Heinz ABC Peduli Dhuafa

Neraca. Pada bulan Ramadhan lalu Heinz ABC menyelenggarakan kembali “ABC Dapur Peduli 2011”, yang merupakan program tahunan yang telah dilaksanakan pada tiap tahunnya. Acara itu digelar untuk memberikan semangat dan dorongan kepada kaum ibu untuk peduli dan berbagi kepada sesame, terutama kaum dhuafa. Heinz ABC merupakan penyedia kecap terkemuka di Indonesia, memberikan kesempatan kepada para ibu khususnya di Jakarta dan Bandung untuk berpartisipasi menyediakan 100.000 paket makanan kepada kaum dhuafa sepanjang bulan puasa yang penuh berkah.

Program yang dilaksanakan oleh Heinz ABC mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, seperti Dompet Dhuafa, da`i muda ustadz Sholeh Mahmud, pakar kuliner Yeni Ismayani dan beberapa public figure lainnya. Mereka bukan hanya meramaikan acara tersebut, tetapi memberikan motivasi yang penuh semangat dalam menyalurkan bantuan tersebut hingga kepada kaum dhuafa. Tentu saja, hal itu membuat kegembiraan dihati para dhuafa karena perhatian yang penuh kasih terhadap diri mereka.

Heinz ABC merupakan satu perusahaan yang cukup besar dan telah memberikan warna kehidupan dalam hajat kehidupan untuk memberi rasa yang sedap pada makanan. Kiprahnya sebagai perusahaan penyedia kecap nasional sudah tidak disangsikan lagi terutama oleh kaum ibu yang sering berhubungan dengan bumbu masak dan penyedap makanan. “Kecap ABC telah berkiprah dari 1975 dan akan terus memberikan rasa yang sedap di Indonesia kedepannya. Salah satu program kami, “ABC Dapur Peduli” adalah komitmen kami yang bertujuan memberi wadah kepada para ibu untuk berbagi kepada sesame dan yang membutuhkan pada bulan puasa. Kami gembira program ini mendapat sambutan yang hangat dari berbagai pihak,” menurut Hari Widyo, Human Resources Director, PT.Heinz ABC Indonesia.

Hari menambahkan, program ini dimulai dengan membagikan lebih dari 100.000 paket makanan kepada kaum dhuafa selama bulan puasa yang penuh berkah ini, diseluruh wilayah Jabodetabek dan Bandung. Semoga para ibu dapat terinspirasi dan dapat memperluas jangkauan bantuannya kepada kaum dhuafa di tempat lainnya. Karena masih banyak saudara-saudara ditempat lainnya yang membutuhkan bantuan.

Selain itu, kecap ABC juga memiliki program bagi para konsumennya untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial ini, yaitu dengan membeli kecap manis ABC selama Ramadhan, maka konsumen telah ikut mendistribusikan paket 100.000 makanan untuk kaum dhuafa, yang disisihkan beberpa persen dari hasil penjualan. Juga bisa berpartisipasi melalui akun facebook, dan twitter. Jadi dengan menjadi fans dan follwer pada jejaring sosial ”ABC Peduli Dhuafa” maka mereka dapat berpartisipasi dalam program ini.

Acara itu dibuka sebagai awal dimulainya program ”ABC Peduli Dhuafa” dengan menyertakan sekitar 50 karyawan sebagai sukarelawan Heinz ABC dan sekitar 150 dari para ibu majelis ta`lim untuk bersama dalam memasak makanan sebagai menu buka puasa. Menariknya menu tersebut telah melalui pengawasan dan pengaturan dari ahli tata boga profesional, Yeni Ismayani di mesjid Sunda Kelapa, Menteng. Selanjutnya makanan tersebut yang berjumlah sekitar 1000 paket akan dibagikan kepada 1000 kaum dhuafa. Jadi selama bulan puasa hingga lebaran, ABC Dapur Peduli 2011 secara bertahap membagikan 86.000 paket makanan di sekitar Jakarta.

Lalu, 13.000 makanan yang disebar hingga ke Bandung serta 5.000 paket makanan berdasarkan sumbangan konsumen melalui Facebook atau twitter. Jadi jumlah keseluruhan bantuan itu sekitar 105.000 paket makanan. ”Program ”ABC Dapur Peduli” merupakan saranan untuk masyarakat ikut berpartisiapasi, terutama kaum ibu untuk berbagai menyebarkan kebaikan kepada sesama manusia yang membutuhkan dan sesuai dengan nilai pandangan religius islami, dan juga sejalan dengan visi misi Dompet Dhuafa. Dompet Dhuafa merupakan lembaga swadaya masyarakat yang memfokuskan pada pengelolaan zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf secara profesional. Bentuk dari dukungan kami, menyediakan data lokasi kaum dhuafa hingga partisipasi aktif tim kami dalam menyalurkan 100.000 paket makanan yang disediakan oleh ABC Dapur Peduli kepada para dhuafa,” menurut Ismail Agus Said, Presiden Director, Dompet Dhuafa.

Selain itu, acara itu diramaikan oleh berbagai kalangan profesional mulai dari selebritis, da`i atau ustadz dan sebagainya. Hal itu memberikan kesan yang meniadakan sekat antara si miskin dan si kaya sehingga acara itu berjalan khidmat. Kegembiraan itu terlihat dari wajah yang tersenyum dan bergembira dari kaum dhuafa karena telah mendapat perhatian yang baik. Semoga program yang dapat membantu kaum dhuafa dapat lebih ditingkatkan lagi sehingga kaum dhuafa yang saat ini, esok telah mampu menjadi donatur bagi yang lainnya. (shiddiq/dbs)

Related posts