Menikmati Surganya Petualangan Kuliner Jepang

NERACA

Jakarta – Wisata kuliner menjadi bagian industri kereatif yang memiliki potensi pasar yang menjanjikan di Indonesia, tidak heran banyak kuliner asal berbagai negara hadir di Indonesia untuk mengambil porsi pasarnya di Indonesia. Namun kali ini, kuliner asal Jepang tengah hit atau naik daun di kalangan kaula anak muda. Hanya saja, mencari tempat kongkow yang tepat untuk menikmati wisata kuliner bernuansa Jepang masih sangat terbatas.

Membaca peluang tersebut, AEON Mall BSD City yang menjadi pusat perbelanjaan terbaru yang bertempat di Jalan BSD Raya, Tangerang menawarkan tempat kongkong yang nyaman untuk wisata kuliner asli Jepang. Tidak hanya itu, AEON Mall BSD City juga menawarkan konsep one stop service di mana pengunjung bisa mencari segala keperluan dalam satu tempat. Bangunan empat lantai ini merupakan salah satu cabang dari pengembang dan operator pusat perbelanjaan terbesar di Jepang yang telah memiliki 200 mal di berbagai negara Asia.

Bila dibandingkan dengan maraknya mall yang ada di Jakarta dan di kota penyangga Jakarta, AEON Mall sebagai pusat perbelanjaan dengan menyasar keluarga itu, diklaim memiliki banyak keunggulan dan salah satunya ragam kulinernya, khususnya para pecinta masakan Jepang. Setidaknya ada 140 food court dan restoran tersedia di sana. “Tidak hanya kuliner Jepang saja yang ada di AEON Mall BSD City, tetapi juga internasional.”kata Ryuma Okazaki, Presiden Direktur PT AMSL Indonesia.

Pada Ground Floor, imbuh Ryuma, terdapat area kuliner modern yang terbagi menjadi dua konsep: Café Street dan Food Culture dengan bermacam-macam restoran dengan fokus makanan Jepang serta coffee shop.“Di kawasan Café Street ini kami menyuguhkan beragam pilihan Coffee Shop, seperti Indonesia Liberica Coffee dari Bandung, Starbucks Coffee, Caffe Bene dari Korea, dan Del Immo, sweet café (café dengan cake) dari Jepang yang baru pertama kali di Indonesia,” ujar Ryuma.

Untuk restoran, terdapat beragam restoran dengan citarasa Jepang, di antaranya: Kushiyamonogatari Buffee, Uchinoshokudo (restoran dengan konsep masakan rumahan khas Jepang), serta Kaihomaru (restoran seafood dengan bahan fresh langsung dari Jepang).“Jadi, untuk menikmati cita rasa khas Jepang, pelanggan tidak harus jauh-jauh pergi ke Jepang, cukup dengan mengunjungi mal kami saja,”tandasnya.

Selain restoran Jepang, AEON Mall juga menyediakan food carnival dan food court yang diisi 33 gerai masakan Indonesia dengan kapasitas 1.100 tempat duduk.  Food court ini digadang sebagai yang terbesar di daerah Banten. Bagi para pecinta ramen, AEON Mall BSD City menyediakan Ramen Village yang berisi tujuh restoran ramen yang didatangkan langsung dari Jepang.

Di kawasan ini terdapat Ebi Soba Ichigen asal Sapporo yang menyediakan sup udang,  Tabushi Ramen dari Tokyo yang terkenal dengan ramen sup ikannya, Hakata Men-oh yang menyuguhkan ramen dengan sup spesial hakata, serta Yokohama Lekei yang menyediakan ramen dengan rasa sup ayam.

Serba Serbi Jepang

Tidak hanya itu saja, AEON Mall BSD juga menawarkan tokoh mainan kartun serta action figure keren khas Jepang, seperti Gundam, Doraemon,Pikachu dan masih banyak lainnya. Untuk urusan harga, berhubung mainan-mainan ini asli dari produsen asal Jepang, maka banderol untuk mainan di Aeon Mall ini terhitung cukup lumayan. Sebagai contoh, sebuah action figure Gundam produksi Gunpla, hargnya dibanderol mulai dari Rp500.000 hingga Rp2.000.000. Harga yang cukup tinggi memang. Akan tetapi, umumnya jenis-jenis mainan seperti ini merupakan collectible item yang diburu oleh para pehobi. Jadi, urusan harga biasanya bukan masalah besar untuk mendapatkan mainan yang memang sudah diidam-idamkan.

Bicara soal infrastrukturnya, tentunya sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya, AEON Mall BSD City dibangun khusus dengan standar Jepang dari segi konsep hingga standar keamanannya. Pusat belanja ini diharapkan dapat menjadi pusat bagi komunitas dan budaya Jepang untuk berbaur melalui interaksi yang unik di dalam mal. AEON Mall BSD City juga menggunakan standar keamanan tinggi dari Jepang yang mengutamakan keamanan pengunjung.

Tengok saja, untuk mencegah anak-anak yang jatuh misalnya, AEON Mall BSD City memiliki ketinggian pagar railing 1,4 meter. AEON Mall BSD City menghadirkan 280 toko, termasuk 47 toko dari Jepang, dan 25 toko di antaranya baru pertama kali ada di Indonesia. Para pencinta fashion dapat berbelanja di beragam destinasi tenant berkelas seperti Uniqlo, Charles & Keith, Guess, hingga Batik Keris.

Terdapat pula toko perabotan sehari-hari dari Jepang, Best Denki, yang menyediakan berbagai peralatan elektronik dan perlengkapan rumah tangga. Tidak hanya itu saja, AEON Mall BSD City juga jeli dalam melihat peluang pasar dengan memanfaatkan momentum tepat hari besar keagamaan untuk menghadirkan event kehangatan keluarga.

Adrian Pranata, General Manager PT. AMSL INDONESIA menyatakan, perseroan selalu menghadirkan beragam hiburan serta program berkualitas bagi seluruh keluarga Indonesia dan memberikan penawaran menarik dalam berbelanja. “Melalui berbagai event hari besar  kami ingin berbagi kebahagiaan serta keceriaan bagi seluruh  pengunjung serta melalui event late night shopping ini kami harap pelanggan dapat merasakan AEON MALL BSD CITY sebagai surga belanja.” kata Adrian.

Sebagai informasi, AEON Mall BSD City merupakan joint venture antara peritel raksasa Jepang, AEON Group dan pengembang properti di Indonesia, Sinar Mas Land, melalui PT AMSL Indonesia. Managing Director AEON ASIA SDN BHD Shinobu Washizawa pernah bilang, Indonesia merupakan negara keenam yang beroperasi AEON Mall di Asia Tenggara. Tahun lalu sudah buka di Vietnam dan Kamboja dengan target pengunjung sudah mencapai target 3 juta orang dalam tiga bulan.

Maka di Indonesia ditargetkan 12 juta pengunjung per tahun. Menurutnya, alasan pembangunan mal ini di Jabodetabek karena populasinya sangat tinggi. ”Jakarta dan sekitarnya terjadi pertumbuhan populasi yang sangat pesat untuk kalangan menengah. Target kami adalah keluarga muda usia berkisar 30-an di mana mereka lebih menyisihkan uang untuk memenuhi kebutuhan mereka,” ungkapnya. (bani)

BERITA TERKAIT

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…

BERITA LAINNYA DI Bursa Saham

IHSG Melemah di Tengah Penguatan Bursa Asia

NERACA Jakarta – Mengakhiri perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) Rabu (17/4) sore, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup…

Danai Refinancing - Ricky Putra Globalindo Jual Tanah 53 Hektar

NERACA Jakarta – Perkuat struktur modal guna mendanai ekspansi bisnisnya, emiten produsen pakaian dalam PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY)…

Libur Ramadan dan Lebaran - Trafik Layanan Data XL Axiata Meningkat 16%

NERACA Jakarta – Sepanjang libur Ramadan dan hari raya Idulfitr 1445 H, PT XL Axiata Tbk (EXC) atau XL Axiata…