Inovasi Laptop Berdaya Saing

Neraca.Kemudahan dalam penggunaan transformasi ilmu dan teknologi telah banyak dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat, terutama pada instansi pemerintahan, perusahaan dan berbagai organisasi maupun individu. Kemajuan dibidang teknologi terus berkembang dengan maraknya berbagai produk baru dari perusahaan-perusahaan komputer, yang membuat inovasi baik pada perangkat keras maupun perangkat lunak. Maraknya produk-produk gadget yang membanjiri pasar teknologi, membuat persaingan yang ketat di antara produsen IT.

Salah satu hasil perkembangan teknologi, adanya komputer jinjing yang bisa dibawa kemana-mana, yang kita kenal sebagai laptop. Laptop merupakan hasil kemajuan dunia teknologi, yang memudahkan orang-orang untuk melakukan pekerjaannya dengan aktifitas yang mobile. Umumnya laptop digunakan oleh kaum-kaum eksekutif, pengusaha dan media atau pun kelompok organisasi, dimana memungkinkan mereka untuk mengerjakan dan memudahkan pekerjaan yang mereka lakukan. Bila sebelumnya, orang-orang, seperti bos-bos suatu perusahaan atau karyawan suatu perusahaan dan organisasi mengerjakan pendataan, dan menyimpan data, harus ke kantor, karena komputernya berada di kantor.

Tetapi kini, hal itu tidak perlu harus ke kantor, karena mereka bisa membuat, mengolah data dan mengirim data, yang menyangkut pekerjaannya dari jarak jauh, di tempat yang lain. Hal itu terjadi karena perkembangan dan kemajuan teknologi salah satunya adalah laptop. Laptop merupakan kecanggihan dari komputer generasi baru yang dapat melakukan pekerjaan mengenai data-data, dokumen dan sebagainya, yang kinerjanya lebih cepat dan memiliki fleksibilitas pada penggunaannya.

Sperti produsen IT merek ASUS yang mengeluarkan laptop terbarunya, yang bernama ASUS ZENBOOK. Asus zenbook memiliki berbagai kecanggihan/kelebihan dikelasnya. Kemajauan generasi laptop baru dari Asus ini, merupakan pengembangan yang dilakukan dalam meningkatkan fungsi dan kemudahan bagi para penggunanya. Dari asus sendiri menyadari betapa pentingnya kemudahan dan kelengkapan sistem untuk menampung berbagai keperluan bagi para pengguna IT/laptop. Inovasi yang dilakukan, untuk meningkatkan kemampuan teknologi asus, dalam mengatasi masalah sistem pekerjaan, sehingga kinerjanya lebih optimal dalam menjalankan program-program yang tersedia.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan para konsumennya, yang menghendaki kemudahan dalam mengoperasikan sistem komputer, sehingga para pengguna dan konsumennya mendapatkan keuntungan dari perangkat teknologi tersebut. Dari sisi produsen pun, melihat hal itu sebagai suatu peluang dan tantangan yang dapat meningkatkan daya saing produk mereka, ditengah gencarnya arus produk yang membanjiri pasar teknologi di Indonesia, terutama di Jakarta. Jadi, asus melakukan riset dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan pasarnya dan memberikan berbagai penggunaan produknya tersebut, dengan demikian produk asus dapat diterima dan diminati oleh konsumennya.

Bila konsumen telah tertarik dan menerimanya, maka otomatis produknya itu akan laku di pasaran, sehingga menguntungkan bagi pemiliki perusahaan asus sendiri. Oleh karena itu, terutama asus selalu meningkatkan kualitas dari produknya tersebut, guna mendapatkan tempat dan existensinya di pasar gadget kedepannya. Hal itu, terlihat dari maraknya penjualan dan promosi yang dilakukan asus secara besar-besaran diberbagai kota besar di dunia, termasuk Jakarta. ”Asus telah melakukan berbagai peluncuran produk laptop ini(asus zenbook) keseluruh kota-kota besar di berbagai negara dan termasuk saat ini di Jakarta,” menurut Juliana Cen, ASUS Indonesia, Business Development Manager.

Selain itu, dari perusahaan gigabyte asal Taiwan yang bekerjasama dengan datascrip pun memasuki pasar gadget dengan produk terbaru GIGABYTE, yang memiliki ke unggulan di kelasnya. Mereka berusaha memperkenalkan produknya melalui promosi dan penyiaran langsung dari media, sehingga dapat diterima oleh berbagai konsumen teknologi. Pengembangan dan inovasi sudah menjadi keharusan bagi para produsen agar dapat memiliki daya saing di pasaran dari pihak produsen lainnya. ”Gigabyte nootebook/laptop ini merupakan inovasi dari generasi sebelumnya yang telah mengalami peningkatan kualitas yang optimal, menurut Mery J Oetomo, director datascrip.

Jadi, sudah menjadi keharusan bagi para perusahaan produsen TI untuk melakukan inovasi dalam meningkatkan produk mereka, sehingga diterima oleh para konsumennya. Inovasi inilah yang membuat berbagai perusahaan terus meningkatkan daya saing mereka dengan yang lainnya, sehingga existensinya tetap di akui oleh konsumennya. (shiddiq)

BERITA TERKAIT

Punya Daya Saing Global, Ekspor Mainan Lampaui US$319 Juta

NERACA Jakarta – Industri mainan menjadi salah satu sektor manufaktur yang mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Ini tercermin…

Kinerja Bank Jatim Naik Didorong Inovasi

    NERACA   Surabaya - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim menyebutkan peningkatan kinerja keuangan…

Daya Saing Indonesia Diklaim Terus Meningkat

      NERACA   Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan daya…

BERITA LAINNYA DI TEKNOLOGI

HTSnet Sediakan layanan Internet Murah Untuk UKM

PT Hawk Teknologi Solusi (HTSnet)  menyediakan layanan internet Turbo Fiber yang ditujukan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat membantu…

Software Bajakan Disebut Sulit Dibrantas di Indonesia

Maraknya penggunaan software tidak berlisensi atau bajakan untuk kebutuhan bisnis maupun perorangan sudah semakin meresahkan. Berdasarkan data dari BSA I…

Jelang Pilpres, 771 Konten Hoax Warnai Dunia Maya

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo)mengidentifikasi 771 hoax pada periode Agustus 2018 hingga Februari 2019 di jagat maya, paling banyak berkaitan…