Lewat Olahraga Basket - Mengenalkan Kebaikan Susu Sejak Dini

Men sana in corpore sano adalah sebuah kalimat bahasa latin yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Kalimat ini sudah familiar bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Namun menjaga saja tidak cukup tanpa ada asupan gizi yang baik. Oleh karena itu, betapa pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi, khususnya bagi anak dalam membentuk kualitas anak yang sehat dan aktif. Ironisnya, pemenuhan gizi bagi anak masih menjadi persoalan bagi bangsa ini.

Menurut Pusat Penelitian Pengembangan Gizi, kurangnya gizi pasti mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Anak penderita gizi buruk biasanya akan mengalami penurunan IQ sebesar 11–13 poin. Parahnya, kondisi tersebut tak bisa diperbaiki sampai kapan pun karena perkembangan otak yang paling pesat hanya berlangsung hingga anak berusia dua tahun. Disebutkan dari 230 juta penduduk di Indonesia, sekitar 10% atau 23 juta jiwa masuk kategori balita. Dimana dari sekitar 23 juta balita, 2–3% di antaranya terdiagnosa menderita gizi buruk.

Gizi buruk jelas bisa menghambat pertumbuhan fisik dan otak secara optimal. Saat anak mulai memasuki usia sekolah, biasanya dia akan terlihat lesu, rewel, malas sekolah, sulit menangkap dan mengingat pelajaran, serta sering tidak masuk sekolah karena sakit. Selain itu, anak yang buruk gizi akan tertinggal perkembangan dan kecerdasannya dibandingkan anak lain. Si anak juga berpotensi menjadi kurus dan sangat pendek. Kalau sudah begini dan tak ada langkah untuk memperbaikinya, bakal tercipta generasi berkualitas rendah yang tidak produktif dan tak mampu bersaing di masa depan. Bahkan generasi ini bisa saja menjadi beban sosial dan ekonomi bagi keluarga atau masyarakat.

Sekali lagi, pentingnya memenuhi gizi anak dengan konsumsi makanan sehat dan mengenalkan olahraga sejak dini. Berdasarkan South East Asian Nutrition  Surveys (SEANUTS) mengenai status gizi anak ditemukan sekitar 25% anak di perkotaan dan hampir 40% anak di pedesaan memiliki tinggi badan yang terbilang pendek dibandingkan dengan standar dari WHO. Besarnya angka kekurangan berat badan maupun tinggi badan disebabkan kekurangan vitamin D dan rendahnya aktivitas fisik. Tidak hanya itu, adanya hubungan antara gaya hidup aktif dan diet sehat juga mempengaruhi.

Berangkat dari sinilah, PT Frisian Flag Indonesia sebagai produsen susu ternama di Indonesia menggelar kampanye  Drink, Move, Be Strong. Drink, mendorong anak-anak untuk minum sedikitnya segelas susu setiap hari, kampanye ini bermaksud untuk mengedukasi mengenai segala kebaikan susu dan menjadikan susu bagian dari gaya hidup sehat anak-anak.

Andrew Feriawan Saputro, Head of Corporate Affair PT Frisian Flag Indonesia mengatakan, anak di usia pertumbuhan sangat membutuhkan asupan gizi seimbang, salah satunya dengan minum susu dua gelas sehari dan mengkonsumsi makanan gizi seimbang.“Kami ingin mengajak anak Indonesia untuk ikut dalam gerakan Drink Move Be Strong, sehingga anak-anak tidak lagi mengalami kekurangan vitamin D. Caranya dengan minum susu, makan makanan gizi seimbang dan jangan lupa bergerak aktif,” ujarnya.

Gandeng Jr.NBA

Kemudian Move, Frisian Flag Indonesia untuk ketiga kalinya menjalin kerjasama dengan Jr.NBA, program berskala regional mendorong anak-anak menjalankan gaya hidup sehat dan aktif melalui olahraga rutin dan bermain. Tahun ini, Jr. NBA memperluas jangkauannya ke lebih dari 200 sekolah di Indonesia dengan klinik basket di Surabaya, Bandung dan Jakarta. Disebutkan, program pelatihan Jr. NBA 2016 ini terbuka untuk anak-anak mulai dari usia 5 tahun hingga 14 tahun.

Selanjutnya Be Strong, kata Andrew, dimaksudkan pendekatan holistic yang menyeimbangkan asupan gizi, aktivitas fisik dan bermain untuk mendorong perkembangan anak serta mengoptimalkan masa depan anak. Melalui kampanye tersebut, Andrew berharap tidak ada lagi anak-anak Indonesia yang mengalami berat badan yang kurang dari normal maupun berlebih.

Menurutnya, pertumbuhan anak-anak tidak akan optimal jika tubuhnya tidak menerima asupan gizi yang cukup. Hal ini tentunya perlu mendapat perhatian khusus dan usaha yang serius demi mendapatkan masa depan yang lebih sehat. Oleh karena itu, budaya minum susu diyakini mempunyai banyak manfaat untuk meningkatkan kualitas masa depan anak-anak.

Sementara Francesco Suarez, Vice President Global Marketing Patherships, NBA Asia mengatakan, hadirnya Jr. NBA memberikan dampak positif bagi kehidupan anak-anak, orang tua dan pelatih basket Indonesia.”Bersama dengan Frisian Flaq, kami berkomitmen untuk menyediakan lingkungan beraktivitas yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak Indonesia dan juga mengajarkan mereka tentang nilai-nilai positif dari olahraga dan manfaat dari asupan gizi yang baik.”ujarnya.

Asal tahu saja, komitmen Frisian Flaq mengajak anak-anak membiasakan minum susu dalam upaya memenuhi asupan gizi juga tidak pernah absen dalam berbagai bentuk aksi nyata. Selain program kompetisi basket dengan label Jr.NBA juga menggelar program edukasi tentang jajanan sehat dan asupan gizi yang baik yang dikemas dengan judul Gerakan Nusantara dengan merangkul anak-anak di 500 Sekolah Dasar di Indonesia.

Tak ayal, melalui kampanye tersebut Frisian Flag Indonesia pun berusaha membangun reputasinya sebagai brand yang aktif menginisiasi gaya hidup sehat, bukan sekedar merek yang memberi asupan gizi.




BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…