Melirik Celah Bisnis Dimasa Kehamilan

Neraca. Saat memasuki fase kehamilan, seringkali perubahan tubuh membuat perempuan tidak percaya diri, padahal banyak cara untuk menyiasati perubahan tubuh saat hamil, salah satunya adalah menggunakan pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh. Nah disinilah peluang bisnis tercipta.

Tengoklah dibeberapa toko perlengkapan bayi, bukan hanya kebutuhan si kecil yang akan anda temui namun tak tertinggal aneka kebutuhan si ibu terpajang dengan berbagai pilihan. Produk ibu hamil tak sekadar untuk memenuhi kegemaran fashion agar tetap tampil cantik saat berbadan dua. Namun, berbagai produk ibu hamil juga memudahkan dan punya manfaat yg memang dibutuhkan ibu hamil atau ibu menyusui.

Hamil kadang membuat orang urung niat untuk tampil dengan model pakaian yang sering dipakai saat perut masih rata. Bentuk perut yang membuncit dan besar memang sering jadi halangan bagi anda yang sedang hamil untuk tampil fashionable tetapi tetap nyaman.

Semakin banyaknya ibu hamil yg bekerja, atau juga perempuan muda yg masih ingin tampil gaya saat hamil, membuka peluang usaha yg tak ada habisnya. Anda hanya perlu jeli melihat kesempatan emas ini. Begitu pun dengan ibu menyusui, yang selalu menjadi inspirasi dan peluang usaha bagi perempuan.

Satu celah bisnis dari ibu hamil adalah melalui bisnis online. Ibu hamil tak perlu merasa lelah karena harus berbelanja berdesakan di pertokoan. Dengan kondisi fisik yang mendapat perhatian ekstra, para ibu hamil dapat berbelanja melalui komputer atau gadget lainnya, sambil duduk santai di rumah.

Namun untuk memulai bisnis baju hamil, ada dua hal yang patut diperhatikan, terkait pengelolaan keuangan usaha. Pertama, keuangan harus tercatat. Sedangkan yang kedua, harus terpisah. Tercatat dalam arti, anda melakukan pembukuan yang baik. Dengan adanya pembukuan, anda bisa melakukan evaluasi akan kinerja usaha Anda. Tentu saja tidak perlu dibukukan dengan sistem akuntansi yang rumit, cukup catatan sederhana saja.

Kemudian juga sebaiknya hal itu anda lakukan terpisah, yaitu pisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha anda. Jangan dicampur aduk. Ini dimaksudkan agar anda tidak kebingungan, ke mana saja larinya hasil usaha. Karena terkadang ada yang usahanya cukup maju, namun uangnya habis dipakai sendiri untuk kepentingan pribadi.

Harga jual dan margin sebaiknya adalah harga yang wajar. Yaitu wajar di mana keuntungan yang anda peroleh tidak terlalu sedikit sehingga membuat usaha anda kurang maju, namun juga tidak terlalu banyak sehingga menyulitkan konsumen untuk membeli.

Selain itu, perhatikan juga harga pasaran wajarnya dengan cara melakukan survei ke toko-toko lain yang menjual produk yang sama. Sedangkan untuk pengadaan barang, jangan sampai terlalu banyak sehingga lama untuk terjual padahal model pakaian sangat cepat berubah. Tapi juga jangan terlalu sedikit sehingga merepotkan anda karena anda jadi harus terlalu sering belanja.

Jika anda memakai pramuniaga untuk membantu anda, maka bayarlah dengan upah yang wajar dibandingkan dengan toko-toko lain disekitar situ. Namun jika ia sudah bisa dipercaya untuk menjalankan toko, anda tinggal mengontrol saja, berikan juga persentase tertentu dari keuntungan. Bila toko Anda menetapkan harga jual dengan tawar-menawar, tidak ada salahnya memberitahukan padanya modal barang dagangan dan keuntungan wajarnya, hal ini dimaksudkan supaya ia tidak menjualnya terlalu murah.

Peluang lainnya adalah sejumlah pakaian yang khusus dirancang bagi para ibu hamil yang ingin tetap tampil anggun dan segar, terutama saat ia menghadiri pesta pernikahan kerabat maupun sanak keluarga, dan kegiatan sosial lainnya.

Semisal dalam upaya tampil dengan tetap terlihat muda dan modis, maka kenakanlah kebaya modern yg bergaris leher sabrina dengan kerah peterpan dari bahan brokat yang tepinya dijahit dengan finish bordir biku. Sedangkan pada bagian bawah dada atau pada garis empire, dibuat mengembang atau baby doll dan menyematkanlah tali pada garis empire tersebut. Jika memungkinkan, padukan dengan bentuk lengan lonceng tanpa foering.

Begitupun bagi anda wanita muslimah yang sedang hamil, walau sedang hamil, ingin tampil cantik bukan hal yang tabu untuk dilakukan. Karena biasanya saat wanita sedang hamil tak ingin kehilangan kasih sayang dari seorang suaminya dan perasaannya sangat sensitif, tapi jangan karena ingin tampil cantik wanita jadi lupa bahwa kenyamanan dalam berpakaian itu penting apa lagi bagi wanita yang sedang hamil.

Selama masa kehamilan, sudah pasti anda dianjurkan untuk mengenakan sepatu hak datar. Flat shoes memang sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tapi bagaimana dengan acara formal? Anda bisa mengenakan sepatu dengan hak rendah seperti kitten heels dan wedges.

Keseimbangan tubuh pun akan tetap terjaga dengan baik. Jangan sampai hanya demi tampil stylish, Anda mengorbankan diri serta kesehatan calon bayi. Kehamilan adalah waktu yang diharapkan setiap wanita. Dengan perut yang semakin membesar, tidak ada salahnya untuk Anda tampil lebih bergaya.

Apalagi bagi seorang wanita yang baru menikah, kehamilan merupakan hal yang paling ditunggu dan diinginkan. Tentunya saat kehamilan harus dipersiapkan sedini mungkin. Selain itu bagi anda yang masih harus bekerja karena belum saatnya mengambil masa cuti kehamilan, maka perlu kita memperhatikan gaya dan penampilannya untuk ke kantor.

BERITA TERKAIT

Luapan Bisnis Aneka Gas Mengepul Tajam - Bukukan Penjualan Rp 1,46 Triliun

NERACA Jakarta - PT Aneka Gas Industri Tbk (AGII) mencatatkan kinerja yang cukup baik selama kuartal III 2018. Dimana perseroan…

Pendapatan Indoritel Capai Rp 95 Miliar - Ditopang Bisnis Serat Optik

NERACA Jakarta -PT Indoritel Makmur Internasional Tbk (DNET) mencatatakan pertumbuhan pendapatan dan laba yang signifikan pada kuartal III-2018. Dalam siaran persnya…

Pendapatan Tempo Inti Media Koreksi 3,40% - Bisnis Media Lesu

NERACA Jakarta – Momentum tahun politik tidak memberikan dampak terhadap kinerja keuangan PT Tempo Inti Media Tbk (TMPO). Bahkan perseroan…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…