Yamaha Rajai Segmen Sport

NERACA.Yamaha tak tergoyahkan dengan tetap menguasai pasar motor sport Indonesia. Konsistensi ini terjaga pada Januari hingga Oktober 2011, dimana Yamaha membukukan penjualan sebanyak 273.301 unit. Angka tersebut naik 26.562 unit dibandingkan penjualan motor sport Yamaha bulan Januari hingga September 2011 yang mencapai 246.739 unit.

V-Ixion masih tetap menjadi primadona motor sport Yamaha dengan menyumbang 20.057 unit di bulan Oktober atau total 205.921 unit sepanjang bulan Januari sampai Oktober 2011. Byson dan Scorpio Z masing-masing terjual 4.162 unit dan 2.343 unit di bulan Oktober. Sedangkan terhitung sepanjang Januari sampai Oktober tahun ini, penjualan Byson menyentuh angka 43.691 unit dan Scorpio Z sebanyak 23.689 unit.

Segmen sport berkontribusi 10,5 persen dari total penjualan Yamaha di bulan Oktober tahun ini. Dibandingkan penjualan segmen sport pada periode yang sama tahun lalu (Januari – Oktober), terjadi kenaikan sebanyak 65.738 unit atau 24 persen. Pada Januari hingga Oktober 2010, motor sport Yamaha terjual 207.563 unit.

Facelift Scorpio Z yang baru dilakukan Yamaha menaikkan optimisme Yamaha untuk menggenjot penjualan segmen sport dengan target 8,1 persen dari total penjualan di bulan November ini. Scorpio Z teranyar memiliki striping motor dan kombinasi warna baru ditambah automatic headlight on (AHO).

Di bulan Oktober tahun ini, total penjualan Yamaha mencapai 253.427 unit dan dari Januari hingga Oktober tercatat angka penjualannya 2.783.920 unit. Yamaha tetap optimis dapat mencapai target penjualan hingga akhir tahun ini yaitu 3,3 juta unit. Target tersebut tidak terhalang banjir yang melanda Thailand dan berdampak pada pasokan suku cadang yang masih diimpor dari sana sehingga terjadi penurunan produksi.

”Suplai beberapa spare part dari Thailand terhambat sehingga beberapa tipe motor Yamaha Indonesia mengalami penurunan produksi. Tapi untuk memenuhi konsumen terjaga karena tetap tersedia stok ideal, jadi tidak perlu khawatir. Target penjualan Yamaha juga tidak berubah,” ungkap Presiden Direktur Yamaha Indonesia, Dyonisius Beti. Sambil menunggu perkembangan dari Thailand, sampai akhir tahun ini stok motor Yamaha Indonesia masih cukup tersedia bagi konsumen. Target Tetap, Yamaha Rajai Segmen SportTarget Tetap, Yamaha Rajai Segmen Sport

Raih Penghargaan dari Imoty Award

Selain berjaya di kelas motor sport dalam hal penjualan Yamaha juga meraih sukses dua penghargaan dari Imoty Award (Indonesian Motobike of The Year) yang dilandaskan pada pengujian setiap produk motor yang dipasarkan di Indonesia.

Dua award itu adalah untuk Xeon di kategori skutik medium dan New Jupiter MX di kategori Bebek 121-150 cc. Penghargaan prestisius ini membuktikan keunggulan Yamaha dimana Xeon adalah motor matik yang memiliki teknologi diasil cylinder dan forged piston yang merupakan teknologi balap keunggulan Yamaha. Ketangguhannya pun telah dicoba di lintasan balap malam Yamaha Cup Race Bandung, sebagai pembuktian Xeon bisa seperti motor balap.

Sama halnya dengan Jupiter MX yang juga memiliki forged cylinder dan forged piston sehingga sangat disukai untuk kecepatannya yang mumpuni. ”Bagi Yamaha, penghargaan ini sepenuhnya hanya untuk kepuasan konsumen Indonesia karena pengakuan ini semata-mata hasil dari penyempurnaan setiap produk Yamaha untuk konsumen,” papar Indra Dwi Sunda, PR & Corporate Head Yamaha Indonesia.

Imoty sudah berlangsung sejak 2008 dan selalu mendapat sambutan dari ATPM maupun calon pengguna motor. Dimana setiap motor yang diuji dikelompokan dalam kategori-kategori. Penentuan kategori sendiri berdasarkan tipe dan kapasitas mesin dari setiap motor. Jumlah kategori bisa berubah sesuai dengan tipe yang ada.

BERITA TERKAIT

Yamaha Musik Ikut Berdonasi untuk Korban Gempa Sulteng

      NERACA   Jakarta - Bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah telah…

Yamaha R25 dan R3 Terbaru Diluncurkan Secara Global di Indonesia

Yamaha merilis sepeda motor sport R25 dan R3 (YZF-R25 & YZF-R3) generasi terbaru secara global di Indoensia dalam acara bertajuk…

AXIS Luncurkan Smartphone Hyphone - Bidik Segmen Anak Muda

Menunjukkan eksistensinya di industri telekomunikasi dan khususnya membidik segmen anak muda, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui brand AXIS…

BERITA LAINNYA DI OTOMOTIF

Sepanjang Oktober, All New Honda Brio Terjual 6.703 Unit

Setelah memulai pengiriman perdananya pada tanggal 13 Oktober 2018, All New Honda Brio meraih penjualan sebanyak 6.703 unit sepanjang bulan…

Volkswagen-Ford Berunding Mobil Listrik dan Swakemudi

Volkswagen AG dan Ford Motor Co tengah melakukan pembicaraan terkait kemungkinan kerjasama untuk mengembangkan kendaraan swakemudi dan listrik dalam sebuah…

Pasar Mobil Premium RI Diyakini Bakal Berkembang

BMW Group Indonesia merasa optimistis pasar mobil kelas premium akan terus berkembang di Tanah Air. Ada berbagai faktor yang melatarbelakangi…