Chapter Club Motor Injeksi Yamaha Terbanyak - Rekor MURI :

NERACA -Sejarah baru ditorehkan Yamaha melalui teknologi Fuel Injection (FI) yang lahir dari gelaran Jambore Nasional (Jamnas) Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) di area Waduk Gadjah Mungkur, Wonogiri, Jumat – Minggu (18-20 November 2011). Sejarah itu ditandai dengan lahirnya rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) baru yaitu YVCI sebagai klub motor injeksi dengan chapter (cabang atau perwakilan terbanyak) yang datang berkumpul di sebuah acara.

Tercatat sebanyak 201 chapter datang menghadiri Jamnas ke-2 YVCI di Wonogiri yang dihadiri General Manager Marketing & Promotion Yamaha, Eko Prabowo dan Bupati Wonogiri, Danar Rahmanto. Jumlah 201 chapter tersebut melebihi target 170 chapter untuk memecahkan rekor MURI sebelumnya di 2008 yang dibuat sebuah ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) untuk pengumpulan chapter klub motor terbanyak. ”Kami sangat bangga dengan lahirnya rekor MURI ini untuk pengumpulan chapter klub motor injeksi terbanyak. Sengaja kami memilih istilah klub motor injeksi bukan nama klub YVCI agar lebih spesifik dan berbeda,” cetus Muriansyah, Ketua Umum YVCI nasional, yang akrab disapa Murray.

Murray memprediksi rekor MURI ini akan bertahan lama, setidaknya minimal 4 sampai 5 tahun ke depan dimana saat itu perkembangan motor injeksi di semua ATPM akan lebih merata. Sehingga memungkinkan terkumpulnya chapter klub motor injeksi lebih banyak lagi. Perhitungannya juga, pencapaian luar biasa YVCI sendiri terwujud di usianya yang ke-4 tahun berdiri.

YVCI sendiri terbentuk pada 7 Juli 2007. Saat ini ada 223 chapter YVCI di seluruh Indonesia dengan rata-rata tiap chapter memiliki 100 anggota. Ditambah anggota dari mailing list sebanyak 2500 orang dan di forum klub sebanyak 2000 orang. Acara Jamnas ke-2 YVCI sendiri dihadiri 2100 orang, terjauh dari Aceh dan Papua. Mereka datang ke Wonogiri dengan turing darat menggunakan Vixion, kecuali dari daerah-daerah jauh.

”Ketangguhan Vixion terbukti bisa menempuh jarak jauh karena nyaman dan irit. Bahkan di Sumatera dan Kalimantan, anggota kami sering turing melewati hutan-hutan di sana dengan medan berat memakai Vixion dan terbukti tangguh melewatinya,” papar Murray.

Rekor MURI lainnya juga lahir dari Jamnas ke-2 YVCI yaitu penggantian aki terbanyak (1621 motor). YVCI juga menyelenggarakan kegiatan bakti sosial melalui penyerahan bantuan air bersih (8 tangki mobil) dan penebaran benih ikan di waduk Gadjah Mungkur. Ada pula kegiatan biker camp gathering, kampanye safety riding, panggung musik, bazaar, one stop service, kontes modifikasi, rolling vixion dan tentunya peringatan Jamnas ke-2 YVCI.

Yamaha pun berjaya di Indoprix 2011, dengan menyapu bersih gelar juara pada dua kelas yang dilombakan, 125 cc dan 110 cc. Sapu bersih di Indoprix ini dilakukan Yamaha dalam empat tahun beruntun dari 2008 hingga 2011.

Dominasi Yamaha juga sangat kental dengan mengambil lima tempat teratas klasemen akhir dua kelas tersebut. Manajer Motorsport Yamaha, Ari Wibisono, mengatakan solidnya barisan tim dan pembalap Yamaha musim ini menjadi kunci utama sukses pabrikan Garpu Tala.

”Tahun ini dengan persiapan cukup matang, khususnya dimulai dari seri ketiga dan solidnya tim dan pembalap membuat Yamaha dapat mempertahankan gelar juara umum empat tahun beruntun,” ungkap Ari. Line up tim dan pembalap musim ini disebutnya akan dipertahankan buat musim depan dengan target mempertahankan gelar. Tentang pemakaian motornya, tetap dengan Jupiter Z dan new Jupiter Z.

BERITA TERKAIT

PROVINSI SUMATERA SELATAN - Adira Paling Banyak Kucurkan Pembiayaan Sepeda Motor

PROVINSI SUMATERA SELATAN Adira Paling Banyak Kucurkan Pembiayaan Sepeda Motor NERACA Palembang - Perusahaan pembiayaan Adira Finance hingga sekarang ini…

Crown Rancangan Ulang Dipamerkan di Tokyo Motor Show

Toyota Motor Corporation (TMC) dijadwalkan akan memamerkan Crown Concept, sedan mewah Toyota yang dirancang ulang dari nol, di Tokyo Motor…

Analis : IHSG Bakal Cetak Rekor Baru 6000 - Banyak Sentimen Positif

NERACA Jakarta – Tren penguatan terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG) diyakini bakal membawa rekor baru indeks di Bursa Efek…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Wuling Sebut Suku Cadangnya Lebih Murah 20% dari Kompetitor

PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) mengklaim harga suku cadang produk mereka lebih murah 20 persen dibandingkan dengan rata-rata harga…

BMW Rakitan Lokal Mendominasi 80 Persen Penjualan

Sebesar 80 persen penjualan BMW Group Indonesia disumbang dari produk-produk yang mereka hasilkan dari pabrik perakitan BMW di Indonesia. Vice…

Mitsubishi Jamin Suku Cadang Xpander Aman

Laris manis di pasaran sejak diluncurkan pada Agustus, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan saat…