 619,846 hektar, dikelilingi gugusan gunung antara lain Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Perahu, Gunung Rogojembangan serta Gunung Bismo. Keindahan Dieng tidak bisa disangkal lagi karena memiliki magnetis alam yang begitu menawan dan menawarkan suatu harmonisasi alam yang terasa hidup dan selaras. Banyak yang bilang bila para pengunjung yang datang dari arah Wonosobo dapat menyaksikan dua kali matahari terbit. Matahari yang bersinar putih bercahayakan emas kemilau dan matahari bersinar keemasan yang menawan.

Selain itu, kawasan dataran tinggi Dieng memiliki goa yang terbentuk dari alam akibat letusan gunung Dieng saat itu. Antara lain Gua Semar, Gua Sumur dan Gua Jaran. Untuk mengenali goa tersebut, para pengunjung dapat mengetahui langsung nama gua itu berdasarkan arca Semar yang berada di depannya. Menurut cerita pewayangan, Semar merupakan salah satu orang resi/pertapa atau yang disebut punakawan yang dianggap paling bijaksana dalam menghadapi permasalahan dunia/masyarakat. Asal nama Gua Semar karena banyak penduduk setempat percaya bila gua ini dijaga oleh Eyang Semar, menurut cerita para orang tua mereka.

Kepercayaan itu, ternyata membuat beberapa orang melakukan semedi, menyendiri, tirakat, yang bertujuan untuk mendapatkan wangsit atau bisikan gaib tentang suatu keinginan. Akhirnya, banyak orang melakukan ritual tersebut demi meminta petunjuk kepada yang maha kuasa. Tetapi karena khawatir terjadi penyimpangan keyakinan kepada Allah yang maha kuasa, oleh pemerintah setempat goa itu ditutup untuk umum. Jadi saat ini sudah tidak lagi dapat ditemui orang yang sedang bersemedi didalam goa itu.

Konon kabar pernah ada tokoh negara yang sempat bersemedi di dalam goa tersebut sebelum menjadi seorang pemimpin. Akan tetapi, itu hanya perkataan beberapa orang saja yang sempat mengetahuinya. Dahulu sebelum goa semarang dikerangkeng/ditutupi oleh pagar besi, banyak orang bersemedi di dalam gua ini, baik laki-laki atau perempuan dengan tujuan menginginkan kesuksesan dan keselamatan. Terlepas dari itu semua, goa semar menyimpan berbagai misteri didalamnya dan menjadi daya tarik untuk menjadi tujuan wisata Anda.(shiddiq)

Related posts