free hit counter

"Robohnya Jembatan Kami"

Sabtu, 03/12/2011

Beberapa hari yang lalu, berita mengejutkan muncul yaitu robohnya jembatan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Robohnya jembatan itu memakan korban hingga ratusan orang. Ada pertanyaan yang hingga kini belum terjawab, ‘Kenapa jembatan yang baru di bangun 10 tahun bisa roboh?’.

Neraca. Robohnya Jembatan Kutai-Kertanagara (Kukar) yang melintasi Sungai Mahakam memicu kecurigaan dari DPR. Pasalnya, usia teknis jembatan tersebut terlalu pendek hingga mengalami peristiwa tersebut. Wakil Ketua Komisi IX Harry Azwar mengatakan itu dalam Konsultasi Publik: "Kebijakan Perimbangan Pusat-Daerah yang Transparan dan Akuntabel" di Hotel Alia, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa(29/11).

Harry mendesak agar aparat segera mengungkap penyebab kejadian itu dan selanjutnya menyelidiki proses pembangunan jembatan yang sarat korupsi. Ia membandingkan konstruksi Jembatan Ampera di Palembang yang hingga kini masih dalam keadaan baik dan aman digunakan. "Bandingkan dengan Jembatan Kukar itu, baru 10 tahun sudah rubuh," ucapnya.

Rubuhnya jembatan itu membuat beberapa perusahaan konstruksi yang ikut membangun jembatan itu terseret-seret, di antaranya BUMN PT Hutama Karya Persero (HK). Namun, hal itu langsung ditepis Menteri BUMN Dahlan Iskan. Di Jakarta, ia menegaskan desain jembatan Kukar tidak dikerjakan oleh HK.

BUMN konstruksi tersebut, kata dia, hanya bertindak sebagai konstruktor proyek tersebut. "Setahu saya, desain itu bukan dibuat oleh Hutama Karya, melainkan pihak lain," kata Dahlan usai mengisi acara sebuah seminar di Jakarta.Next