Menilik Jasa Event Organizer

Neraca. Setiap acara merupakan moment berharga, baik itu yg berhubungan dgn pekerjaan maupun hal-hal yg bersifat pribadi seperti memperingati hari lahir, wedding, bahkan untuk sebuah hari kematian. Nah untuk memastikan semua acara berjalan lancar dan sukses, kadang Anda membutuhkan sebuah layanan jasa Event Organizer (EO).

Langkah pertama, sebaiknya pemilihan event organizer berdasarkan fasilitas dan produk yang ditawarkan EO dan kebutuhan Anda sebagai klien. Seperti Miceproduction dengan fasilitas Exhibition, Event Managemenet, Product Launching, Advertising, Gathering, atau Stand Decoration.

Dan sudah menjadi tugas seorang EO, untuk dapat mengelola mice production. Yakni menkonsepkan suatu acara, mengatur, dan melaksanakannya. Berdasarkan kerja jasa EO, dikenal tiga tahapan dalam mengelola sebuah acara, yang patut Anda ketahui bila ingin menggunakan jasa EO dalam mensukseskan perhelatan Anda.

Pertama, bagaimana sistem kerjanya dalam merencanakan event Anda. Kedua, dengan memakai jasa EO, berarti Anda menyewa orang untuk bekerja kepada Anda. Pertanyaan yang seharusnya Anda berikan kepada EO, adalah apa latar belakangnya dan event apa saja yg telah dikerjakan event organizer itu.

Ketiga, ketahuilah apa kebutuhan Anda. Model event seperti apa yang Anda inginkan? Siapakah market target atau audience Anda? Berapa budget yang Anda sediakan? Apa yang diinginkan oleh perusahaan atau intitusi Anda di event nantinya, dan target seperti apa yang Anda inginkan? segudang pertanyaan itu, akan terjawab bila Anda memiliki keberanian untuk mempertanyakan pada EO yang Anda andalkan dalam mengawal acara yang akan Anda gelar.

Karena itu adalah sangat penting untuk mengenal karekteristik, fasilitas maupun system kerja dari sebuah EO. Jika kita mengenal kriteria-kriteria tersebut tentunya akan mempermudah memilih jasa EO apa yg akan kita gunakan nantinya.

Semisal sebuah perayaan ulang tahun yang merupakan moment yang ditunggu bagi anak-anak. Selain mengungkapkan rasa syukur untuk hari kelahiran anak, tentunya juga momen yang sangat menyenangkan bagi si anak-anak. Bagi sebuah EO, untuk mengelola sebuah acara perayaan ulang tahun, maka mereka umumnya mengklasifikasikan model acara berdasarkan usia.

Untuk anak berusia 1-3 tahun, mereka cukup merayakannya secara sederhana, dengan membuat atau membeli kue tart yang di desain semenarik mungkin, kemudian undang teman-teman di sekitar rumah. Lain halnya dengan anak usia 4-5 tahun, membuat dekorasi sederhana dengan balon dan kerats warna-warni agar pesta terlihat meriah menjadi salah satu ukuran keberhasilan acara. Undang teman-teman sekitar rumah, dan adakanlah permainan baik berupa tebak-tebakan atau pun game lain yang membuat acara ulang tahun semakin berkesan bagi anak-anak yang hadir.

Sedangkan untuk usia 6 tahun ke atas, maka ajaklah si anak untuk berpartisipasi dalam merayakan ulang tahunnya, seperti memilih kue, kostum atau tanyakan juga pestanya diadakan dimana, hal ini tentunya membuat si anak merasa senang dan tentunya di hargai pendapatnya. Sebagai orang tua kita nanti cukup memberikan opsi dan saran.

Mungkin sekilas bekerja sebagai seorang EO untuk acara anak-anak, terlihat mudah daripada mengelola EO untuk acara pernikahan maupun acara kantor lainnya, sebenarnya Anda mempunya pekerjaan tambahan, tentunya menyusun segala acara dan menyelami dunia kanak-kanak. Disitulah permasalahan menyelami dunia yang berbeda dengan kita para orang dewasa diperlukan perhatian ekstra.

Hal yang terpenting dalam menjalankan bisnis ini adalah kreativitas dan sifat bersahabat yang ditampilkan kepada klien. karena Dengan membuat mereka senang dan nyaman, maka kepercayaan akan datang dengan sendirinya. Yang perlu Anda ingat akan lebih baik jika seorang event organizer juga suka dengan anak-anak, dan pernak-pernik anak. Jadi, bisa merasakan fun-nya pekerjaan ini.

Dan bagi seorang EO, menciptakan sebuah dekorasi dan acara pesta yang sesuai dengan tema yang diminta dan memberi masukan mana yang layak untuk ditampilkan mana yang tidak. Salah satunya pesta ulang tahun yang seringkali bertema karakter superhero-nya anak-anak. Mana kostum yang harus digunakan dekorasi apa yang sebainya dipakai. Lain halnya dalam sebuah pernikahan, untuk dapat berjalan lebih baik dan semestinya, terkadang EO memegang peran vital dalam sukses tidaknya acara pernikahan.

Untuk memilik sebuah EO, sebaiknya didasarkan pada suatu kriteria. Salah satu yang menjadi pertimbangan adalah kualitas dalam penanganan acara hingga harga yang ditawarkan. Tetapi kebanyakan orang sekarang lebih memilih organizer karena rekomendasi dari teman, saudara, klien atau siapapun yang bisa dipercaya. Bagaimana dengan Anda? Kriteria apa yang digunakan dalam memilih event organizer untuk moment pernikahan Anda? Karena tugas EO adalah mengonsepkan suatu acara, mengatur, dan melaksanakannya.

Menggunakan jasa event organizer tidak semata-mata dengan alasan ingin bebas dari segala kerepotan yang akan dihadapi dalam menyiapkan pesta pernikahan. Idealnya, biaya yang dikeluarkan untuk menyewa jasa EO harus berbalas setimpal atau bahkan lebih memuaskan. Sayangnya tidak semua EO seprofesional yang Anda kira. Maka sebelum memilih tidak ada salahnya untuk Anda meneliti dahulu.

Singkatnya, sebuah Event Organizer yang baik dapat dilihat dari portfolio kerja mereka. Siapa saja klien yang pernah mereka tangani dan bagaimanakah wujud acara seperti yang terlihat dari portfolio perusahaan EO tersebut.

Dengarkanlah testimoni dari para kerabat atau teman yang telah menggunakan EO, pertimbangkan segala kelebihan dan kekurangan dari tiap EO yang menjadi pilihan utama. Dan jangan tertipu dengan harga selangit yang diajukan EO, karena harga tinggi bukan jaminan kualitas acara yang tinggi.

BERITA TERKAIT

Pendapatan Indomobil Multi Jasa Naik 17,7% - Didukung Bisnis Bengkel Truk

NERACA Jakarta – Emiten pembiayaan kendaraan PT Indomobil Multi Jasa Tbk (IMJS) pada akhir  September 2018 mencatatkan laba berjalan sebesar Rp111,5 miliar  atau…

Pendapatan Dyandra Tumbuh 12,33% - Berkah Berbagai Event Besar

NERACA Jakarta - PT Dyandra Media International Tbk (DYAN) membukukan pendapatan usaha hinga September 2018 sebesar Rp 674,04 miliar atau…

Laba Bersih Jasa Marga Terkoreksi 6,88%

NERACA Jakarta — Di kuartal tiga 2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) membukukan laba bersih tergerus 6,88%. Dimana laba…

BERITA LAINNYA DI KEUANGAN

KUR, Energi Baru Bagi UKM di Sulsel

Semangat kewirausahaan tampaknya semakin membara di Sulawesi Selatan. Tengok saja, berdasarkan data yang dimiliki Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel,…

Obligasi Daerah Tergantung Kesiapan Pemda

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai penerbitan obligasi daerah (municipal bond) tergantung pada kesiapan pemerintahan daerah karena OJK selaku regulator hanya…

Bank Mandiri Incar Laba Rp24,7 T di 2018

PT Bank Mandiri Persero Tbk mengincar pertumbuhan laba 10-20 persen (tahun ke tahun/yoy) atau sebesar Rp24,7 triliun pada 2018 dibanding…