HUT TupperWare Adakan Donor Darah

Neraca. Darah merupakan sumber kehidupan bagi setiap makhluk berdarah panas, termasuk manusia. Di dalam darah terdapat berbagai kandungan yang merupakan nutrisi, vitamin, mineral dan berbagai zat penting lainnya. Fungsi darah merupakan penyalur berbagai makanan yang sebelumnya telah dicerna dan diolah menjadi zat-zat kecil dan dialirkan keseluruh jaringan dan organ tubuh. Bukan hanya itu saja, darah juga berfungsi untuk mengalirkan udara atau oksigen ke dalam tubuh secara sempurna.

Kalau kita pernah mendengar slogan ’setetes darah dapat memberi kehidupan’ hal itu dikarenakan fungsi darah yang sangat penting dalam proses respirasi di dalam tubuh untuk membakar oksigen menjadi zat yang berguna sebagai pembakaran enzim-enzim. Dari proses pembakaran oksigen di dalam darah mengalir keseluruh tubuh setelah melalui jantung sebagai pompanya. Di dalam jantung terdapat dua katup untuk memompa darah sehingga mengalir keseluruh tubuh.

Betapa pentingnya darah sehingga orang yang kekurangan darah dalam tubuhnya akan mengalami lemas, dan bahkan kematian. Hal itu karena darah merupakan unsur yang merupakan respirasi di dalam tubuh yang mengalirkan makanan keberbagai jaringan dan sel, sehingga tubuh dapat bergerak dan beraktifitas. Seperti telah diketahui bahwa di dalam darah terkandung berbagai vitamin, mineral, nutrisi dan zat -zat lainnya yang berguna.

Lalu bila tubuh mengalami kekurangan darah karena sebab penyakit atau faktor kecelakaan, tentunya orang itu akan mengalami kelemasan dan bahkan kematian bila tidak segera diberikan darah yang cukup di dalam tubuhnya. Bila pada penderita leukimia/kekurangan darah karena faktor kurangnya beberapa unsur vitamin pembentuk darah sehingga daya serap oksigen kedalam tubuh tidak mampu diproses secara baik dan benar. Akibatnya penderita leukimia sering mengalami lemas, lesu, tidak nafsu makan bahkan sering pingsan yang akhirnya melemahkan jantung.

Belum lagi pada orang yang mengalami kecelakaan dan kekurangan darah, sangat memerlukan darah untuk segera ditransfusi sehingga tubuhnya dapat normal kembali dengan cepat. Banyak para pengendara atau pekerja tekhnik yang mengalami kecelakaan ketika bekerja yang menyebabkan luka dan mengeluarkan banyak darah, sehingga bila tidak segera ditolong akan mengalami kematian. Hal itu sebelumnya banyak terjadi, tetapi kini pihak Rumah Sakit dan palang merah Indonesia berusaha memberikan solusi dengan menerima sumbangan donor darah, yang akan disalurkan keseluruh rumah sakit yang membutuhkan.

Untuk itu pihak kedokteran dan rumah sakit bekerja sama dengan berbagai intansi yang mendukung adanya donor darah. Pada acara Ulang tahun Tupperware 2011 ini, dari pihak mereka mengadakan acara donor darah untuk menolong saudara yang membutuhkan. Mereka menyadari bahwa dengan donor darah dapat memberikan bantuan yang luar biasa kepada orang-orang yang membutuhkan, walaupun kita tidak mengenalnya. Edukasi kesehatan ini juga memberikan penyadaran bahwa bila kita menjadi donor darah, darah kita tidak akan habis, tetapi orang yang sering mendonorkan darahnya pada jangka waktu tertentu akan memberikan dampak yang positif bagi si pendonornya. Selain itu, acara tersebut merupakan tanggung jawab Tupperware kepada masyarakat untuk berupaya memberikan layanan sosial yang bermanfaat.

Acara tersebut juga dihadiri oleh istri mantan gubernur DKI Jakarta, bang Yos bersama salah satu pejabat anggota DPR/MPR yang telah melakukan donor darah sebanyak lebih dari 80 kali menjadi penyumbang donor darah. Di sini, mereka mengingatkan bahwa kepedulian terhadap sesama manusia dapat diwujudkan dengan banyak hal, salah satunya donor darah. Menjadi pendonor merupakan tindakan yang mulia karena dapat memberi pertolongan kepada orang lain dan memberikan kehidupan lebih lama bagi si penerimanya.

Bu Yos, menambahkan bahwa pentingnya menjadi sukarelawan donor darah merupakan sifat yang baik dan terpuji karena dapat bermanfaat bagi kehidupan orang lain, pada sambutan acara donor darah di hari ulang tahun TUPPERWARE. Pihak perusahaan melakuakn acara tersebut untuk mengajak kepada elemen masyarakat untuk menjadi pendonor darah agar hidup sehat. Donor darah yang dilakukan melalui transfusi ini, disesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh pendonornya sehingga bila orang itu dalam kondisi kurang sehat dan tidak memenuhi kriteria tersebut. (shiddiq)

Related posts