Kelas Menengah “Tumpuan” Ekonomi Indonesia

NERACA

Jakarta- Prediksi Bank Dunia yang memperkirakan kelas menengah Indonesia tumbuh mencapai 240 juta dari 330 juta penduduk nasional per tahun hingga 2030. Kelas menengah ini naik 57% dari total populasi nasional (2010) menjadi 78% pada 2030. “Kelas menengah ini adalah penduduk yang berpenghasilan 2-20 dollar AS per hari. Bahkan pertumbuhan kelas menengah ini menjadi tulang punggung bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Ekonom Standard Chartered, Eric Alexander Sugandi kepada wartawan di Jakarta,24/11

Dengan ini, kata Sugandi, Indonesia diprediksi mampu menjadi perekonomian terbesar keenam pada masa super-cycle tahun 2025-2030. Super-cycle sendiri merupakan suatu periode di mana perekonomian dunia tumbuh cepat sebagai dampak dari kombinasi beberapa faktor, misalnya saja kemajuan teknologi dan sumber daya alam. Dalam periode ini, Eric menyebutkan, ekonomi Indonesia diperkirakan bisa berada di bawah Amerika Serikat, India, Brasil, dan Jepang.

Di antara jumlah tersebut, Eric menjelaskan, kelas menengah-menengah yang berpenghasilan 6-10 dollar AS per hari dan kelas menengah-atas yang berpenghasilan 10-20 dollar AS per hari akan mengalami pertumbuhan terbesar dibandingkan dengan kelas menengah-bawah yang berpenghasilan 2-6 dollar AS tambahnya (24/11).

Pertumbuhan kelas menengah ini diperkirakan akan mendorong pertumbuhan konsumsi. Sekarang ini, sebut dia, konsumsi rumah tangga mengambil porsi 56 persen dari PDB. Jadi, dengan pertumbuhan kelas menengah ini, maka konsumsi rumah tangga diperkirakan juga akan tumbuh. "Peran kelas menengah dalam pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari pertumbuhan permintaan pada barang, seperti mobil, motor, kartu kredit, housing, apartemen.

Pertumbuhan konsumsi ini juga didorong oleh prediksi kenaikan PDB per kapita nominal dari 2.977 dollar AS pada tahun 2010 menjadi 28.600 dollar AS pada 2030. Namun, angka itu bisa terwujud, terang Eric, jika pertumbuhan ekonomi dalam tingkat yang terkendali sebesar 7 persen per tahun, inflasi 5%-6% dan rupiah berada dalam rentang 7.000-8.000 dalam 20 tahun ke depan.

Peningkatan jumlah kelas menengah ini diyakini memberikan tambahan dukungan bagi permintaan dalam negeri dan pertumbuhan di masa depan. Konsumsi dalam negeri yang tinggi menjadi faktor utama ketahanan negeri ini saat krisis keuangan tahun 2008. Konsumsi yang naik sekitar 4,6% pada 2010 dan 4,9% pada 2009 berada di balik pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tetap positif.

Dari sisi fundamental, Bank Pembangunan Asia (ADB) juga memuji Indonesia. Negeri ini disebut satu-satunya dari negara anggota ASEAN-4 yang diprediksi bakal lebih stabil dengan dorongan kuat dari sisi permintaan sehingga mampu tumbuh 6,4% (2011) dan 6,7% (2012). Anggaran utang pemerintah terhadap PDB di bawah 30% juga dinilai masih masuk akal bagi penguatan perekonomian.

Sebagai tujuan investasi, Indonesia saat ini dinilai lebih menarik dibandingkan China dan India sekalipun. Kedua negara itu dianggap sudah mengalami masa pemanasan berlebihan karena pengembangan infrastruktur dan sektor riil lainnya semakin kecil. Indonesia har us mampu memanfaatkan kondisi kurang menguntungkan kalau tidak mau disebut cenderung mengkhawatirkandi kawasan Eropa dan AS. **wawan

BERITA TERKAIT

Bank Dunia Proyeksikan Perlambatan Ekonomi Asia Timur dan Pasifik

      NERACA   Jakarta - Laporan terbaru Bank Dunia memproyeksikan adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang Asia…

Pelabuhan Sebagai Pintu Gerbang Ekonomi Nasional

    NERACA   Jakarta - Sebagai Negara kepulauan, Indonesia menyimpan potensi besar terlebih letaknya yang strategis karena berada di…

Dewan Kayu Indonesia Bakal Dibentuk Demi Tingkatkan Ekspor

NERACA Jakarta – Sedulur Kayu dan Mebel (Sekabel) Jokowi siap membentuk Dewan Kayu Indonesia atau Indonesia Timber Council (ITC) sebagai…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Avnos Pindahkan Kantor Pusatnya Ke Indonesia - Jadikan Pasar Prioritas

      NERACA   Jakarta - Startup cybersecurity, Avnos memindahkan kantor pusatnya dari Singapura ke Indonesia. Menurut CEO dan…

Hiip Asia Ekspansi ke Indonesia

    NERACA   Jakarta - Untuk memperluas pasar global, Hiip Asia melakukan ekspansi dengan merambah pasar Indonesia. Hiip Asia…

Enam Masalah Pemicu Krisis Penyelenggaraan Haji

      NERACA   Jakarta - Staf Khusus Menteri Agama Bidang Komunikasi dan Informasi Kementerian Agama (Kemenag) Hadi Rahman…